Tips dan Resep Membuat Swike Ayam, Rasanya Nano Nano Asam Pedas Lho! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Senin, 30 April 2018

Tips dan Resep Membuat Swike Ayam, Rasanya Nano Nano Asam Pedas Lho!

Resep dan Cara Membuat Swike Ayam, Rasanya Nano Nano Asam Pedas Lho!

Halo sahabat ratutips semuanya, mohon maaf baru update kembali artikel setelah 2 hari kemarin libur dan waktu berlibur dihabiskan untuk menonton film Avenger Infinity War yang sedang hits-hitsnya sampai saya aja kebagian duduk paling depan. Untuk review filmnya akan saya tulis besok yaaa, insya allah no spoiler.

Saat ini, banyak sekali makanan yang cukup aneh di lidah bahkan banyak juga resep yang sering dimodifikasi dan rasanya sangat enak. Sepertinya, masak ayam goreng atau ayam goreng mentega, bahkan ayam balado bikin eneg ini perut, terlebih ibu hamil biasanya sering merasakan gampang mual bahkan gampang bosan dengan beberapa makanan yang terlalu sering dibuat dan dimakan.

Pernah beberapa kali saya main ke rumah mama, dan dibuatkan oleh beliau salah satu makanan andalan yang menurut saya, saya pun belum bisa menandingi cita rasa yang begitu enak, yaa walaupun masih enak, tapi masakan mama saya paling enak menurut saya.

Dengan idenya dan kreatifitasnya, mama membuat masakan swike ayam. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan swike? Perasaan swike itu adalah makanan yang berasal dari Tionghoa yaa? Yang memakai paha kodok sebagai menu utamanya?

Seperti yang sering Anda dengar, swike adalah masakan yang berasal dari Tionghoa Indonesia, yang terbuat dari paha kodok dengan bumbu rahasia yang menjadikannya makanan yang sempurna. Tentu saja, saya pun tidak berani memakan paha kodok, yang ada udah jijik duluan alias udah eneg duluan.

Tapi menurut beberapa orang yang sudah pernah mencoba swike kodok, katanya rasanya ruar biasa enak. Bahkan mengalahkan rasa daging ayam. Hmm gak terbayang rasanya seperti apa. Yang jelas, yang saya makan saat ini 100% daging ayam ya! Dan rasanya enak lho! Seperti nano nano, ada asam asin manis dan pedasnya. Dan pastinya akan menambah nafsu makan Anda bersama keluarga ya!

Berikut ini bahan-bahan membuat swike ayam, sebagai berikut

Bahan Bahan Swike Ayam


  • 1 ekor ayam
  • 1/4 botol tauco atau 5-7 sendok tauco

Bumbu Halus


  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm ruas jahe
  • secukupnya garam

Bumbu Potong


  • Secukupnya seledri
  • Potongan jeruk nipis
  • Bawang goreng putih (7 siung)
  • Cabe rawit orange 10-15 buah

Cara Membuat

1. Potong ayam dengan potongan yang lumayan besar, kemudian cuci hingga bersih. Didihkan ayam yang sudah diberi geprekan jahe dan jeruk nipis agar tidak bau amis. Tunggu 10 menit dan matikan.

2. Potong-potong bawang goreng untuk dibuat bawnag goreng putih, kemudian potong-potong seledri, cabe rawit biarkan utuh, dan siapkan potongan jeruk nipis/lemon.

3. Uleg bumbu halus, yakni garam, bawang putih, dan jahe hingga halus.

4. Panaskan minyak, setelah panas masukan bumbu uleg hingga harum, setelah itu, masukan tauco. Masak hingga wangi, setelah wangi, masukan potongan ayam yang sudah dididihkan (airnya buang). Tunggu beberapa saat hingga bumbu meresap. Kemudian tambahkan 1 liter air atau secukupnya.

5. Pindahkan ayam dan kuahnya kedalam panci yang bersih, kemudian biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan cabe rawit utuh, dan juga bawang putih goreng kedalam panci.

6. Test rasa, tambahkan garam, penyedap rasa, gula. Jika dirasa sudah pas, matikan kompor dan swike ayam siap dihidangkan.

7. Siapkan mangkok, masukan potongan ayam beserta kuah dan cabe, didalam mangkok Anda beri perasan jeruk nipis dan taburan seledri untuk menambah  cita rasa swike ayam. Bila Anda penyuka pedas, bisa ditambahkan irisan cabe rawit agar rasanya semakin pedas dan asam.

Bagaimana cara membuatnya? Terlihat mudah, bukan? Jika menurut Anda resep ini cukup mudah dan menggiurkan, bisa Anda praktekan  lho di rumah untuk keluarga dan orang terkasih. Selamat mencoba ya! Semoga Anda menyukai resep membuat swike ayam ini!

Artikel Terkait :

7 komentar:

  1. Baru tahu beb swike, gampang ya nanti coba juga ah😍😉

    BalasHapus
  2. kelihatanya enak bgt ini ya, kebetulan saya juga blum pernah makan swike kodok, jd gak tau rasanya jyak gimana :D

    BalasHapus
  3. Kalau butuh bantuan untuk ngabisin Swike Ayamnya, segera hubungi saya yach Mbak, dijamin ludesss dan sekalian piring kotornya saya cuci, tapi sekalian dibungkusin juga untuk dibawa pulang. :)

    BalasHapus
  4. rasa tauco dari swike ini terasa banget
    aku dulu nyobanya bebek tapi
    klo kodok gak deh...

    BalasHapus
  5. Buat laper aja nih mba resepnya, hehe

    BalasHapus
  6. lezat dan nikmat swike ayamnya
    bahan-bahannya terbilang cukup simpel, dan yang jarang diketahui adalah keberadaan dari jahe ini
    Jahe ini membuat masakan tambah sedap rasanya

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah cobain daging kodok, tetanggaku suka banget masak daging kodok bahkan sampai sengaja pesan segala, aku jujur nggak sanggup makannya hehe
    menambahkan bawang putih goreng pada masakan memang lebih nikmat
    oh ya bahan dan bumbu Swike ayam mudah didapat buatnya juga terlihat simpel ingin mencoba membuatnya biar tahu rasa nano nano nya hehe
    terima kasih resepnya

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..