Resep Mudah Membuat Soto Daging Sapi Boyolali, Dijamin Seger dan Murmer! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 25 Mei 2018

Resep Mudah Membuat Soto Daging Sapi Boyolali, Dijamin Seger dan Murmer!

Tips dan Resep Membuat Soto Daging Sapi Boyolali Kuah Bening, Dijamin Seger dan Murmer!

Assalamualaikum sahabat ratutips.com semuanya, jika artikel kemarin saya membahas mengenai bagaimana cara memilih gamis batik modern untuk lebaran tahun ini, kali ini saya mau menulis resep mudah membuat salah satu soto yang paling saya sukai selain Soto Bandung.

Jika biasanya lidah ini makan soto khas Bandung yang terkenal kaldunya yang enak dan tidak bening, akhirnya ketika saat ini saya tinggal di Tangerang, rasanya saya belum pernah menemukan soto bandung disini.

Dan yang saya temukan hanyalah soto boyolali dengan harga yang sangat murah, yakni 10 ribu rupiah saja. Saya rasa mungkin Anda yang tinggal di BSD merasa harga segini termasuk murah, karena harga mie ayam saja biasanya dibanderol dengan harga 15 ribu hingga 18 ribu rupiah.

Akhirnya rasa penasaran mencoba soto boyolali sudah terpikirkan di benak saya. Yasudah saya cobalah makan soto sapi boyolali ini dan kuahnya yang bening dengan ada perasan jeruk nipis membuat soto ini sangat segar dan sangat nikmat!

Setelah tahu bahwa soto boyolali ini enak dan murah, akhirnya saya penasaran dan ingin mencoba membuatnya di rumah. Bertanyalah saya pada salah satu teman bagaimana cara membuatnya, dan akhirnya jadi juga saya membuat soto sapi boyolali kuah bening yang enak dan juga banyak gizinya.

Yasudah, tidak perlu berlama-lama, ini dia resep mudah membuat soto daging sapi boyolali kuah bening yang enak dan juga syeger!

Bahan-Bahan


  • 250 gram daging sapi, rebus dan tiriskan (airnya sisakan untuk kuah soto)
  • Bihun secukupnya, rebus dan tiriskan
  • Toge secukupnya, rebus dan sisihkan

Bumbu 


  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 1-2 daun jeruk
  • lengkuas 1 cm
  • 2 buah daun salam
  • secukupnya merica
  • secukupnya garam
  • secukupnya penyedap rasa
  • 1 cm jahe
  • 1 batang sereh yang sudah digeprek

Taburan Diatas


  • 7 sd 10 siung bawang putih, goreng hingga warnanya keemasan

Bahan Pelengkap


  • 1-2 buah jeruk lemon, potong-potong
  • 10-15 cabe rawit, uleg atau blender kemudian beri sedikit air dan garam

Cara Membuat

1. Pertama-tama, cuci daging sapi hingga airnya bersih, kemudian rebus pakai 2 liter air bersih, hingga empuk, kemudian sisakan air rebusan sapi sedikit untuk kuah soto nantinya (1 liter). Kemudian potong-potong kecil daging sapi dan tiriskan.

2. Panaskan air secukupnya kedalam panci, lalu masukan bihun kedalam panci yang berisi air panas/mendidih, jika dirasa cukup, langsung tiriskan agar tidak terlalu lembek.

3. Panaskan juga air bersih secukupnya, rebus toge hingga matang dan sisihkan.

4. Uleg 3 siung bawang putih, bawang merah dan merica hingga halus. Siapkan teflon kecil, masukan minyak secukupnya, masukan bumbu ulekan bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas geprek, jahe geprek, dan sereh yang sudah digeprek hingga harum wanginya.

5. Setelah dirasa bumbunya matang, masukan bumbu tersebut kedalam kuah sapi yang tadi sisa rebusan. Kemudian didihkan air rebusan sapi dan masukan potongan daging sapi kedalam kuah panci tersebut. Tambahkan garam dan penyedap rasa. Jika dirasa sudah pas, matikan kompor dan masukan taburan bawang putih goreng diatasnya atau bisa nanti ditaburkan di mangkok saji.

6. Siapkan mangkok atau piring, pertama-tama masukan nasi panas, kemudian taro diatasnya bihun secukupnya, lalu dilanjutkan dengan rebusan toge secukupnya, dan siram menggunakan kuah soto daging. Beri taburan bawang goreng putih diatasnya, dan peras jeruk nipis/lemon dan tambahkan cabe yang sudah diuleg. Dan nasi soto daging sapi boyolali kuah bening sudah dapat disajikan untuk menu berbuka puasa!

Tips dan Resep Membuat Soto Daging Sapi Boyolali Kuah Bening, Dijamin Seger dan Murmer!

