Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri, Lengkap!

Teknologi yang semakin modern menjadikan berbagai macam hal menjadi lebih mudah. Terlebih lagi, saat ini tersedia banyak sekali akses untuk memudahkan pekerjaan dan kegiatan manusia seperti internet banking mandiri.

Nah, jika dibandingkan dengan ATM, internet banking jauh lebih praktis dan efisien. Hal ini karena internet banking hanya memanfaatkan smartphone saja. Tentu, cara yang satu ini cukup berbeda dengan ATM, dimana jika dengan menggunakan ATM untuk melakukan transaksi, tentu Anda harus pergi ke mesin ATM terlebih dahulu.

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri, Lengkap!

Sementara itu, hanya dengan menggunakan internet banking saja, Anda bisa melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun, asal tersedia jaringan internet yang lancar.

Internet Banking Mandiri menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat milenial untuk bisa melakukan transaksi dengan cara yang lebih cepat dan efisien.

Namun, sebelum Anda melakukan transaksi dengan menggunakan Internet Banking Mandiri yang satu ini, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Cara untuk mendaftar di Internet Banking Mandiri pun sangat mudah dan tidak ribet, yakni sebagai berikut :

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

1. Langkah awal, Anda harus memiliki rekening Bank Mandiri terlebih dahulu, baik itu berupa giro, tabungan atau yang lainnya.

2. Jangan lupa untuk membawa ATM Mandiri, karena nantinya Anda akan mendaftar melalui ATM.

3. Jika sudah siap, kunjungi salah satu ATM Mandiri yang ada di lingkungan sekitar Anda.

4. Masukkan kartu ATM Mandiri ke dalam mesin lalu masukkan PIN yang Anda miliki.

5. Setelah itu, pilih transaksi lainnya.

6. Maka akan muncul halaman berikutnya dan pilihlah Internet Banking.

7. Kemudian, akan muncul sebuah halaman konfirmasi. Jika Anda ingin melanjutkan, maka pilihlah “Setuju”.

8. Masukkan kembali PIN ATM Anda.

9. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang nantinya akan digunakan Internet Banking Mandiri.

10. Pilih “Benar”.

11. Lalu, input kembali PIN Internet Banking Mandiri yang sudah kamu input sebelumnya, dan pilih “Benar”.

12. Terakhir, struk akan keluar dari mesin ATM. Struk tersebut berisikan nomor kartu dan Acces Code.

Nah, setelah melihat cara diatas, sangat mudah bukan untuk membuat Internet Banking Mandiri yang satu ini? Langkah yang terpenting dalam membuat internet banking tersebut salah satunya adalah Anda harus menjadi nasabah Mandiri dan harus memiliki rekening terlebih dahulu.

Setelah melakukan pendaftaran atau registrasi, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan melakukan aktivasi. Sama halnya dengan melakukan pendaftaran, untuk melakukan aktivasi Internet Banking Mandiri yang sudah Anda miliki pun sangatlah mudah. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut.

Cara Aktivasi Internet Banking Mandiri

1. Langkah pertama, buka ib.bankMandiri.co.id pada browser.

2. Setelah itu, cari kalimat Pengguna Baru/Registrasi Ulang pada halaman, kemudian pilih “Silahkan Klik Di Sini”.

3. Kemudian, akan muncul halaman Aktivasi Mandiri Internet, bacalah Syarat dan Ketentuan yang tertera, lalu pilih “Setuju”.

4. Nantinya, Anda akan diminta menginput Access ID sebanyak 16 digit serta Access Code Internet Banking yang berupa PIN Internet Banking Mandiri yang sudah Anda masukkan pada waktu pendaftaran. Jika sudah, kemudian pilih “Aktifkan”.

5. Langkah selanjutnya akan muncul sebuah halaman yang meminta Anda untuk mengisi User ID, PIN Internet banking serta alamat email. Setelah itu, pilihlah “Kirim”.

6. Jika sudah, kemudian akan muncul sebuah halaman yang menyatakan bahwa aktivasi internet banking yang Anda lakukan telah berhasil.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Untuk melakukan aktivasi Anda hanya cukup menggunakan laptop ataupun smartphone. Selain itu, cara untuk melakukan aktivasi juga sangat mudah. Akan tetapi, satu hal yang harus Anda ingat bahwa hanya dengan melakukan aktivasi pada portal Internet Banking Mandiri, Anda belum sepenuhnya dapat menggunakan berbagai macam fitur yang ada.

Untuk bisa menggunakan berbagai macam fitur yang ada, Anda harus datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Di kantor cabang tersebut, nantinya Anda akan diminta untuk mengisi sebuah Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking.

Pada saat datang ke kantor cabang Bank Mandiri untuk melakukan aktivasi, pastikan bahwa Anda membawa identitas diri alias KTP supaya nantinya bisa ditunjukkan ke customer service. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa alamat email yang dimiliki masih benar-benar aktif.

Karena nantinya segala sesuatu yang akan Anda lakukan via internet banking mandiri akan dikirimkan kembali pada email Anda yang didaftarkan.

Dengan demikian, Anda bisa langsung menggunakan berbagai macam fitur yang ada di Internet Banking Mandiri. Sama halnya dengan beberapa internet banking yang lainnya, ada beberapa layanan transaksi yang bisa Anda lakukan melalui internet banking dari Mandiri.

Namun tentu saja, layanan tersebut lebih lengkap dan cukup praktis untuk membantu Anda dalam melakukan transaksi.

Apa sajakah layanan transaksi yang bisa Anda lakukan? Adapun beberapa layanan transaksi dari Internet Banking Mandiri, yakni sebagai berikut.

Beberapa Layanan Transaksi Lewat Internet Banking Mandiri

1. Transfer Mandiri, dengan limit Rp 100 juta per hari serta per transaksi.

2. Transfer Online, dengan limit Rp 100 juta per hari sedangkan untuk transaksi yakni Rp 50 juta.

3. Transfer SKN/Kliring, dengan limit Rp 100 juta per hari serta Rp 100 juta per transaksi.

4. Bill Payment, dengan limit Rp 100 juta per hari serta Rp 100 juta per transaksi.

5. Auto Bill Payment, limitnya disesuaikan dengan jumlah tagihan yang ada.

6. Top up e-money, dengan limit Rp 10 juta per hari serta Rp 1 juta per transaksi.

7. Top up e-cash, dengan limit Rp 20 juta per hari serta Rp 5 juta per transaksi.

8. Open New Saving Plan, limit yang dimiliki disesuaikan dengan saldo pembukaan.

9. Purchase, dengan limit Rp 10 juta perhari serta sesuai dengan transaksi.

Setelah Anda membaca berbagai macam layanan transaksi dari Internet Banking Mandiri ini, tentu Anda sudah paham bahwa internet banking tersebut menyediakan berbagai macam layanan transaksi.

Dimana, berbagai macam layanan transaksi tersebut ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi Anda yang akan melakukan proses transaksi agar lebih praktis.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan internet banking, terutama untuk Internet Banking Mandiri. Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan internet banking tersebut ialah, Anda tak perlu repot untuk keluar rumah agar bisa melakukan transaksi di ATM terdekat.

Hal inilah yang akan membantu Anda untuk lebih menghemat waktu, karena Anda hanya tinggal duduk manis dan memanfaatkan jaringan internet untuk melancarkan transaksi. Selain itu, transaksi yang dilakukan pun dapat berjalan dengan cepat tanpa harus antri seperti yang biasa Anda lakukan di bank.

Namun kenyamanan tersebut akan terlaksana dengan satu catatan bahwa jaringan internet harus lancar dan tersedia.

Ternyata, penggunaan internet banking yang satu ini tidak hanya bermanfaat bagi para nasabah saja. Namun, juga memberikan banyak manfaat bagi bank yang mengoperasikan internet banking tersebut. Dengan adanya fasilitas ini, bank akan mengurangi biaya operasional.

Selain itu, keuntungan lainnya yang dimiliki oleh pihak bank sendiri ialah, jumlah nasabah akan semakin bertambah karena Internet Banking Mandiri jauh lebih mudah dan lebih praktis untuk digunakan.

Bagaimana ulasan mengenai cara daftar dan aktivasi internet banking mandiri secara lengkap? Semoga dapat membantu Anda yang sedang mencari informasi mengenai internet banking mandiri ya!

Anda pun bisa membaca artikel selanjutnya mengenai cara mudah membayar iuran BPJS melalu iinternet banking mandiri.  Jika Anda pengguna BCA, Anda bisa membaca mengenai cara mengamankan KLIKBCA individual Anda. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Komentar untuk "Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri, Lengkap!"

  1. jadi ga perlu dateng ke bank ny langsung mbak? bsa lewat atm apapun gt? kebetulan mau buat internet banking

    BalasHapus
  2. aku cuma punya bank BRI sama Bank Pembangunan Daerah apa ada ya internet bankingnya

    BalasHapus
  3. Wahhh boleh dicoba nih, ak selama ini belum pernah menggunakan internet banking, lebih suka tunai dulu deh :D

    BalasHapus
  4. Kemajuan teknologi, semuanya serba dimudahkan ya mba. :D

    BalasHapus
  5. Ternyata seperti itu ya teh,..saya dulu pernah ngaktifin cuma kangsung datang ke banknya aja,..tidak berapa lama selesai

    BalasHapus
  6. Dan tampilan serta fasitlitas mandiri online sekarang makin mantap. Saya baru bikin rek mandiri nih karna kantor sekarang gaji lewat bank ini

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel