Perang Social Media Facebook Vs Twitter, Mana yang Memberikan Efek Positif?

Social media saat ini sudah bukan lagi menjadi tempat ajang curhat-curhatan sesama pengguna media sosial. Namun saat ini sosial media seperti facebook dan juga twitter menjadi salah satu keharusan bagi Anda untuk tetap membuka aplikasinya walau sedang seret kuota.

Mengapa banyak orang kecanduan membuka Facebook dan juga twitter? Sebenarnya, masih banyak sekali media social yang sering dibuka selain kedua situs diatas, sebut saja instagram.

Akan tetapi, berdasarkan yang saya baca di beberapa situs yang sudah terbukti keabsahan datanya. Orang Indonesia menjadi salah satu pengguna yang paling banyak menggunakan Facebook.

Hampir 190 juta orang yang menggunakan facebook saat ini (update Juni 2019). Dan Anda bayangkan seiring dengan berkembangnya fitur facebook yang hampir menyerupai aplikasi Whatsapp, tentunya perkembangan facebook semakin baik dan semakin sulit untuk orang move on dari aplikasi ini.

Lantas, diantara twitter dan juga facebook. Manakah social media yang banyak berperan penting memberikan dampak positif bagi usernya?

Untuk mengetahuinya, mari baca artikel ratutips hingga selesai ya. Dan akan saya kupas satu per satu masing-masing kelebihan maupun kekurangannya.

1. Social Media Facebook

social media

Seperti yang sudah saya tulis di paragraf atas, bahwa pengguna Facebook di Indonesia merupakan pengguna terbanyak di dunia hingga 190 juta orang. Padahal, situs Facebook ini baru didirikan pada tahun 2005 atau tepatnya 14 tahun silam.

Dengan demikian, semakin banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini. Ini artinya facebook merupakan aplikasi terbaik untuk melakukan social media.

Dan saya akui, banyak sekali kelebihan facebook yang tidak dimiliki oleh twitter. Malah dengar-dengar sih twitter semakin menurun peminatnya karena banyak konten negatif yang mudah tersebar disana.

Lantas, apa saja kelebihan dari aplikasi social media Facebook? Berikut gambarannya.

Facebook Memiliki Tampilan yang Sangat Eye Catching

Saya akui, dari beberapa belas social media yang bertebaran, hanya Facebook yang paling memiliki tampilan yang simple namun enak dilihat.

Saya tidak mengerti bagaimana situs ini dibuat dengan perpaduan warna yang membuat orang betah berlama-lama membuka situs ini.

Fitur Yang Semakin Beragam, Tidak Hanya Bisa Membuat Status Saja, Namun Anda Bisa Beriklan Disini

Saat ini, fitur terbaru dari facebook selain bisa melakukan strategi pemasaran via Facebook Bost Post adalah dengan adanya fitur update status seperti ketika jaman menggunakan BBM.

Malah, facebook ini memiliki fitur update status di timeline seperti yang dimiliki oleh whatsapp dan tidak dilakukan oleh kebanyakan situs pesaingnya.

Selain itu juga, banyak perusahaan ternama yang sukses beriklan melalui Facebook. Seperti yang sudah Anda tahu, dahulu kebanyakan perusahaan akan beriklan melalui Google Adwords untuk branding dan meningkatkan earning perusahaan.

Namun, dengan menggunakan Facebook Ads Manager, Anda bisa melakukan iklan ataupun promo dengan budget yang disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Maka, saat ini tak perlu dana banyak untuk mempromosikan postingan maupun perusahaan. Karena Anda bisa beriklan melalui Facebook.

Banyak Filter yang Membuat Facebook Selalu Aman

Selain bisa membuat status dan selalu memperbarui fiturnya semakin baik lagi. Social media satu ini juga bisa sangat secure dalam urusan keamanan pengguna.

Pernahkah ada konten konten negatif yang tersebar di situs ini? Saya rasa sampai saat ini hal tersebut masih bisa dianggap sebagai hal yang wajar dan bisa dicegah penyebarannya.

Dan konten negatif ini berbeda dampaknya jika disebarkan lewat situs twitter yang akan saya bahas dibawah ini.

2. Social Media Twitter

Masih ingatkah dengan situs social twitter yang hanya bisa update status dan dibatasi hanya 140 karakter? Situs twiter ini didirikan pada tahun 2006, tepatnya 2 tahun setelah berdirinya Facebook.

Bisa dibilang, pengguna twitter pun tak sebanyak pengguna facebook yang sangat banyak dan cukup diminati banyak orang.

Menurut saya, twitter tidak se-eye catching yang ditampilkan oleh Facebook. Bahkan, saya sulit bereksplorasi ketika menggunakan twitter. Karena batasan karakter yang sulit untuk dibuat panjang.

Bahkan saya pun harus menggunakan aplikasi bitl.y untuk menshare web atau url agar pendek dan bisa dibagikan ke sesama pengguna twitter.

Menggunakan Twitter Agak Sedikit Dibatasi Penulisannya


Menurut saya, membatasi karakter penulisan status dengan hanya diperbolehkan hingga 140 huruf saja agak mengekang terlihatnya.

Bukan soal itu saja, user pun harus dibuat capek setiap kali share url yang panjang karena harus memperpendek url yang panjang dengan menggunakan bit.ly dan itu cukup melelahkan bagi saya jika ingin share apapun (pengalaman seorang blogger).

Seperti burung yang ingin terbang dengan sayap penuh, namun dibatasi dan berasa terkekang dengan aturan ini.

Saya pun akhirnya jarang mem-post atau share artikel disana. Karena menurut saya, saya mengalami banyak kesulitan ketika akan melakukan share info yang bermanfaat.

Sehingga, hal ini tentunya cukup merugikan bagi twitter karena akan banyak user yang beranjak meninggalkan situs ini karena pengguna tidak bisa mengeksplore apapun seperti yang orang akan lakukan di situs Facebook.

Banyak Konten Negatif Bersebaran

Jujur, saya pengguna social media yang bisa dibilang OFF. Jarang update status, kecuali jika hal tersebut berhubungan dengan pekerjaan saat ini.

Saya pun terkadang jika ada kesempatan, suka membuka instagram dan melihat berita terkini disana. Dan banyak sekali orang yang membicarakan bahwa di situs ini, banyak sekali video yang tersebar dan tidak ada filternya sama sekali.

Saya mendapati berbagai macam konten negatif yang ada disana. Dan bisa sangat tersebar luas. Padahal, pengguna twitter pun masih banyak yang bocah alias masih muda.

Saya malah sempat berpikiran, ditakutkan kedepannya twitter ini malah dijadikan situs untuk penyebaran konten asu**la yang seharusnya bisa di filter dan secure sedemikian rupa agar terhindar dari penyebaran yang semakin ekstrem.

Namun, apa daya. Nasi sudah menjadi bubur. Orang banyak berlari ke twitter hanya sekedar lihat video anu dan lain sebagainya.

Akan tetapi, saya tetap appreciate pada twitter. Saya selalu melihat trending disana untuk mengetahui apa saja berita yang sedang up saat ini sehingga saya pun tidak ketinggalan berita yang bermanfaat dan ada faedahnya.

Tidak Ada Fitur Chatting yang Membuat Orang Malas Membukanya

social media

Tidak seperti Facebook yang menyediakan aplikasi turunan untuk chating yang bernama Messenger, twitter hanya bisa kirim mengirim pesan via chat atau pun message disana.

Walaupun begitu, Twitter pun dapat mengiklankan website Anda atau untuk engagement dengan menggunakan twitter Ads.

Saya pun ketinggalan untuk masalah ini, saya baru tahu ada fitur twitter ads ketika menulis artikel ini.

Untuk pembayarannya sendiri saya lihat bisa menggunakan debit maupun credit card. Sedangkan untuk facebook ads bisa menggunakan multipayment dan pembayaran via virtual account.

Untuk biayanya saya belum bisa membandingkan karena saya hanya baru mencoba menggunakan Facebook Ads.

Twitter Tidak Memiliki Fitur Fan Pages Twitter

Tidak seperti facebook, twitter tidak memiliki fitur yang facebook punya, yakni Fan Pages Facebook. Fan pages facebook sendiri sangat berfungsi bagi Anda yang memiliki website untuk mempromosikan postingannya dan menjangkau banyak orang dengan budget yang disesuaikan dengan kemampuan.

Twitter memang kalah untuk hal ini, namun untuk berita terkini. Saya tetap beri dua jempol manis karena memang selalu update mengenai trending saat ini setiap harinya.

Kesimpulan

Setiap social media tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Seperti twitter bisa memberikan update berita dengan tinggal klik pada bagian trending.

Berbeda dengan facebook yang lebih familiar karena fiturnya selalu diperbarui dan berkembang setiap saat. Bahkan bisa promosikan usaha Anda disini dan terbukti berhasil.

Semuanya memang memiliki kelebihan tersendiri. Namun, saya sendiri tetap prefer pada Facebook ketimbang twitter. Karena menurut saya facebook seperti multi talent yang bisa melakukan apapun melalui situs ini.

Selain itu juga, di facebook sangat mudah menemukan grup yang memiliki hobi yang sama dan bisa bertukar pikiran, sedangkan di twitter hanya dibatasi dengan share dan juga komen.

Semoga kedepannya twitter pun bisa sangat secure terhadap penyebaran konten negatif yang mudah tersebar di situs ini. Sehingga twitter tetap berjaya dan semakin bertambah angka penggunanya setiap saat.

Lantas, menurut Anda sendiri, mana yang lebih baik diantara keduanya?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Perang Social Media Facebook Vs Twitter, Mana yang Memberikan Efek Positif?"

  1. Semua kembali pada masing" penggunanya ya kak

    BalasHapus
  2. duluuuu aku sempet aktif di twitter. pernah jg aku lbh suka twitter drpd fb. tapi lma2 bosenin ya twitter itu :p. udhlah dibatasin, kec pake uber twitter tuh kita bisa nulis lbh panjang. aku wkt itu downloadnya yg uber twitter, krn lbh mudah, dan tweet2 kebuka di tweet yg blm kita baca. jd ga sampe scrolling jauh k bawah. kalo yg aplikasi twitter orginal kan hrs scrolling jauuuh ke bawah utk nyari mana yg blm sempet dibacam nyusahin.

    aku agak lupa sih apa yg bikin aku akhirnya g mau main di sana lagi. kyknya krn aplikasinya sempet eror. jd males sejak itu :p. udh lupapun ama pasword msknya hahahaha. ga pengen reset juga

    BalasHapus
  3. yuhuuuuu facebook aku masih sering buka,
    kalau twitter baru - baru ini aku baru buka lagi hahaha

    BalasHapus
  4. Kalo saya lebih ke facebook, soalnya enak bisa buat promosi jualan sama instagram hehe

    BalasHapus
  5. Bikin akun pada semua aja, jadi gak perlu perang2an hehe

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel