6 Cara Mendapatkan Pembantu Rumah Tangga yang Baik, Amanah dan Bisa Dipercaya

6 Cara Mendapatkan Pembantu Rumah Tangga yang Baik, Amanah dan Bisa Dipercaya

Mendapatkan asisten rumah tangga jaman sekarang memang sangat sulit. Apalagi mencari pembantu yang benar-benar baik, amanah dan dapat dipercaya tentunya sangat sulit.

Banyak yang merekomendasikan pembantu atau asisten rumah tangga yang notabene sangat baik dan yang lainnya. Namun nyatanya ketika bekerja dirumah Anda, attitudenya terlihat tidak baik bahkan sudah terlihat dibulan pertama saja banyak yang membuat Anda illfeel duluan. sehingga rasa kepercayaan terhadap asisten rumah tangga pun hilang sehingga Anda ingin mencari lagi asisten rumah tangga yang mencarinya pun sangat sulit, bak mencari jarum dalam jerami.

Lalu bagaimana tips dan cara mencari dan mendapatkan asisten rumah tangga yang baik, amanah, dan dapat dipercaya? Yuk simak 6 cara mendapatkan asisten rumah tangga yang baik, amanah, bisa dipercaya, dan yang cocok untuk Anda.

1. Rekomendasi dari Orang Terpercaya

Mencari pembantu atau asisten rumah tangga tidak serta merta Anda ambil begitu saja tanpa tahu bibit bebet dan bobotnya. Mencari asisten rumah tangga ibarat seperti mencari jodoh, karena Anda akan berhubungan secara pekerjaan dirumah dengannya dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika Anda menitipkan anak juga dirumah.

Oleh karena itu, perlu sekali untuk Anda mencari pembantu dari orang terpercaya dan jangan menanyakan penbantu dari orang yang tidak Anda kenal sama sekali.

Rekomendasi terbaik untuk mencari penbantu yang amanah adalah dengan bertanya pada penduduk setempat yang sudah lama tinggal di wilayah Anda. Biasanya ia akan tahu dan merekomendasikan asisten rumah tangga yang benar-benar baik dan kerjanya pun amanah.

Selain itu, rekomendasi kerabat, keluarga, dan juga sahabat bisa Anda jadikan info untuk mendapatkan pembantu yang baik dan amanah, walau Anda pun harus lihat kembali karakter orang yang merekomendasikan pembantu tersebut.

Saya pun tidak serta merta langsung mendapatkan asisten rumah tangga yang baik seperti sekarang. Saya pun sempat beberapa kali mendapatkan pembantu yang tidak amanah sebelum akhirnya mendapatkan asisten yang sangat baik ini.

Anda bisa bertanya pada RT setempat mengenai pembantu yang biasa bekerja di daerah sana. Dengan demikian, bisa dicek kredibilitas asisten rumah tangga tersebut. Apakah ia bekerja dengan baik, alamatnya dimana, keluarganya dimana dan setidaknya ada kenalan yang kenal dan pernah bekerja dengan orang yang Anda percaya.

Dan yang perlu diingat adalah, biasanya Anda pun harus lihat dari karakter orang yang merekomendasikan asisten rumah tangga pada Anda. Jika yang merekomendasikannya saja tidak baik, biasanya akan berbuntut pada rekomendasi asisten rumah tangga yang memiliki karakter yang sama dengan teman atau kerabat Anda yang merekomendasikannya.

Dengan demikian, tidak semua teman pun dapat merekomendasikan asisten yang baik. Lihat terlebih dahulu siapa yang merekomendasikan asisten untuk Anda.

2. Pengalaman Menjadi Asisten Rumah Tangga

Pembantu atau asisten rumah tangga yang mmepunyai pengalaman lebih dari 3 tahun tentunya sudah tahu apa saja yang harus dilakukan dirumah Anda dan apa saja yang harus dikerjakan. Dengan demikian, Anda tak perlu capek-capek untuk mengajarinya dari nol.

Dan lebih baik lagi jika Anda tahu juga dengan siapa dia dulu bekerja. Anda bisa bertanya bagaimana track record ia selama bekerja. Apakah ia panjang tangan, apakah ia dapat dipercaya, apakah ia sayang anak, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan apakah pembantu tersebut layak Anda pekerjakan atau tidak.

