7 Resep Masakan Ayam Paling Enak, Murah dan Paling Mudah Dibuat

ratutips.com - 7 Masakan Ayam - Masakan ayam merupakan salah satu masakan rumahan yang paling mudah dibuatnya. Maka tak heran, masakan ayam menjadi salah satu menu makanan murah yang paling sering digemari banyak orang.

Cara mengolahnya yang mudah, serta daging ayam yang mudah Anda dapatkan dimana-mana menjadikan ayam merupakan salah satu makanan enak diantara menu makanan lain.

Selain daging ayam terkenal mudah didapatkan dimana-mana, harga daging ayam pun jauh lebih murah ketimbang harga daging sapi.

Jika daging ayam 1 kg saja bisa Anda dapatkan kisaran 38 ribu hingga 40 ribu rupiah. Berbeda dengan daging sapi yang bisa Anda beli hingga 100 ribu rupiah satu kilogramnya.

Daging ayam ini juga selain murah dan mudah didapatkan dimana-mana, pengolahkan dalam membuat masakan ayam juga sangat mudah. Cukup ungkep dengan bumbu sederhana pun Anda bisa mendapatkan sajian ayam goreng yang enak dan renyah.

So, apa aja sih 7 resep masakan ayam paling enak, murah, dan paling mudah dibuat? Berikut ini ratutips merangkum ketujuh resep masakan ayam mulai dari yang paling mudah ya!

1. Ayam Goreng

7 Resep Masakan Ayam Paling Enak, Murah dan Paling Mudah Dibuat

Ketika Anda sibuk bekerja dan agak sulit untuk memasak masakan dirumah, cara jitu untuk mendapatkan masakan dengan cara cepat adalah mengolah daging ayam menjadi ayam goreng.

Caranya sangat mudah, Anda cukup siapkan 1/2 kg ayam dan bumbu racik ayam goreng. Anda bisa tambahkan perasan jeruk nipis, daun salam dan sereh untuk menambah wangi ayam goreng Anda.

Ungkep dan didihkan air bersama ayam, bumbu racik, perasan jeruk, daun salam dan sereh kedalam satu wajan besar. Tunggu hingga air habis dan silahkan goreng ayam dengan api sedang setiap Anda ingin makan masakan ayam.

Anda bisa simpan ungkep ayam tersebut dalam freezer dan bisa tahan lama hingga 1 minggu lho. 

2. Ayam Geprek

Saat ini, banyak bertebaran ayam geprek yang menyajikan makanan yang super duper enak dengan tambahan sambal bawang yang luar biasa pedas dan enaknya. Anda bisa kok membuat ayam geprek sendiri dirumah.

Caranya sangat mudah, Anda cukup siapkan ayam yang sudah Anda cuci. Siapkan tepung bumbu serbaguna dan buat ayam seperti ketika Anda ingin membuat fried chicken.

Goreng hingga keemasan. Lalu siapkan sambal bawang, geprek ayam diatas sambal bawang dan ayam geprek siap disajikan tanpa Anda perlu menyiapkan bumbu dan bahan yang menghabiskan waktu dan tenaga Anda.

3. Ayam Opor

Masakan ayam selanjutnya yang mudah, enak dan mudah dibuat adalah ayam opor. Anda cukup siapkan ayam yang sudah dipotong dan sudah dibersihkan. Siapkan saja bumbu racik opor beserta dua buah santan kara.

Tumis ayam hingga wangi, Anda bisa tambahkan daun salam dan sereh untuk membuat wangi opor semakin tercium dan enak. Tambahkan air santan biasa dan kemudian santan kental. 

Ayam opor ini biasanya disajikan ketika akan berlebaran ataupun dijual oleh bapak-bapak yang jualan lontong sayur ayam di Bandung.

Untuk rasanya tidak usah diragukan lagi. Sangat enak dan saya pun sangat menyukai masakan ayam opor yang enak dan mudah dibuat.

4. Ayam Kari

7 Resep Masakan Ayam

Masakan ayam selanjutnya setelah ayam opor adalah ayam kari. Bumbunya hampir sama dengan ayam opor. Namun yang membedakan hanya dari penggunaan kunyit pada ayam kari sehingga warna ayam menjadi kekuningan.

Masakan ayam ini merupakan salah satu masakan favorit keluarga, karena mudah dbuat dan rasanya aduhai nikmat sekali.

5. Ayam Swike

Masakan Ayam

Masakan ayam yang tidak banyak orang tahu selanjutnya adalah ayam swike. Mengutip nama swike yang biasa digunakan pada restoran cina yang menyediakan katak sebagai menu utama dalam menu swike ini.

