Apa Sih Bahaya Mengkonsumsi Vetsin dengan Kadar Yang Berlebihan? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 17 Mei 2017

Apa Sih Bahaya Mengkonsumsi Vetsin dengan Kadar Yang Berlebihan?

Setiap kali Anda makan sesuatu yang sangat gurih, pastinya makanan tersebut mengandung vetsin. Vetsin atau biasa disebut dengan penyedap rasa adalah salah satu bahan makanan yang biasa digunakan oleh para ibu-ibu ataupun tempat makan untuk menambah kenikmatan dan menambah gurih masakan tersebut.

Anda bayangkan jika makanan tidak memakai vetsin, rasanya pasti hambar sekali. Karena yang membuat makanan lebih enak adalah vetsin atau biasa disebut dengan penyedap rasa.




Apa Sih Bahaya Mengkonsumsi Vetsin dengan Kadar Yang Berlebihan?
source pixabay


Apa Itu Vetsin dan Apa Itu Penyedap Rasa?

Jika kita mengulas kembali mengenai apa perbedaan antara penyedap rasa dengan vetsin, yakni vetsin adalah berfungsi untuk memperkuat rasa pada makanan. Sedangkan penyedap rasa yang biasa diambil dari kaldu ayam ataupun kaldu sapi berfungsi untuk menambah cita rasa makanan.

Saat ini banyak sekali produsen yang memproduksi penyedap rasa dengan harga yang terjangkau dan membuat semua orang sulit untuk tidak menggunakan vetsin maupun penyedap rasa. Namun karena vetsin berbahaya untuk kesehatan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, orang akan berpikir dua kali untuk menggunakannya.


Apakah Vetsin Berbahaya?

Studi kasus menyatakan bahwa batas takaran manusia mengkonsumsi penyedap rasa yang mengandung msg (monosodium glutamate) adalah sebesar 2 hingga 3 gram. Dan jika Anda berlebihan dalam mengkonsumsi msg tersebut, maka biasanya akan muncul gejala ringan seperti pusing pada kepala, keleyengan, pegal leher dsb.

Namun untuk kasus orang yang memiliki riwayat penyakit jantung ataupun asma, maka akan mengakibatkan jantung berdebar dan sesak napas yang berlebihan, bahkan bisa saja terjadi kanker.

Intinya vetsin akan berbahaya jika pemakaiannya melebihin batas yang dianjurkan. Karena ketika kadar msg yang sudah dimakan sebesar 4 gram saja, akan mengakibatkan pusing dan sakit kepala seperti keleyengan.

Hal tersebut tidak berlaku untuk semua orang. Hanya berlaku bagi sebagian masyarakat yang alergi, dan itu semua tergantung dari imun dan metabolisme tubuh.


Mengapa jika Mengkonsumsi MSG dengan Takaran Berlebih akan Membuat Sakit Kepala ?

Vetsin atau penyedap rasa yang mengandung msg (monosodium glutamate) mengandung asam glutamate. Jika msg dikonsumsi secara berlebihan asam glutamate akan menjalar masuk ke otak dan membuat penyempitan pada pembuluh darah otak.

Ketika pembuluh darah otak  menyempit, sakit kepala dan keleyengan akan terasa. Dan hal tersebut tentunya menyakitkan bagi Anda tentunya.

Alangkah lebih baik untuk semua orangtua yang sudah mengetahui bahwa vetsin sedikit memberikan dampak negative pada orang dewasa ataupun anak-anak. Biasakan untuk memasak tanpa menggunakan vetsin.

Karena dampak negative jika anak-anak mengkonsumsi penyedap rasa ataupun vetsin secara berlebihan akan mempengaruhi pada pertumbuhan anak, yakni asam glutamate akan membuat kalsium tidak dapat diserap oleh tubuh.

Untuk menambah kegurihan pada masakan, penggunaan vetsin dapat diganti menggunakan gula putih.

Karena kesesuaian takaran antara garam dengan gula putih akan menghasilkan rasa yang mendekati rasa masakan menggunakan vetsin/ penyedap rasa.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Jadi alangkah lebih baik teruslah kita hindari sesuatu yang kurang baik untuk kesehatan kita maupun anak-anak kita.


Artikel Terkait :
  1. 15 Tips Jitu agar Terhindar Dari Bau Badan yang Menyengat
  2. Kapan Saat yang Tepat untuk Mengunjungi Dokter Alergi Anak?
  3. Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya
  4. Tips Mencegah Gigi Sensitif dan Ngilu Berkepanjangan - New !!
  5. Tips Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami
  6. Tips dan Cara Mengkonsumsi Pil KB untuk Mencegah Kehamilan


10 komentar:

  1. Berlebihan juga tidak baik yah ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mas.. jadi pemakaian vetsin ataupun peneydap lebih baik sewajarnya saja..

      Hapus
  2. Sesuatu klo berlebihan ga bagus ya sist, kalo aku sejak smp udah ngebaso tanpa vetsin tapi ya ga bisa hindari juga, dibatasi aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbak bener sekali.. dibatasi saja karena menghilangkan hal tersebut agak sulit.. jadi sedikit2 dlu sj ya mbak..
      Terimakasih sudah mampir mbak sandra

      Hapus
  3. wah jadi musti berhati hati ya...neng saat nyantap menu menu yang rasanya mungkin berlebihan ya barang kali kebanyakan Vetsin, tapi kalau masakan yg bikin neng vika pasti kadar vetsinya pas ya neng

    BalasHapus
  4. Memang segala sesuatu yang berlebihan tidak hanya vetsin saja pastinya akan memiliki dampak negatif.

    BalasHapus
  5. Hi ... serem banget. Besok-besok bakal ane larang tuh istri ane pake vetsin

    BalasHapus
  6. Saya sudah lama masak tanpa vetsin, rasanya emang agak hambar dibandingkan masakan yang pakai vetsin. Tapi, lama-lama biasa dengan rasanya, malah merasa gak nyaman dengan masakan bervetsin hehehe.

    BalasHapus
  7. sebenernya pengen untuk bisa bener2 lepas dari vetsin... tp krn si mba ART ku ga terlalu jago juga masaknya, sepertinya blm bisa kalo harus lepas 100% mba.. dulu mamaku yg kalo masak ga pake vetsin... tp mama mah memang jago, masakannya ttp enak walo ga bervetsin ..

    BalasHapus
  8. untung saya terbiasa tidak memakai penyedap rasa, kalopun pakai cuma sedikit

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..