Tips dan Cara Membuat Pisang Molen Mini Renyah dan Krenyes Krenyes, Cukup 15 Ribu Aja! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 18 April 2018

Tips dan Cara Membuat Pisang Molen Mini Renyah dan Krenyes Krenyes, Cukup 15 Ribu Aja!

Tips dan Cara Membuat Pisang Molen Mini Renyah dan Krenyes Krenyes, Cukup 15 Ribu Aja!

Assalamualaikum sahabat ratutips semua, jika kemarin saya menulis tips dan resep tentang bagaimana cara membuat martabak peanut skippy yang mudah dan lezat, kali ini saya akan membagikan cara membuat pisang molen yang biasa orang-orang sukai.

Bandung merupakan salah satu surganya kuliner semua makanan. Saya tidak munafik bahwa selama ini makanan di Bandung sangat enak dan saya sangat rindu Bandung dengan segala macam makanan, baik itu restorannya, maupun makanan kaki limaan.

Masih ingat sekali ketika masih di Bandung, jika saya kelaparan sepulang ngantor, saya pasti menyempatkan diri pulang untuk membawa pisang molen mini yang mempunyai berbagai macam rasa (rasa coklat, keju, pisang, tape, nanas) kesukaan orangtua dan adik saya.

Namun, hal itu sudah tidak terjadi semenjak saya pindah di BSD. Rasa-rasanya menemukan makanan seperti di Bandung sangatlah langka bagi saya, terlebih saat ini saya sedang hamil dan pastinya ingin makan ini dan itu.

Dengan demikian, berputarlah otak bagaimana caranya ingin ngemil pisang molen mini yang renyah (dulu harganya 500-1000 an per satuannya). Sedangkan disini hanya ada toko buah saja yang menjual pisang nangka. Apa saya bikin sendiri aja ya? Sahut saya dalam hati. Akhirnya browsing sana sini dan menanyakan pada Ibu yang di Bandung cara membuatnya. Dan ternyata sangat mudah dan semua bahannya sudah tersedia di kulkas!

Yasudah, tidak perlu berlama-lama, mari kita membuat cemilan yang renyah dan lezat ini dengan bahan yang sederhana dan tentunya tidak menguras banyak uang Anda lho. Check it out !

Bahan Bahan 

  • 250 gram tepung terigu (saya pakai cakra kembar, namun bisa memakai terigu apapun)
  • 5 sdm gula halus (jika ingin lebih manis, bisa ditambahkan sesuai selera)
  • 3 sdm mentega yang sudah dilelehkan
  • 1 sdm tepung maizena
  • Secukupnya air es

Catatan : Bisa ditambahkan sedikit baking powder

Isian

3 buah pisang nangka yang tidak terlalu matang, atau bisa diganti menggunakan pisang dan keju, atau diisi nanas dengan potongan cukup kecil 1,5 cm, atau menggunakan tape, atau pisang dan meses

Cara Membuat

1. Siapkan wadah yang cukup besar, kemudian masukan tepung terigu, gula halus, tepung maizena.

2. Kemudian campurkan hingga rata menggunakan spatula

3. Lalu masukan mentega cair kedalam wadah, aduk rata. Setelah itu masukan air es sedikit demi sedikit hingga adonan benar-benar kalis dan pas. (biasanya air es kira-kira 50 ml sd 150 ml tergantung adonan atau 5 sdm air es sd 10 sdm air es)

4. Tunggu beberapa saat, kemudian siapkan talenan yang sudah dialasi oleh plastik, siapkan botol untuk menipiskan adonan. Kemudian buat memanjang adonan per tiap isian hingga menjadi 18 molen mini.

Catatan : Buatlah adonan setipis mungkin agar rasanya lebih enak.

5. Panaskan minyak bersih dalam wajan yang besar, tunggu hingga minyak panas. Posisi api harus dalam keadaan sedang. Masukan molen mini satu persatu hingga berwarna kuning atau coklat keemasan. Angkat dan sajikan untuk keluarga kecil Anda.