3. Diuji dengan Studi Kasus

Memiliki pembantu atau asisten rumah tangga setidaknya harus diberikan studi kasus. Contohnya saja Anda misalkan mendiamkan anak Anda yang menangis menginginkan sesuatu. Apakah asisten rumah tangga Anda akan tergerak untuk merespon hal tersebut atau tidak. Lihat juga dari cara bicaranya. Jika cara bicaranya sangat santun, bisa menghargai Anda, menghargai anak Anda, dan sangat baik dari segi pekerjaaan dll tentunya asisten tersebut layak Anda pekerjaan.

Contohnya lagi beri banyak pekerjaan dirumah, semisal Anda pura-pura memiliki mesin cuci yang sedang rusak sehingga mau tidak mau asisten rumah tangga harus mencuci menggunakan tangan. Apakah dia akan tetap mencuci atau mengomel dan mengeluh dibelakang Anda dan protes.

Biasanya, jika ia ikhlas, pastinya akan memberikan respon yang baik sesuai dengan harapan Anda. Jika responnya tidak baik, siap-siap untuk Anda mencari kandidat lain.

Atau jika Anda memiliki cctv dirumah, Anda bisa uji dengan Anda pura-pura pergi selama beberapa jam. Anda bisa amati pergerakan ia ketika Anda sedang tidak ada dirumah melalui handphone yang terkoneksi dengan cctv dirumah. Bagaimana responnya pada anak Anda ketika Anda sedang ada dirumah dengan ketika Anda sedang diluar.

Apakah responnya tetap baik dan sama ataukah berbeda. Jika berbeda dan terlihat tanda-tanda berbahaya seperti berani membuka bagian rumah yang agak pribadi dan lain hal, Anda tentunya harus lebih berhati-hati dalam mempekerjaan asisten rumah tangga tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Studi kasus lain, Anda bisa taruh uang diatas meja makan Anda dengan nominal yang berbeda. Mulai dari uang recehan 2000 hingg uang sebesar 50.000. Bagaimana responnya ketika menemukan uang. Apakah uang tersebut diambil olehnya ataukah uang tersebut dibiarkan disana ataukah ada respon lain lagi. Dengan demikian, Anda cukup tahu apakah pembantu tersebut layak bekerja dengan Anda atau tidak.

4. ART Menanyakan Gaji

Pembantu atau asisten rumah tangga yang baik, tentunya tidak memetingkan gaji sebagai hal utama. Yang utama baginya adalah kerja yang benar dan rapi. Jadi, ketika pertama kali bertemu dan ditanya ingin gajinya berapa, ia tidak akan berani memberikan nominalnya.

Biasanya pembantu yang baik tentunya tidak akan memberikan nominal uang yang ia inginkan. Karena menurutnya hal tersebut sangat tidak sopan. Terkecuali jika nda memaksa dan ingin tahu, biasanya ia memberi tahu dengan sopan dan lihat apakah ia berkata jujur atau tidak. Anda bisa cek dari raut wajahnya apakah ia tipikal orang yang jujur atau tidak.

Jika ternyata ketika dalam pekerjaan, asisten rumah tangga sudah dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Mengurus anak Anda dengan telaten, mendidik anak dengan baik. Maka Anda pun wajib memberikan reward berupa bonus tambahan gaji agar ia semakin termotivasi untuk terus bekerja dengan lebih baik lagi dan jujur.

5. Lihat dari Raut Wajah, Kesehatan, dan Umurnya

Mengapa saya tulis point raut wajah untuk mencari asisten rumah tangga? Untuk mendapatkan asisten rumah tangga yang baik, tentunya Anda bisa melakukan first impression ketika bertemu pertama kali. Apakah ia berniat benar-benar bekerja atau hanya asal-asalan dalam bekerja.

Selain itu, kesehatan pun sangat berpengaruh pada pekerjaan yang akan dilakukan. Biasanya, jika Anda mengutamakan pekerjaan, asisten rumah tangga yang berusia 30 tahun biasanya akan mempunyai pengalaman lebih ketimbang asisten yang jauh lebih muda. Biasanya juga ia akan terbiasa memegang anak dan tidak labil dalam soal pekerjaan. Walaupun begitu, umurpun tidak bisa dijadikan patokan apakah ia akan baik atau tidak ketika bekerja.

