Mobil Manual atau Matic, Manakah yang Paling Irit Bensin? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 04 Oktober 2017

Mobil Manual atau Matic, Manakah yang Paling Irit Bensin?




Ada beberapa orang yang kebingungan memilih mobil yang terbaik dari segi irit tidaknya pemakaian bensin. Tidak dapat dipungkiri bahwa bensin merupakan makanan sehari-hari yang digunakan agar mobil dapat melaju dan kita dapat pergi menggunakan mobil kemanapun yang ingin Anda tuju.

Namun tahukah Anda? Bahwa pemilihan transmisi mobil mempengaruhi pada kas dan keuangan bulanan Anda? Saya akan memberikan penjelasannya disini.
***

Mobil Manual

Mobil manual dirancang dengan menggunakan kopling dan gigi disertai dengan perpindahan kecepatan sesuai dengan jarak yang kita tempuh. Biasanya gigi satu digunakan ketika mobil melaju dengan kecepatan awal, gigi dua dan seterusnya digunakan ketika mobil dalam keadaan melaju dengan kecepatan yang lumayan tinggi.

Mobil manual akan melakukan pembakaran yang sempurna sehingga kecil kemungkinan mampu menghabiskan bensin dalam jumlah yang banyak. Dan itu artinya, penggunaan mobil manual tentunya jauh lebih irit dibandingkan dengan penggunaan mobil automatic atau matic.

Mobil Matic

Mobil matic atau mobil automatic karena menggunakan transmisi matic yang terdiri dari gas dan rem saja, secara otomatis membuat kinerja mesin menjadi lebih kompleks dan mengharuskan mesin melakukan pembakaran secara terus-menerus sehingga kemungkinan bahan bakar bensin akan lebih cepat habis dibandingkan dengan transmisi manual.

Biasanya 1 liter bensin untuk yang menggunakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) mampu menempuh jarak 20 km. Yang artinya, 1 liter bensin dengan oktan 94 dapat menempuh jarak 20 km.

Selain itu, penggunaaan mobil matic yang mengharuskan mesin bekerja secara totalitas dan kompleks, maka penggunaan 1 liter bensin akan sulit menempuh jarak hingga 20 km.

Kesimpulan

Jika Anda merasa kas keuangan bulanan Anda harus di push dengan pengeluaran bensin yang sesuai dan tidak overload, saran saya gunakan kendaraan manual. Karena selain mesin dan partnya akan lebih awet, Anda dapat mempush budget untuk pengeluaran bensin per bulannya.

Akan tetapi jika Anda memilih kenyamanan dalam berkendara dan juga ingin menikmati berkendara tanpa kopling (tanpa harus pegal kaki menginjak kopling), Anda akan cocok menggunakan mobil matic dengan biaya bensin yang sedikit menguras kantong Anda.
Semua pilihan tergantung dari kemampuan Anda tentunya. Jika Anda ingin menggunakan mobil manual, selain irit bensin juga resiko kecelakaan lebih minim jika melewati tanjakan yang curam.

Namun jika Anda menggunakan mobil matic, Anda akan merasa sangat nyaman dengan harga bensin yang sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan. Jadi kembali lagi sesuai dengan pilihan dan kemampuan Anda berkendara. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait :

4 komentar:

  1. Iya yang irit ya yang manual :D

    BalasHapus
  2. Woww baru tahu bedanyaa thx sista

    BalasHapus
  3. saya pakai motor matic, tapi lebih suka mobil manual.. tapi matic enak banget sih kalo macet T.T

    BalasHapus
  4. hemm, manual aja deh, enak. coz semua badan bergerak. tangan kiri dan kanan, juga kaki. jadi nggak diem aja. masalah bahan bakar, masih menang hemat manual :D

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..