Saya sempat ragu ketika membuat adonan molen ini, karena tidak menggunakan telor sama sekali. Namun alhamdulilah pisang molen mini ini sangat renyah dan juga krenyes-krenyes lho! Bisa Anda hidangkan untuk anak dan juga keluarga.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu mahal, terigu 250 gram kisaran 3000 rupiah, lalu ditambah lagi tepung maizena hanya 1 sdm (hitung saja 1000 rupiah), gula halus 5 sdm (hitung saja 2000 rupiah), mentega 3 sdm (hitung saja 1000 rupiah), dan minyak 3000 rupiah, serta pisang nangka 1 sisir kisaran 5000 rupiah (padahal hanya digunakan 3 buah pisang nangka saja).

Menurut saya membuat pisang molen mini yang renyah dan krenyes-krenyes lebih baik membuat sendiri, karena Anda langsung bisa makan panas-panas ketika habis digoreng.

Berbeda dengan jika Anda membeli dan molennya tidak bisa Anda nikmati ketika panas (biasanya sudah dingin dan jarang dimasak dadakan). Rekomendasi saya, cobalah isian molen menggunakan nanas (enak bingits), atau coklat meses dan keju (enak bangattts).

Mungkin sekian tips dan resep saya kali ini, semoga bermanfaat dan Anda mampu membuat pisang molen mini yang renyah tanpa menguras waktu dan uang yang berlebihan! Selamat mencoba!

Artikel Terkait :

15 komentar:

  1. pengen coba! coba pisang molen buatan ratutips wkwk. btw tinggal di BSD ya? wah deket saya saya. salam kenal :D

    BalasHapus
  2. liat molen mini jadi inget waktu kerja jadi delivery dulu. temen ada yang suka bawa ini. rasanya macam-macam dan enak.

    btw. proses membuatnya berapa lama? soalnya proses membuat kulit molennya kayaknya makan waktu deh.

    BalasHapus
  3. Pisangnya milik si MINI atau ukurannya yang MINI Mbak ? :) coba letakan sendok makan dekat pisangnya Mbak, sehingga terlihat mini,....sekalian kirim cotohnya ke Alamat saya Mbak, biar saya bisa cobain, hahahahha..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga jangan lupa kirim sample molennya sepiring saja...gkgkgk

      Hapus
  4. Bumil razin banget ya 😇💋😊

    BalasHapus
  5. wah boleh dicoba juga ini biar bisa buat molen pisang sendiri dirumah

    BalasHapus
  6. murah aja bisa kenyang ngapain yang mahal :D

    BalasHapus
  7. wow cuma 15 ribu bisa bikin sendiri molen
    murah sekali ya
    renyah dan kriuk kriuk

    BalasHapus
  8. Wa'alaikumsalam..
    Kalau dirumah ibu saya sering bikin lho, Teh. Apalagi kalau dimakan disaat masih anget. Beuh jadi pengen dah :)
    Udah lama nggak makan pisang moleh nih..hehe

    Cukup detail dan lengkap sih, tapi kok saya belum berani bikin sendiri ya, takut nggak enak..wkwk
    Cobain punya teh Vika dulu aja ah, mana nih suguhnya.. *Eh :D

    BalasHapus
  9. Aku blm pernah bikin molen mom, padahal suka bgt makan molen dr kecil. Kalo aja penjual molen mini/ unyil itu aku suka bgt, pasti langsung beli, pengen bikin tp ga bisa hahaha

    BalasHapus
  10. Saya suka makan molen, tapi gak suka buatnya. HAHAHA. Team tinggal makan XD.

    BalasHapus
  11. WaH belum ngerasain molen yg isinya macem2 gini.. Dulu di aceh aku langganan penjual molen yg enaAak bgt. Kulitnya tipis garing, pisangnya maniiis kyk madu. Di jkt aku blm nemu yg seenak itu mba. Rata2 kulit molennya ketebelan -_-

    BalasHapus
  12. Saya suka molen kalo isinya pisang nangka, kalo selain itu kurang suka :D

    BalasHapus
  13. Dimakan pas lagi hangat enak benar ini. Tapi sakin lamanya gak makan molen mini, lupa kapan terakhir kpn makannya

    BalasHapus
  14. wah bisa gulung tikar penjual pisang molen kalau rahasianya diungkap disini sis he he, langsung praktek

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..