Bagaimana Cara Melakukan Test Drive yang Benar

source : https://www.suzuki.co.id/
 

Test drive merupakan hal yang wajib dilakukan ketika Anda membeli mobil baru agar mengetahui performa dari kendaraan roda empat tersebut. Fungsi utama dari test drive ini sebenarnya adalah untuk mencoba mobil dan merasakan bagaimana performanya secara detail. 


Anda perlu memahami cara test drive mobil baru yang benar, agar bisa melakukannya dengan tepat dan sesuai prosedur. Berikut adalah ulasan mengenai cara melakukan test drive pada mobil baru Suzuki yang benar agar Anda bisa memilih kendaraan terbaik.


Mengetahui Fungsi Dasar Mobil

Cara pertama yang harus dilakukan saat test drive adalah mengetahui fungsi dasar mobil. Anda harus mengetahui dasar untuk mengoperasikan mobil dengan detail. Hal ini bisa dimulai dengan mencoba mempelajari cara untuk membuka dan menutup pintu mobil baru terlebih dahulu.


Fungsi dasar berikutnya yang perlu dipahami adalah mengenai cara untuk pengaturan kursi. Anda perlu mencoba untuk mengatur kursi, seperti memajukan atau memundurkannya. Hal ini perlu dilakukan pada saat test drive agar nantinya Anda bisa mengetahui posisi duduk yang nyaman.


Hal terakhir yang tidak boleh dilewatkan saat mencoba test drive dan mencari tahu fungsi dasar mobil adalah memahami mengenai setir mobil. Anda bisa mencoba untuk mengoperasikannya dan memahami setiap fitur yang ada di depan kursi kemudi.


Mempelajari Sistem Keselamatan di Mobil

Sistem keselamatan pada mobil merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami, sehingga Anda harus mempelajarinya pada saat melakukan test drive. Fungsi dari mempelajari sistem keselamatan mobil ini adalah, agar Anda bisa bepergian dengan tenang dan merasa aman.


Pada dasarnya, fitur keselamatan mobil ini berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang agar tidak mengalami cedera parah saat terjadi kecelakaan. Sistem keselamatan ini akan bekerja secara otomatis, sehingga Anda bisa mempelajari terlebih dahulu sistem kerjanya.


Pelajari bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur keselamatan ini agar Anda tidak perlu merasa panik ketika berada dalam keadaan darurat. Pastikan pula sistem keselamatan dalam mobil dalam bekerja dengan baik saat Anda mencobanya ketika sedang test drive.


Menentukan Rute Test Drive

Cara melakukan test drive mobil baru yang selanjutnya adalah menentukan rute dalam mengendarai kendaraan roda empat tersebut. Pada saat test drive ini, sebaiknya Anda memilih rute dengan berbagai jenis kondisi jalan agar bisa merasakan performa mobil.


Pertama, cobalah untuk mengendarai mobil di jalan raya yang beraspal untuk merasakan bagaimana berkendara di kondisi normal. Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk berkendara di jalanan yang bergelombang untuk mengetes performa sekaligus kenyamanan penumpang di dalam mobil.


Lakukanlah test drive dengan rute yang memiliki berbagai kontur jalan, mulai dari bebatuan, speed bump, berliku, bergelombang, hingga beraspal. Pada saat melakukan test drive ini, Anda tidak perlu berkendara dengan ngebut. Cukup santai saja untuk merasakan performa mobil.


Mempelajari Teknologi dan Fitur Terbaru Pada Mobil

Setiap mobil keluaran terbaru tentunya dilengkapi dengan berbagai fitur berteknologi canggih, sehingga penting untuk dipelajari pada saat test drive. Salah satu teknologi canggih yang harus dipelajari pada saat melakukan test drive adalah sistem infotainment pada mobil.


Satu lagi fitur canggih yang bisa dipelajari ketika Anda melakukan test drive, yaitu adaptive cruise control. Saat akan melakukan test drive, sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada petugas showroom mengenai jenis fitur terbaru dan teknologi yang tersedia dalam mobil tersebut.


Mencoba Sebagai Penumpang

Test drive tidak hanya dilakukan untuk mencoba menjadi pengemudi mobil saja, melainkan Anda juga bisa duduk di bangku penumpang. Anda bisa mencoba untuk menjadi penumpang agar bisa merasakan bagaimana sensasi duduk di samping atau belakang kemudi.


Pada saat menjadi penumpang, Anda bisa mencoba untuk merasakan performa mobil saat melewati berbagai jenis kontur jalan. Anda bisa merasakan apakah tetap bisa duduk dengan tenang dan tidak merasakan banyak guncangan ketika duduk di bangku penumpang atau tidak.


Mencoba untuk menjadi penumpang saat melakukan test drive ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengecek fungsi peredam kejut dalam mobil. Anda juga bisa mengecek kinerja setiap fitur di dalam mobil tersebut apakah dapat berfungsi secara optimal atau tidak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Melakukan Test Drive yang Benar"

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel