Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris, Dijamin Keterima!

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris, Dijamin Keterima!

Membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tentunya mengasah kemampuan Anda untuk dapat terlihat profesional dan terlihat bahwa Anda mampu berbahasa Inggris yang baik. Tak jarang perusahaan akan lebih melirik surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris ketimbang bahasa Indonesia.

Biasanya, Human Resource Development akan memberikan penilaian lebih jika Anda mengirimkan surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris. Biasanya, hrd akan menilai bahwa selain Anda cakap dalam berbahasa Inggris, juga Anda berusaha untuk memberikan penilaian lebih baik dengan membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.

Namun, tidak semua orang mampu membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, sehingga mentok selalu menggunakan lamaran berbahasa Indonesia, dan pastinya akan kalah saing dengan pelamar lain yang menggunakan Bahasa Inggris.

Saya pun awal tahun 2013 ketika masih cupu sering sekali menggunakan surat lamaran kerja hanya dalam Bahasa Indonesia. Dengan demikian, saya pun tidak terlihat memiliki nilai lebih dalam berbahasa Inggris, sehingga gaji pun yaa segitu-segitu aja.

Memang kita wajib mensyukuri apapun yang diberikan oleh Allah, namun berusaha melamar pekerjaan dengan membuat surat lamaran bahasa Inggris merupakan salah satu ikhtiar agar Anda dapat keterima bekerja di perusahaan besar, dan diberikan gaji yang lebih besar juga.

Setelah Anda termotivasi untuk membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, saya akan memberikan salah satu contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris secara gratis, yang bisa Anda rubah sesuka hati dan disesuaikan dengan posisi yang Anda lamar.

Karena pada saat itu saya melamar pada salah satu perusahaan Asuransi terbesar di Indonesia dengan posisi sebagai Financial Consultant yang ditempatkan di salah satu Bank Swasta Terbesar di Indonesia, saya pun harus menyesuaikan membuat lamaran yang menonjolkan kemampuan saya di bidang pelayanan, marketing, dan administrasi.

Berikut saya lampirkan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris sebagai berikut.

Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris


Serpong, November 2017

Dear Human Resource Departement PT. Asuransi ............. Indonesia

I would like to join at PT Asuransi ............... Indonesia as Financial Consultant or Available Position. My experience was working in related financial banking service. I worked at PT Bank D............. Indonesia for 2 years and I worked at PT B......... (subsidiary of Y................. Bank Indonesia) as Front Office/Customer Service for 3 year. I can do work who related with Customer Service, administration, finance and other.

My responsibility is greet and welcome guest face to face and by phone. Provide information about product in this company, serve complain handling for customer, receive payment from customer, input data entry, recording all transaction and input data to accounting system and microsoft excel and other job who related about served and guest.

I habitual do technical computing, technical drawing, accounting system, and Microsoft Office and other. I would appreciate the opportunity to discuss how my education and experience are consistent with company needs. Thank you for your time and consideration.


Warmest Regards,


 Vika Hamidah

www.ratutips.com

0........................9

Saya akan mengartikan keseluruhan surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris yang saya buat. Intinya adalah pada bagian atas, Anda wajib menuliskan tempat dan tanggal dimana Anda membuat surat lamaran kerja.

Kemudian dibawahnya, Anda menyapa hrd perusahaan yang akan Anda lamar.

Di bagian isinya, Anda isi dengan ketertarikan Anda bergabung di perusahaan yang akan Anda lamar sebagai apa (isi sesuai posisi yang Anda inginkan). Atau jika Anda masih bingung posisinya, Anda bisa mengisi dengan tulisan Available Position seperti yang saya tuliskan diatas.

Biasanya, hrd pun akan menyesuaikan posisi yang Anda lamar sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang Anda punya. Karena saya melamar di posisi Financial Consultant yang pekerjaannya hampir sama dengan Customer Service di Bank, saya tonjolkan pengalaman saya di paragraf kedua dan menyebutkan satu-satu pengalaman yang sesuai dan sebidang dengan pekerjaan yang saya lamar.

Contohnya adalah saya merincikan job desk front office secara umum. Lalu untuk rincian job desknya akan saya tulis di cv. Dengan demikian, besar kemungkinan Anda bisa diterima bekerja, apalagi jika pengalaman kerjanya lebih dari 3-5 tahun.

Kemudian di paragraf ketiga, Anda bisa isi kemampuan umum Anda, seperti menguasai komputer, baik software dan hardware, skill Anda yang lain seperti kemampuan menguasai sistem dasar keuangan, akutansi dan lain lain.

Pada paragraf terakhir pun, Anda ucapkan terimakasih dan memohon untuk mempertimbangkan surat lamaran yang Anda buat, dan meminta untuk hrd dapat mengundang Anda pada tahap wawancara, sehingga Anda pun dapat menjelaskan kemampuan Anda secara lebih rinci pada tahapan wawancara.

