Cara dan Resep Membuat Pancake Gula Merah Sederhana untuk Sarapan Pagi Anda, Dijamin Enak! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 31 Januari 2018

Cara dan Resep Membuat Pancake Gula Merah Sederhana untuk Sarapan Pagi Anda, Dijamin Enak!



Mendengar nama pancake tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bahkan, beberapa restoran besar pun banyak menyajikan menu pancake untuk menjadi menu penutup bahkan menu sarapan pagi Anda. 

Pancake sendiri diambil dari bahasa Belanda yang artinya adalah kue dadar yang dibuat dari bahan bahan yang mudah Anda temukan seperti terigu, gula pasir, telur ayam dan juga susu. Bahan bahan tersebut kemudian dicampur hingga memiliki tekstur dan kekentalan yang sempurna sehingga menjadi adonan yang pas dan bisa Anda masak menggunakan teflon yang sudah diberi sendikit mentega.

Pancake yang asal katanya dari kue pannekoek ini sangat mudah Anda buat ketika Anda bingung untuk sarapan di pagi hari atau sekedar ngemil di sore hari. Daripada Anda membeli pancake yang harganya cukup menguras kantong Anda jika membeli di restoran mahal, mengapa tidak Anda buat saja di rumah dengan rasa yang tak kalah enak dengan pancake yang ada di beberapa cafe terkenal?

Membuat pancake menggunakan gula pasir sebagai bahan tambahannya mungkin sudah biasa di lidah Anda. Namun, bagaimana jika Anda mencoba membuat pancake gula merah sederhana yang tentu cukup mengenyangkan perut Anda dan memberikan energi yang baik ketika Anda kelaparan dan bingung dengan stok di kulkas yang sudah tidak ada makanan apapun?

Oleh karena itu, ratutips.com akan mencoba membuat pancake gula merah sederhana yang cukup enak dan bergizi dan juga murah tentunya, dan bahan bahannya adalah

Bahan-Bahan

  • Tepung terigu sebanyak 5sdm
  • Gula merah jawa sebanyak 1 buah (disarankan gula aren agar mendapatkan cita rasa yang lebih enak)
  • Air hangat secukupnya (bisa diganti menggunakan air susu hangat untuk gizi yang lebih baik)
  • Baking powder 1/2 sendok teh


Cara Membuat

1. Pertama-tama, masukan terigu kedalam wadah yang sudah Anda sediakan 

2. Gula merah aren potong potong dan iris sampai terasa cukup halus dan masukan bersamaan degan terigu.

3. Masukan air hangat atau air panas secukupnya hingga adonan terasa pas dan teksturnya sudah merata dan juga lembut.

4. Setelah adonan dirasa cukup sempurna, masukan baking powder dan aduk rata adonan dan tunggu beberapa saat (5 menit).

5. Panaskan teflon ukuran kecil yang sudah diolesi menggunakan mentega.


6. Masukan adonan menjadi 2 bagian hingga berbentuk bulat dengan api kecil sedang.

7. Note : Jika api terlalu panas, bagian bawah pancake akan gosong terlebih dahulu dan adonan tidak akan mempunyai bentuk yang baik.

8. Tunggu hingga keluar titik-titik pada permukaan pancake, jika sudah cukup mengering bagian atas, bisa Anda langsung balikan Adonan tersebut dan tunggu hingga matang keseluruhan kemudian angkat.

9. Setelah diangkat, lalu lakukan point 6 hingga 8 pada adonan selanjutnya dan pancake siap dihidangkan.

10. Pancake bisa ditata di piring putih, kemudian berikan topping selai coklat potongan keju, dan serbuk creamer untuk menambah cita rasa pancake gula merah. Atau topping sesuai dengan kesukaan Anda seperti madu, tambahan potongan buah segar dan lainnya. Dan pancake siap dihidangkan untuk orang tersayang.

Bagaimana cara membuat pancake gula merah sederhana, sangat mudah bukan? Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung untuk sarapan, karena apapun yang Anda punya dalam kulkas, bisa menjadi sesuatu yang istimewa jika Anda berkreasi dalam membuat hidangan.


Pancake gula merah ini bisa Anda tambahkan kuning telur untuk menambah gizinya. Dengan demikian, sarapan Anda akan lebih bergizi dan juga mengenyangkan. Tidak lupa juga bahwa gula merah merupakan gula alami yang cukup memiliki kandungan yang baik seperti fosfor, vitamin c, zat besi dan juga kalsium.

Dengan begitu, gula merah cukup memberikan gizi dan membuat tubuh lebih berenergi daripada sebelumnya. Tertarik untuk membuatnya? Semoga bermanfaat ya !

Artikel Terkait :

11 komentar:

  1. Kalo di telinga saya si baru denger mba nama makanan pancake ,hehe
    Btw tips nya wajib di coba nih buat ibu" yang pengin nyoba :D

    BalasHapus
  2. Beb kayaknya aku juga mau. Bikin pancake buat Gen tapi bahannya baby friendly kali ya makasih tipsnya

    BalasHapus
  3. Duh aduh mbak, siang2 baca beginian jadi lapar aku hahaha,
    aku pernah iseng2 bikin pancake tapi aneh gitu jadinya, mungkin karna ga pake baking powder kali ya, ya udh lain kali aku pake baking powder dan pake gula merah gula biar ciamik ky punya mba Vika hehhe, mksh bgt mbak resepnya.

    BalasHapus
  4. Pas banget nih mba baca resep ini, akupunya gula merah banyak banget..

    BalasHapus
  5. Duuuh pgn bgt nyicip mbak, bikin ah.. Nyonto resep ya mbak, hhh

    BalasHapus
  6. kece dah mbk vika... jago masak.. istri idaman ini mah..^^

    BalasHapus
  7. Kue Pancake sepertinya saingan berat telur dadar yach Mbak....

    BalasHapus
  8. Duh, pagi-pagi disuguhin buat sarapan nih, sama Teh Vika. Sepertinya menarik banget nih, jadi pengen. Penasarana kan rasanya..he

    Bahannya lengkap memang, tapi sepertinya belum bisa buat sendiri nih. Perlu adanya panduan sama yang ahli dulu..he

    BalasHapus
  9. Ga terlalu sulit ya bahan dan proses mengolahnya

    BalasHapus
  10. Iya, kayaknya gampang banget. Kapan-kapan bakal dicoba nih.. Terima kasih tipsnya :)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..