4 Infeksi yang Menyebabkan Pendengaran Berkurang

Infeksi pendengaran

Infeksi pada telinga dapat menyebabkan masalah kurang pendengaran sebelah. Selain itu, infeksi telinga juga dapat menyebabkan gangguan telinga sementara atau gangguan telinga konduktif.

Jika tidak segera diobati, infeksi telinga akan menjadi semakin parah dan menyebabkan tuli permanen. Saat mengalami tuli permanen, Anda akan membutuhkan alat bantu dengar yang bagus supaya dapat membantu proses pendengaran menjadi semakin baik.

Berikut beberapa infeksi telinga yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

1. Infeksi Pada Saluran Telinga (Otitis External)

Infeksi pada saluran telinga sering disebut dengan telinga perenang. Namun, infeksi ini tidak hanya disebabkan karena masuknya air ke dalam saluran telinga.

Infeksi ini akan menyebabkan suara terhalang, sehingga tidak dapat masuk ke telinga bagian tengah.

Hal inilah yang menyebabkan pendengaran Anda mengalami gangguan dan tidak dapat mendengarkan suara dengan jelas. Pendengaran akan normal kembali setelah infeksi sembuh.

2. Infeksi Telinga Tengah (Otitis Media)

Infeksi telinga tengah biasanya ditandai dengan pembengkakan dan nanah pada telinga bagian dalam, sehingga akan menghalangi suara masuk ke telinga bagian dalam.

Pendengaran akan normal kembali saat infeksi sembuh. Namun, jika infeksi tidak segera diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen, sehingga Anda dapat mengalami tuli permanen.

3. Infeksi Virus Pada Koklea

Infeksi virus pada koklea dapat menyebabkan gangguan pendengaran secara tiba-tiba. Virus yang menyerang koklea, kemungkinan sama dengan virus yang menyebabkan flu.

Jika infeksi telah sembuh, maka sistem pendengaran dapat kembali sepenuhnya, ataupun kembali sebagian, bahkan dapat benar-benar hilang.

4. Cairan di Ruang Belakang Gendang Telinga

Penumpukan cairan di ruang belakang gendang telinga dapat memblokir suara, sehingga suara tidak dapat masuk ke telinga bagian dalam.

Hal inilah yang menyebabkan Anda tidak dapat mendengarkan suara dengan baik. Jika tidak segera ditangani, gendang telinga dapat mengalami infeksi dan menyebabkan gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran dapat disebabkan karena infeksi telinga. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah kurang pendengaran sebelah, bahkan kerusakan permanen.

Oleh karena itu, mulailah memperhatikan kesehatan telinga, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi telinga. Anda juga perlu segera memeriksakan kesehatan telinga jika mengalami masalah telinga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "4 Infeksi yang Menyebabkan Pendengaran Berkurang"

  1. duh ngeri. biasanya penyebab nya apa tuh mba vik..

    BalasHapus
  2. Saya menderita poin pertama karena suka berenang dan berenang sesuka sukanya saja.

    BalasHapus
  3. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel