Perbedaan Antara Waze dengan Google Maps, Manakah yang Lebih Baik? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 06 Oktober 2017

Perbedaan Antara Waze dengan Google Maps, Manakah yang Lebih Baik?



Haloo good people, siapa sih disini yang sering menggunakan aplikasi untuk perjalanan jarak jauh? Hmm.. sepertinya semakin berkembangnya teknologi jaman sekarang mempermudah Anda untuk dapat mengetahui rute yang belum pernah Anda lewati.

Yap, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang membantu kita untuk menemukan tempat yang Anda tuju, misalkan Google Maps. Namun, ada beberapa aplikasi lain yang tidak kalah hebatnya jika dibandingkan dengan Google Maps, sebut saja Waze. Apa sih aplikasi waze itu?

Mungkin untuk sebagian orang sudah mengetahui apa itu aplikasi Waze yang dapat membantu Anda mengetahui traffic secara real time dan sangat akurat. Namun tahukah Anda? Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi ini. Saya akan jelaskan dibawah ini.

1. Aplikasi Google Maps

Aplikasi Google Maps ini merupakan aplikasi ciptaan dari Google. Aplikasi ini dapat Anda buka tanpa harus masuk ke aplikasi. Anda bisa mengakses fitur google maps via chrome, browser, mozila firefox, bahkan di safari (untuk pengguna IPhone).

Aplikasi Google Maps akan memberikan data akumulasi jarak dan waktu yang dibutuhkan jika Anda ingin pergi dari tempat A menuju tempat B. Berbeda dengan Waze yang Anda akan menemukan data yang lebih real time dan jarak yang ia dapatkan hanya dari tempat Anda berada ke tempat yang Anda tuju.

Contoh Kasus

Anda berada di Serpong untuk saat ini. Dan Anda ingin mengetahui jarak antara Ikea dan Bogor. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung masukan tempat tujuan (disini Ikea) kemudian klik penunjuk arah pada maps. Dan Anda dapat mengisikan alamat atau titik awal tempat yang Anda tuju. Saya coba masukan Permata Bogor Residence. Dan hasilnya sebagai berikut :


Dari hasil google maps akan diberikan beberapa opsi, seperti jika Anda ingin ke Ikea melalui tol jagorawi, Anda memerlukan waktu sekitar 1 jam 36 menit. Dan jika Anda ingin ke Ikea melalui jalan tol jagorawi  dan jalan pantura, memerlukan waktu yang lebih lama, yakni 1 jam 41 menit.

Dan jika Anda ingin ke Ikea melalui jalan biasa Jakarta - Bogor, memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 50 menit dengan jarak 49.1 km.

Jadi, walaupun Anda tidak berada di titik awal keberangkatan, Anda sudah bisa mengestimasi kemungkinan waktu yang diperlukan untuk ke tempat tujuan. Dan berbeda hasilnya jika menggunakan Waze.

Menggunakan Waze tidak dapat memberikan estimasi waktu, karena titik awal dari Waze harus sesuai dengan tempat dan lokasi Anda saat ini (real time).

2. Aplikasi Waze

 

Saya tahu aplikasi waze ini di awal tahun 2014. Dan google maps sudah ada sebelum aplikasi waze diluncurkan. Aplikasi waze ini merupakan aplikasi yang sangat real time dan sangat kompleks, karena berisi banyak pemberitahuan seperti kemacetan, ada mobil yang bertabrakan pada km 90, bahkan estimasi kemacetan pun akan terlihat. Dan waze dengan pintarnya akan memberikan opsi alternatif jalan jika jalan yang Anda lalui mengalami kemacetan yang begitu parah.

Namun, namanya juga aplikasi, sistem ini pasti ada saja kekurangannya. Kekurangannya adalah waze tidak dapat mengetahui antara jalan besar dengan jalan kecil, dan akhirnya saya beberapa kali terperangkap di jalan yang salah.

Di waze tertera pada pertigaan kita harus belok kekanan. Dan nyatanya, belokan kanan tersebut hanya masuk jalan motor saja. Dan akhirnya saya kebingungan di jalan dan melanjutkan perjalanan tanpa mengikuti aplikasi ini. Atau meneruskan perjalanan yang pasti walaupun waze menunjukan jalan kecil yang hanya bisa masuk motor saja.

Kekurangan lainnya adalah, terkadang waze tidak mengetahui apakah jalan ini sudah dibangun atau masi berupa jalan. Pernah saya ketika ada urusan yang mengharuskan saya untuk pergi ke daerah alam sutera, nyatanya jalan tersebut buntu, karena sudah dibangun gedung perkantoran baru, dan akhirnya saya mau tidak mau harus berjalan mundur dan mencari jalan lain. Dan akhirnya saya harus telat sampai tujuan.

Kesimpulan

Dari beberapa kesimpulan yang saya paparkan diatas, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari dua aplikasi ini, adalah sebagai berikut :

Kelebihan Google Maps

  • Dapat dibuka di berbagai platform seperti browser, chrome, mozila, safari dan laptop
  • Dapat diakses tanpa harus mengaktifkan mode location
  • Tidak harus dibuka menggunakan aplikasi Google Maps
  • Dapat memberikan waktu perkiraan jarak tempuh antara satu kota dengan kota lainnya tanpa harus kita ada di tempat tersebut

Kekurangan Google Maps

  • Untuk perkiraan jarak, tidak seakurat Waze
  • Tidak sekomplit Waze yang dapat memberikan data kemacetan, tabrakan, adanya polisi, dan yang lainnya


Kelebihan Waze

  • Waze memberikan data yang sangat akurat dan realtime
  • Memiliki banyak data-data seperti adanya polisi, tabrakan, kemacetan, kemungkinan perubahan jalan yang dapat memberikan estimasi jalan tercepat

Kekurangan Waze

  • Cukup menghabiskan baterai handphone Anda, karena mode location harus ON ketika menggunakan aplikasi Waze
  • Terkadang karena banyak jalan-jalan alternatif yang selalu update, perkiraan waktu dapat berubah sewaktu-waktu
  • Terkadang jalan yang diberikan oleh Waze merupakan jalan untuk motor, padahal user menggunakan kendaraan roda empat
  • Terkadang Waze tidak update, seperti mengarahkan jalan yang sudah dibangun menjadi gedung. Dan akhirnya mencari jalan lain yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar
  • Waze hanya dapat memberikan jalan dan opsi waktu yang dibutuhkan pada titik tempat tinggal Anda. 

Semua aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dan saya pun menggunakan kedua aplikasi tersebut ketika membutuhkan. Jika saya sedang di Serpong dan ingin tahu bahwa minggu depan saya harus berangkat dari Bandung menuju Jakarta, saya akan menggunakan Google Maps.

Namun, jika saya sudah di Bandung dan ingin melakukan perjalanan ke Jakarta, saya akan persiapkan baterai 100% charged dan saya gunakan Waze untuk memberikan petunjuk arah ke Jakarta. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :
  1. Apa Perbedaan antara TLO dan All Risk, Manakah Asuransi yang Menguntungkan untuk Anda?
  2. Bagaimana Solusi Jika Mobil Anda yang Terparkir Rapi Tertabrak oleh Kendaraan Lain?
  3. Cara Memasang dan Modifikasi Tutup Velg Mobil dengan Mudah dan Cepat
  4. Mobil Manual atau Matic, Manakah yang Paling Irit Bensin? - New !!
  5. Tips Memperkuat Dop Kaleng Mobil Agar Tidak Copot di Jalan
  6. Tips Tutorial Belajar Mengemudi Mobil dengan Baik dan Cepat


10 komentar:

  1. Wah saya baru tahu ternyata ada yang seperti google maps ya,
    Tapi masing" mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri ya

    BalasHapus
  2. Saya juga mengandalkan Waze kalau jalan mbak.
    Tapi kalau cuma melihat jarak atau lokasi pakai Google Maps :D

    BalasHapus
  3. Berarti harus punya keduanya ya cin

    BalasHapus
  4. kalo saya lebih suka waze, kecerdasan buatannya sangat handal...
    mantap ulasannya mbak...

    BalasHapus
  5. hahahaha bener banget.. waze itu suka kasih jalan yg ternyata jalan motor, trutama di kota2 lain selain jakarta.. kalo jkt sih dia lumayan akurat mba.. tp pernah aku pake di medan, aceh dan kerawang, aduuuh ancur bgt petunjuknya ;p

    BalasHapus
  6. Yang saya tau hanya google maps dan aplikasi ini cukup bisa diandalkan jika saya ingin ke suatu tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Arahan yang diberikan oleh google maps cukup baik menurut saya :D

    Andai saja ada aplikasi maps yang bisa bekerja tanpa harus online internet hahaha :))

    BalasHapus
  7. Belum pernah pake waze mbak, kata temen-temen sih bagus :)
    Overall masih betah pake Google Maps :D

    BalasHapus
  8. kalo saya cuma pernah pake Google Maps, dan cukup membantu walaupun tidak akurat ya.. Ada tanda macet (warna merah) juga kok, dan juga cukup membantu apalagi ada offline map

    tapi emang belum pernah coba waze sih. hahaha

    BalasHapus
  9. Aku percaya kedua aplikasi diatas, seperti google mapz dan waze, ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

    Tapi aku akui waze memang cukup memberikan data yang sangat akurat, terbukti waktu aku dan sahabatku dari Jogja ke Jember menggunakan waze, akurat banget.

    Tapi ya, itu, satu hal yang pasti, baterainya cepat habis, makannya waktu itu tetap terus colok tuh kalau drop..he

    BalasHapus
  10. Kalo aku sih udah cukup pakai Google Map :) Thanks for share ya, salam kenal!

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..