Bagaimana cara membuatnya? Cukup mudah dan murah bukan? Jika Anda ingin membuat soto daging sapi boyolali kuah bening ini untuk dijadikan menu buka puasa, jangan lupa sebelumnya berbukalah dengan yang manis, karena ditakutkan asam pada jeruk nipisnya membuat lambung kaget.

Oiya, jika Anda tidak punya daging sapi sebagai bahan pelengkap soto, Anda bisa ganti dengan irisan daging ayam goreng dan tentunya rasanya pasti enak dan juga gurih!

Jadi, makan yang manis-manis terlebih dahulu, barulah makan nasi soto daging sapi boyolali kuah bening dengan porsi yang banyak sesuka hati Anda. Selamat mencoba ya! Semoga Anda menyukainya!

Artikel Terkait :


20 komentar:

  1. Saya sangat suka jenis masakan yang berkuah termasuk juga soto, hem masih punya daging di kulkas sudah direbus
    jadi ingin buat untuk menu buka puasa

    berbuka dengan yang manis biasanya saya dengan kurma dan manisan kolang kaling shalat mahgrib baru deh makan besarnya dimulai atau sepulang dari shalat tarawih hehe

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada soto Boyolali jadi laper banget deh bacanya hhaha

    BalasHapus
  3. Jeruk nipisnya itu loh yang bikin segar bangat. Ternyata ada soto Boyolali juga

    BalasHapus
  4. wahh cara bikinnya gak terlalu sulit juga ya..

    BalasHapus
  5. Mudah2an saya kuat imannya setelah membaca artikel diatas, tapi kalau butuh relawan untuk ngabisin menu diatas, silakan hubungi saya Mbak, heheheh . :)

    BalasHapus
  6. Cukup mudah juga resepnya dipraktekkan ya,kak Vika.
    Banyak orang bilang, rasa suatu masakan tergantung si tangan pemasaknya ...

    Nah,aku percaya kalo kak Vika yang masak soto ini pasti enak rasanya ...
    Kalo aku ?.
    Hahahaha ... mungkin cemplang rasanya 😅

    BalasHapus
  7. aku suka yang jeruk nipisnya banyak mbak. Karena rasanya lebih mak nyos ke lidahku. Daging sapi memang sangat cocok dijadikan olahan seperti soto ini ketimbang kambing

    BalasHapus
  8. waduh harus kuat ini supaya tidak ngiler bacanya di siang hari , wajib coba nih sis untuk buka sebentar mudah ya cara bikinnya

    BalasHapus
  9. Kebayang segernya berkat jahe ni mb vik, saya takijin catet resepnya dulu

    BalasHapus
  10. Selain soto daging sapi Boyolali ini Murmer (Murah Meriah) juga Seddip (Sedap Dipandang) ya teh Vika, hehee...

    BalasHapus
  11. wee..we...nyasar sampai ke Boyolali ya..?dah deket kampung saya nih Teh..

    Boyolali terkenal akan menu menu kulinernya yang khas. salah satu nya soto daging sapinya ya.?

    BalasHapus
  12. cincangan daging sapi dalam kuah yang di taburi bawang putih diatasnya selalu menggugah selera setiap soto ini di sajikan. pokoknya soto daging sapi ala Boyolali memang maknyuuuus

    BalasHapus
  13. Waah, aku juga asli dari Boyolali lho mba.. Ga nyangka soto Boyolali bisa sampai ke Tangerang juga wkk.. Tapi, disitu termasuk mahal kalau disini.. Harga soto 5K aja udah dapet banyak dan mi ayam rata2 6-10K hehe

    BalasHapus
  14. Tiap mudik ke Boyolali selalu mampir ke soto boyolali neh, emang juara enaknya ini soto :D
    Thanks infonya mbak, kuliatin resepnya ke ibu biar dimasakin kek gini hahaha

    BalasHapus
  15. oh soto boyolali bening ya mbak
    apa emang daereah situ rata2 bening, aku pernah makan soto klaten juga bening
    btw seger banget buat buka puasa pas ini

    BalasHapus
  16. Wah cocok banget buat menu buka ya mba

    BalasHapus
  17. Buat buka puasa sueger, dan kebetulan kemarin saya pake soto lho bukanya, Teh..hehe
    Tapi tetep masih penasaran sama soto Boyolali ini..he

    BalasHapus
  18. enaaaakkk nihhh, aplagi kalau dibikinin wkkw

    BalasHapus
  19. Boyolali dekat dengan kampung saya, ini kalau dikampung saya namanya soto kang min.

    BalasHapus
  20. Trimakasih atas tipsnya Mbak!
    Akan saya coba, soalnya saya paling suka dengan yang namanya soto.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..