Dibawahnya lagi jangan lupa Anda tulis salam hormat alias Best Regards dalam bahasa Inggrisnya, lalu tulis nama Anda, website Anda dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang saya tulis diatas bisa Anda kirim via email kepada hrd perusahaan, Atau bisa juga Anda cetak. Jika surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tersebut akan Anda kirim via email, jangan lupa sertakan juga cv dan pas foto atau portofolio yang mendukung dalam melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja dalam bahasa inggris diatas juga bisa Anda print dan sertakan dengan file pendukung lainnya, seperti fotokopi ktp, pas foto, cv, fotokopi ijazah, toefl, dan berbagai sertifikat lainnya yang Anda punya.
Dengan begitu, besar kemungkinan Anda akan keterima. Jujur, ini merupakan surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris yang mampu membuat saya keterima bekerja di perusahaan tersebut. Namun, karena berbagai alasan, saya tidak mengambil pekerjaan tersebut dikarenakan saya masih bertahan di pekerjaan sebelumnya.

Mungkin sekian contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang saya buat, semoga dapat membantu Anda yang masih kesulitan dalam membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.

Dan insya Allah, jika surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tersebut dibarengi dengan doa yang khusuk dan usaha yang keras, diiringi dengan tahajud. Saya yakin, Anda dijamin keterima di perusahaan yang Anda inginkan.

Karena seperti yang Anda tahu, keutamaan tahajud salah satunya adalah untuk mempermudah doa Anda dikabulkan oleh Allah. Atau mencoba bernadzar untuk lebih menguatkan doa Anda dapat dengan mudah dikabulkan.

Namun jika belum berhasil, jangan pernah berkecil hati, teruslah membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dan didukung dengan usaha yang mumpuni. Insya allah, doa dan usaha tak akan pernah menghianati hasil.

Jika masih gagal juga, coba pelajari dan sesuaikan posisi yang Anda lamar dengan pengalaman yang Anda punya. Biasanya hrd akan menerima pelamar yang memiliki pengalaman yang satu bidang dengan posisi yang dilamarnya.

Satu tips lagi bagi Anda, pastikan untuk membuat cv dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Explore semua kemampuan Anda pada cv tersebut. 

Rinci kemampuan Anda, mulai dari biodata Anda ketika bersekolah dari SD hingga kuliah, lalu rinci juga hobi Anda, pengalaman kerja Anda dan juga job desk secara keseluruhan. Dan pastikan menggunakan kaidah bahasa Inggris yang baik dan benar.

Selain itu, pastikan untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda saat ini. Jika melamar pekerjaan sesuai passion, pastinya pekerjaan akan tersebut akan terasa ringan karena sesuai dengan hobi yang Anda sukai, dengan demikian Anda bisa betah bekerja di perusahaan tersebut dan gaji pun akan mengikuti sesuai dengan perkembangan keahlian yang Anda miliki. Selamat melamar pekerjaan dan semoga keterima!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris, Dijamin Keterima!"

  1. Saya dalam kemampuan bahasa inggris sangat lemah masih hrs bljar bnyak
    Betul banget untuk melamar kerja selain penampilan juga skill dalam membuat lamaran jg harus diperhatikan

    BalasHapus
  2. Jaman milenial sekarang, kemampuan kecakapan bahasa Inggris sangatlah penting dalam melamar ke perusahaan-perusahaan besar.
    Apalagi beberapa tahun kedepan, pasti kemampuan bahasa Inggrisnya yang pas-pasan akan kalah saing sama yang fasih cas cis cus aktif komunikasi english conversation.

    BalasHapus
  3. Setuju sekali Teh mengirim surat lamaran kerja dlm bahasa inggris krn sekarang dibutuhkan dimana-mana, dgn begitu mereka akan percaya dgn kemampuan yg kita miliki

    BalasHapus
  4. ane kok malah kawatir kalau pakai bahasa inggris pada surat lamaran, nanti pas interview pakai bahasa inggris, bisa sulit ngomong nya soalnya ane nggak bisa speaking :D

    BalasHapus
  5. pas dulu melamar kerjaan, jujurnya dr awal aku memang pakai bahasa inggris, krn mulai bikinnya wkt msh akhir kuliah di Malaysia. sehari2 pakai bahasa inggris di kampus dan kos, jd kebawa bikin CV nya in english lgs :D. eh keterimanya di bank asing sampe skr. skr inipun, kalo sedang nyari staff baru utk teamku, aku selalu cari yg cv ny bhs inggris :p. kalo bhs indonesia aku reject lgs.

    bukan napa2, krn biar gimana aku butuh team yg bisa bhs inggris, secara bank ini bank asing. nasabah kita utk daerah tertentu mostly expat dan WNA . jd mau ga mau, kalo staffnya ga ngerti bhs inggris, agak susah nantinya.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel