Test Torch Untuk Ibu Hamil, Apakah Wajib Dilakukan atau Tidak? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 14 Maret 2018

Test Torch Untuk Ibu Hamil, Apakah Wajib Dilakukan atau Tidak?

Test Torch Untuk Ibu Hamil, Apakah Wajib Dilakukan atau Tidak?

Di awal tahun 2018 ini, banyak dari teman-teman ataupun saudara yang diberikan anugerah seorang anak yang sedang diidam-idamkan. Sebagai seorang ibu hamil, tentunya harus dapat menjaga kesehatan tubuh, mulai dari makanan yang sehat dan bergizi, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak mengkonsumsi makanan yang masih mentah, bahkan jangan terlalu capek jika Anda sedang bekerja.

Masih banyak lagi pantangan dan kewajiban seorang ibu hamil yang harus dilakukan. Pengecekan kehamilan secara rutin setiap bulan adalah salah satu cara untuk mengetahui perkembangan dari janin Anda.

Jadi, jika ada indikasi kelainan atau tumbuh kembang yang tidak normal, dapat diobati dan dihindari dari sejak dini. Ada beberapa dari dokter yang menyarankan pada trimester awal kehamilan (umur 1 bulan hingga 3 bulan kandungan) untuk memeriksakan kehamilannya dengan cara usg dan juga test laboratorium.

Seperti halnya beberapa dokter, ada dokter yang menyarankan seorang ibu hamil untuk melakukan tes torch. Apa sih yang dimaksud dengan test torch? Dan apakah wajib test torch tersebut dilakukan oleh ibu hamil atau tidak?

Pengertian Test Tosch

Test torch merupakan salah satu test darah yang dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh seorang ibu hamil terinfeksi virus atau tidak. Pada test torch, ada 4 virus yang akan diuji, yakni virus toxoplasma, virus rubella, virus CMV dan virus HSV (herpes).

Keempat jenis virus ini diklaim sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan seorang ibu hamil. Jadi, jika ibu hamil tersebut sudah melakukan test tosch dan ada salah satu yang positif atau bahkan semuanya positif, maka bisa dibilang virus tersebut akan menular ke janin yang ada di kandungan.

Efek dari virus tersebut, selain bisa terjadi keguguran, bisa juga janin tersebut mengalami kelainan bahkan bisa saja cacat bawaan lahir (naudzubillahimindzalik).

Banyak dari sebagian orang yang terkena virus ini mengaku tidak memiliki gejala sama sekali seperti halnya ibu hamil lainnya. Namun, test torch ini perlu dilakukan untuk mencegah dan mengobati ibu hamil sedini mungkin agar virus tersebut tidak menular pada janin tersebut.

Dengan demikian, jika penanganannya sesuai dan cepat, maka penularan virus pada janin bisa dihindari dan bayi akan tetap sehat walafiat hingga lahir nanti.

Namun, ada beberapa ibu hamil yang sudah terkena infeksi ini, maka biasanya dokter akan memberikan obat secara berkala yang harus terus diminum dan tidak boleh jeda.

Harga Test Torch

Test Torch Untuk Ibu Hamil, Apakah Wajib Dilakukan atau Tidak?

Untuk harga test torch sendiri, jika Anda pergi ke laboratorium kesehatan pemerintah tentunya akan memberikan biaya yang cukup murah dan juga tidak terlalu menguras kantong Anda. Harganya akan sesuai dengan peraturan daerah dan tidak akan memberatkan seorang ibu hamil.

Harga untuk test torchnya berkisar di 1 juta rupiah untuk test torch yang mencakup 4 virus yang akan dicek (virus toxoplasma, rubella, CMV, dan herpes).

Namun, jika Anda mencoba melakukan test torch selain di labkesda, biasanya harga yang ditawarkan dari mulai 2 juta hingga 2,5 juta rupiah, tergantung apa saja yang akan Anda cek.

Jadi, Test Torch Wajib Dilakukan atau Tidak?

Menurut saya, alangkah lebih baik kita lakukan test torch di awal kehamilan trimester pertama, bahkan jika bisa, sebelum melakukan program kehamilan, Anda sudah melakukan test torch terlebih dahulu. Yang bertujuan agar calon bayi dalam kandungan Anda sehat dan tidak kekurangan suatu apapun.

Lebih baik mengeluarkan sedikit biaya untuk kesehatan janin Anda, dibandingkan merasa was-was akan kehamilan. Namun, jika Anda merasa sehat, tentunya tidak melakukan test torch pun tidak masalah.

Dan yang terpenting, selalu berdoa kepada Allah agar diberikan kesehatan pada calon bayi dan juga ibu dari bayi yang sedang mengandung. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang hamil dan ingin mengetahui kesehatan janinnya.

Artikel Terkait :


19 komentar:

  1. Setuju mba kalo untuk kebaikan sang ibu hamil dan sibuah hati walau sedikit mahal tapi gapapa harus di lakuin :D

    BalasHapus
  2. saya baru denger nih Test torch, saya pelajari juga buat entar klo udah punya istri yg lg hamil

    BalasHapus
  3. Kehamilan adalah berkah terindah bagi pasangan suami isteri. Sudah semestinya kesehatan sang Ibu untuk selalu dijaga. By the way itu tes torch bisa tercover BPJS atau enggak ya? Hehehe...biasanya yang begituan memang harus bayar. Kasihan buat mereka-mereka yang kurang mampu. Salam Olahraga!

    BalasHapus
  4. Test Darah ini sepertinya penting untuk dilakukan yach Mbak, agar bisa mengantisipasi kemungkinan buruk, soal biayanya mahal urusan suami. :)

    BalasHapus
  5. Info bagus nih buat nanti kalo sedang hamil ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  6. Kalau dari pembaca artikel ini, tes torch itu perlu. Nah masalahnya itu, isi dompet mampu kagak. Wah jadi ibu itu sungguh sulitnya. Bisa menjadi pengalaman saya saat nanti nikah nih.

    BalasHapus
  7. Khawatir pasti ada ya beb tapi semoga setiap bumil dan baby selalu sehat dan kuat, jangan lupa bahagia๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  8. pas hamil pertama akus suruh test torch tahun 2013-an sih aku ga sampe 1 juta mba cuman emang mahil 750-850rb gitu yah lupa hahaha..skrg cuman tes darah aja 300rb apalagi torch ya mba sampe jutaan gitu

    BalasHapus
  9. Cukup mahal juga ya mbak ternyata...
    Makasih mbak infonya, info penting nih buat si nyonya besar :)

    BalasHapus
  10. kalau menurut saya selama USG bagus, maka bagi saya itu hukumnya sunnah namun jika ada gejala2 yang janggal, maka pemeriksaan darah itu penting untuk ibu hamil sekaligus anak yang ada di dalam kandungannya

    BalasHapus
  11. Baru tau deh soal ini
    Nanti suatu hari kalau udah beristri harus dingetin buat ikut tes torch juga hehehehhe

    #TapiMasihLamaBangetKayaknya

    BalasHapus
  12. alangkah lebih baiknya bila dilakukan test ini bu untuk kesehatan yang lebih baik bagi bumil

    BalasHapus
  13. width="480">
    Makhsudnya apaan itu teh..?

    Ada yang salah dengan upload gambar kali teh..

    BalasHapus
  14. Heeem... Setelah baca Artikelnya, jadi pengin nambah anak lagi, nih...

    Tapi sudahlah cukup 2 aja laki satu cewek 1

    BalasHapus
  15. Benar mba..menurut sy pun sangat perlu test torch..krn pengalaman pribadi dlm tubuh sy terinfeksi virus ini sehingga dalam kehamilan sy sll diberi obat utk virus tsb yang harganya tidak murah, sy juga pernah mengalami 2x keguguran dan 1x bayi lahir meninggal..sehat itu mahal, lbh baik mencegah daripada mengobati.

    BalasHapus
  16. Aku baru pernah denger test torch untuk ibu hamil nih, kudet bgt ya.. Hhh

    BalasHapus
  17. Wah kalau menurut saya sepertinya test ini penting yaa. Btw, aku juga belum test ini, sepertinya harus disegerakan deh.

    BalasHapus
  18. Aku baru denger nih test torch.
    Sehat2 terus ya bumil cantik dan debay jugaa

    BalasHapus
  19. Aku jujurnya selama hamil yg dulu2 ga pernah tes torch. Alhamdulillah sih sehat. Tp ini memang ptg kok sbnrnya. Mnding ttp dilakuin drpd kenapa2. Sayanngnya aku udh ga pengen punya anak :p. Jd ga kepikiran lg utk tes begini :)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..