Yang jelas, point kesehatan sangat penting dalam mempekerjakan pembantu. Anda bisa melihat di hari pertama ia bekerja. Apakah ia bekerja dengan gesit atau tidak. Bisa Anda lihat dari pekerjaan yang agak berat misalkan mengangkat galon.

Baca Juga Yuk : Manakah Pilihan Terbaik untuk Ibu Bekerja, Daycare atau Baby Sitter?

Karena biasanya, ada beberapa penbantu yang menjadikan kesehatan sebagai alasan untuk tidak bekerja. Dengan demikian, pekerjaan dirumah pun tidak beres, sering tidak masuk bekerja dan bolos, kemudian membuat alasan agar tidak masuk kerja. So, Anda pun harus bisa melihat apakah ia cukup kuat untuk bekerja menjadi asisten rumah tangga atau tidak.

6. Ikuti Kata Hati Anda

Terakhir setelah kelima point tersebut sudah Anda laksanakan, tentunya Anda pun mempunyai nilai layaknya Anda sebagai guru yang menilai tingkah laku muridnya, apakah ia bisa dan layak untuk anda pekerjakan lebih lama atau tidak.

Biasanya, kata hati adalah yang terbaik. Terkadang bisa saja pekerjaannya sangat bagus, namun hati Anda tetap tidak sreg mempekerjakan asisten rumah tangga tersebut. Biasanya, kata hati atau feeling Anda pasti mengarahkan ke arah yang terbaik. Karena kita pun tidak mengetahui niat seseorang bekerja dengan kita.

Jdi tinggal Anda tentukan apakah Anda bisa mempercayainya dalam jangka waktu lama atau tidak. Dan pertimbangkan juga dari segi pekerjaan dan juga karakternya, maka Anda akan bisa mendapatkan pembantu yang terbaik, amanah dan dapat dipercaya untuk membantu pekerjaan Anda dirumah beserta keluarga. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Terkait :
Dampak Kecanduan Gadget Pada Anak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Komentar untuk "6 Cara Mendapatkan Pembantu Rumah Tangga yang Baik, Amanah dan Bisa Dipercaya"

  1. Semua tipsnya penting banget Kak.
    Tapi, salah satunya menurutku studi kasus.
    Sekarang sangat jarang yang bisa ikhlas Kak.
    Pasti kebanyakan akan jadi ngomel2.

    Tapi, makasih ya kak informasinya.
    Semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan pembantu.

    BalasHapus
  2. Aku paling prefer emang rekomendasi dr org terpercaya mom, misalnya org dari kampung gitu, tetangga atau saudaranya pembantunya tetangga, lebih bisa dipercaya aja hehehe

    BalasHapus
  3. Memang untuk saat ini mencari orang yang sangat dipercaya dalam hal apapun sangat sulit mbak, pernah kejadian udah dapat orang dari saran teman tapi ujung-ujungnya mengecewakan. banget. Jadi benar-benar sulit, mungkin yang harus dilakukan itu adalah studi kasus ya atau uji coba (training) terlebih dulu untuk melihat faktor x dari orang tersebut.

    BalasHapus
  4. Nyari ART yang cocok tuh sama kayak cari istri yang cantik... susyaaah

    BalasHapus
  5. Feeling is da best ya beb heheh duh pengen juga punya art nih beb heheh

    BalasHapus
  6. Lebih nyamannya cari asisten rumah tangga hasil rekomendasi dari orang yang sudah kita kenal, kak.
    Masalahnya sudah banyak kejahatan berkedok jadi profesi apapun.
    Kita harus hati-hati untuk itu.

    BalasHapus
  7. wah belum punya dana cukup nih kak untuk sewa pembantu rumah tangga, tapi boleh juga nih tips nya untuk referensi ke depan ya ;)

    BalasHapus
  8. Mencari ART memang gampang-gampang susah, dan sulit bisa bertahan lama. Tapi beruntungnya kami punya Mamasia, asistennya Mamatua, yang kesetiaannya tak dapat dibantah hehe. Anyhoo terima kasih semua tipsnya ya Kakak Ratu Tips :D

    BalasHapus
  9. bener banget ini mba.. susah bgt sekarang cari ART. Apalagi aku orang nya gak percayaan.

    paling enak sih kalo ada rekomendasi dan kita udah lumayan kenal juga sama orangnya ya..
    tapi syusah..

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel