6 Peralatan Memasak yang Wajib Anda Punya Untuk Persiapan Mpasi Bayi - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Senin, 11 Maret 2019

6 Peralatan Memasak yang Wajib Anda Punya Untuk Persiapan Mpasi Bayi

6 Peralatan Memasak yang Wajib Anda Punya untuk Persiapan Mpasi Bayi

Tidak terasa Cassie saat ini sudah menginjak usia enam bulan, dimana ia saat ini sudah boleh diberikan makanan pendamping selain Asi. Ada banyak yang memberikan saran bahwa pemberian mpasi bayi pada awalnya cukup menu tunggal saja. Namun ada juga yang menyarankan menu bintang 4 langsung untuk bayi. Dan selain itu juga banyak juga yang memberi masukan harus memiliki beberapa peralatan memasak yang wajib Anda punya untuk menunjang pembuatan mpasi rumahan.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk mempersiapkan mpasi si kecil dan peralatan apa saja yang wajib Anda punya ketika mpasi sudah tiba? Yuk cekidot artikel dibawah ini!

1. Saringan Teh dari Bahan Kawat

Saringan teh dari bahan kawat ini wajib Anda punya jika Anda ingin membuat mpasi rumahan untuk bayi Anda. Saringan ini tentunya sangat terpakai untuk bayi umur 6-9 bulan, karena jika bayi sudah menginjak usia 9 bulan, tentu teksturnya pun tidak perlu terlalu halus dan cukup dicincang saja.

Beberapa dokter pun menyarankan untuk kita memasak mpasi bayi dengan cara yang mudah, yakni cukup didihkan atau kukus makanan bayi, lalu saring mpasi menggunakan saringan teh dari bahan kawat. Jangan lupa membeli saringan teh yang terbuat dari kawat sehingga ia kuat jika Anda tekan-tekan dengan tenaga yang cukup besar.

Harga saringan teh dari bahan kawat pun cukup murah, yakni kisaran 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Sehingga Bunda tak perlu mengeluarkan budget besar untuk mempersiapkan mpasi si kecil.

2. Parutan Keju

Parutan keju ini sangat diperlukan bagi Anda yang sedang ingin mempersiapkan mpasi rumahan untuk si kecil. Biasanya, Anda harus menyediakan makanan menu 4 bintang dan juga pure buah untuk makanan atau cemilan di kecil nan imut.

Nah, parutan keju ini berfungsi sekali untuk memarut daging sapi atau daging2an yang akan Anda olah menjadi mpasi 4 bintang. Caranya sangat mudah, yakni keluarkan daging yang sudah Anda potong dadu dari dalam kulkas yang sudah Anda cuci bersih, lalu Anda parut dalam kondisi membeku sehingga lebih mudah dalam memarutnya. Setelah selesai diparut, tentunya Anda tinggal kukus bersama nasi dan juga sayurannya.

Tentu persiapan mpasi yang sangat mudah dan juga murah kan? Parutan keju ini bisa Anda dapatkan di supermarket ataupun di pasar dengan harga yang relatif lebih murah.

3. Kukusan

Sebenarnya, ada dua cara mengolah mpasi bayi, yakni dengan cara dikukus atau dengan cara dididihkan dengan api yang kecil seperti Anda sedang memasak bubur. Namun, seperti yang Anda ketahui, bahwa kandungan gizi makanan tentunya akan lebih baik jika makanan tersebut dikukus. Namun tidak ada salahnya jika Anda memasak dengan cara seperti membuat bubur.

Baca Yuk : Cara Memasak Terbaik Agar Nutrisi Sayuran Tidak Hilang, Direbus atau Dikukus?

Jadi, kukusan pun merupakan salah satu peralatan penting untuk pembuatan mpasi bayi. Anda pun tidak perlu mempersiapkan dengan membeli kukusan yang besar-besar. Cukup membeli kukusan dengan diameter yang kecil, karena membuat mpasi bayi tentunya sangat sedikit. Tentu membuat mpasi bayi hanya beberapa sendok saja sehingga dengan membeli kukusan kecil, selain harganya murah, juga mengukusnya bisa lebih ringkas dan mempercepat waktu pembuatannya.

4. Hand Blender Capsul

Memiliki bayi tentunya harus higienis dalam pembuatan mpasi, trutama dalam membuat pure buah ataupun bubur dengan menu 4 bintang. Nah, sebenarnya dokter lebih menyarankan Bunda untuk menyaring makanan ketimbang menggunakan blender. Mengapa demikian? Karena struktur nutrisi gizinya akan sedikit rusak jika mengolah mpasi menggunakan blender.

Akan tetapi, kesibukan pun menuntut kita agar berpikir logis memiliki dua opsi ketika Anda tidak sempat dan tidak memiliki waku lama dalam pengolahan mpasi, yakni Anda harus memiliki blender yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana untuk menghemat dalam pembuatan mpasi, yakni memiliki Hand Blender Capsul.

Hand Blender Capsul ini sangat bermanfaat ketika Anda ingin membuat pure buah tanpa perlu menggunakan air tambahan. Dan bisa membuat bubur atau menghaluskan bubur tanpa terkontaminasi dengan blender rumahan yang biasa Anda gunakan.

Dengan demiikian, peralatan bayi akan lebih higienis dan Anda pun bisa menghemat waktu menggunakan blender ini jika Anda sedang sibuk bekerja. Harga.hand blender capsul ini tidak lebih dari 200 ribu rupiah saja.

5. Talenan 

Memotong-motong makanan untuk mpasi bayi tentunya harus di talenan yang sangat bersih bahkan khusus untuk bayi dan jangan digunakan bersamaan dengan makanan orang dewasa. Talenan pun alangkah lebih baik Anda siapkan 2 buah, yakni talenan untuk mengiris atau menyimpan daging-dagingan, dan talenan satu lagi untuk mengiris atau menyimpan buah-buahan atau sayuran.

Hal ini dilakukan agar pembuatan mpasi lebih higienis dan bersih. Dengan demikian, mpasi bayi akan lebih bergizi dan jauh dari bakteri. Harga talenan cukup murah, mulai dari 10 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa mendapatkan talenan baru dengan warna yang bervariasi.

6. Slow Cooker

Selain kelima peralatan diatas, ada salah satu peralatan yang wajib Bunda miliki, yakni slow cooker. Slow cooker bentuknya hampir mirip seperti magic com dewasa pada umumnya, namun cara kinerjanya berbeda. Yakni cara memasaknya lebih lama dengan panas yang lebih rendah. Hal ini dilakukan agar nutrisi mpasi bayi tidak berkurang dan tetap terjaga dengan baik.

Namun, harga slow cooker ini cukup mahal, sekitaran 200 hingga 250 ribu rupiah. Jika dibilang Bunda wajib punya atau tidak, saya rasa sih slow cooker bisa Anda beli dan bisa juga Anda hilangkan dari list peralatan masak mpasi bayi. Mengapa demikian? Karena memasak mpasi bayi pun bisa Anda lakukan dengan cara dikukus atau dengan cara membuat bubur seperti biasa menggunakan wadah stainless kecil.

Membuat mpasi di slow cooker cukup membutuhkan waktu yang lama hingga berjam-jam. Oleh karena itu, banyak Bunda yang beralih dan tetap memggunakan kukusan yang bisa dibuat hanya dalam hitungan menit saja (15-20 menit). Namun demikian, slow cooker pun masih bisa bermanfaat jika bayi Anda sudah besar, yakni bisa Anda gunakan untuk memasak daging sehingga hasil dagingnya sangat empuk, namun dengan proses memasak yang cukup lama.

Bagaimana Bunda setelah membaca artikel mengenai peralatan memasak yang wajib Bunda punya untuk persiapan mpasi bayi? Semoga artikel diatas dapat membantu Bunda yang sedang membuat list peralatan yang wajib Bunda punya untuk persiapan mpasi bayi! Semoga bermanfaat ya!

5 komentar:

  1. Bagi yang perlu kukusan segera meluncur ke Blog saya,..... :)

    BalasHapus
  2. Yup itu penting banget slow cooker buat yang ga punya art daripada bubur gosong yes

    BalasHapus
  3. Tips no 2, memarut daging saat beku... Ini baru kutau... Wah, bisa kutiru walaupun ku tak punya bayi...

    BalasHapus
  4. oo MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping ASI

    BalasHapus
  5. Harus segera nyari nih kayak peralatan seperti ini,,,kebetulan istri saya sedang nyidam anak pertama hehehehe

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..