Ayam swike tentunya berbeda dengan swike katak, karena masakan ayam ini 100% halal. Anda bisa memasak swike ayam yang rasanya sangat khas dengan wangi tauco akan membuat Anda geleng-geleng kepala saking enaknya ketika Anda mencicipinya.

Anda bisa melihat resep membuat swike ayam dan buktikan bahwa swike ayam sangat enak ketimbang swike katak yang asli.

6. Pepes Ayam

Menu selanjutnya yang sangat saya sukai adalah masakan ayam yang diolah menjadi pepes ayam. Entah mengapa saya sangat menyukai pepes ayam. Walaupun cara pembuatan masih bisa dibilang rumit. Namun hasil pepesnya enak bukan kepalang.

Membuat pepes ayam setidaknya Anda harus memiliki kukusan untuk Anda yang ingin mencobanya dirumah. Anda cukup siapkan presto yang sudah diisi air seruas jari Anda. Lalu siapkan beberapa bumbu seperti untuk bumbu uleg, bumbu potongan seperti potongan cabe rawit, daun bawang, daun salam dan lain sebagainya kedalam setiap bungkusan daun pisang.

Presto selama 1 jam lebih, dan Anda tinggal menyajikan pepes ayam dengan rasa yang enak dan harga yang murah.

7. Ayam Bakar Manis Pedas

7 Resep Masakan Ayam Paling Enak, Murah dan Paling Mudah Dibuat

Menu masakan ayam selanjutnya yang paling enak dan mudah dibuat adalah ayam bakar manis pedas. Anda cukup siapkan daging ayam fresh, lalu lumuri menggunakan garam, bawang putih bubuk dan juga perasan jeruk nipis.

Goreng setengah matang, lalu grill dengan cara dilumuri dengan kecap yang sudah diberi potongan cabe rawit dan bawang merah. Anda bisa melakukan sendiri dirumah bersama dengan pasangan. Perut kenyang, makan pun enak!

Penutup

Sekian artikel mengenai 7 resep masakan ayam paling enak, murah dan mudah dibuat. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Komentar untuk "7 Resep Masakan Ayam Paling Enak, Murah dan Paling Mudah Dibuat"

  1. Dari 7 menu masakan di atas , rasa rasanya saya bingung deh jika di suruh milih....
    Heeeemmm...tapi ada satu yang menarik perhatian ....yaitu Ayam geprek....ya .kata "geprek" saat ini lagi populer lho...

    BalasHapus
  2. Saya baru tau mbak tentang ayam swike ini, pake tauco ya tapi kuahnya seperti jernih gitu ga ada keliatan tauco nya..

    BalasHapus
  3. Bener beb emang praktis banget, aku suka ungkep ayam pake bumbu racik terus masukin freezer tar klo mepet tinggal goreng praktis hahha

    BalasHapus
  4. Nomor 1 selalu ayam goreng dong, memang ayam goreng enaknya bukan main wuehehehe..idola saya bangett

    BalasHapus
  5. Bikin ngiler gambar masakan ayamnya. Saya sekarang sukanya dengan ayam geprek dan ayam bakar pedas. Gak tahu lagi besok, hehehe

    BalasHapus
  6. Waaah, saya kemecer sama ayam karinya, hmm... nikmat banget tuh...

    BalasHapus
  7. Ayam Geprek itu kayak Ayam Penyet kan Kak? Soalnya sekarang Ayam Penyet makin jarang dipakai namanya, padahal aku kangen sama nama Ayam Penyet.

    Btw, Ayam Swikenya mirip kayak dibumbu soto tapi ayamnya dibiarkan utuh, aku sampai buka link-nya, wah, ternyata keren resepnya Kak. Aku mau kasih lihat Bundaku. Hehehe... Makasih ya Kak.

    BalasHapus
  8. Dari kesemua makanan diatas, aku baru tau ada swike ayam.
    Kayak gimana rasanya, ya 🤔 ?.

    Sayangnya dikotaku belum ada resto menyediakan sajian satu itu.

    Apa kuusulin mamaku untuk praktek bikin ya 😁 ?

    BalasHapus
  9. daging ayam memang bisa dibuat ane macam makanan ya kak, jadi kreativitas kita bisa lebih bagus untuk memasak yang enak dan murah ya biar bisa buat buka puasa :)

    BalasHapus
  10. di blogku sepertinya tinggal ayam swike yang belum ada resepnya bu

    BalasHapus
  11. Duh baru tahu soal ayam swike, langsung kepengen nyoba buat jadinya

    BalasHapus
  12. Paling suka ayam bakar. Tapi, yang paling sering masak ayam goreng, karena paling praktis

    BalasHapus
  13. Kakak Vika, dari semua menu ayam di atas, cuma ayam geprek dan ayam swike saja yang belum pernah saya bikin. Yang lainnya sudah semua hueheheh :D

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel