Waspadalah ! Ciri-ciri Teman yang Baik dan Teman yang Pura-Pura Baik





Hai good people, mendengar tentang teman yang pura-pura baik membuat kita semakin ingin memperhatikan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Tentu saja, dengan banyaknya peristiwa yang sudah kita alami. Pahit manisnya kehidupan membuat kita sebisa mungkin dapat memastikan dan membedakan manakah teman yang benar-benar baik dan tulus, dan manakah teman yang hanya pura-pura baik.

Sebenarnya, membedakan antara keduanya tidak terlalu sulit. Namun ada beberapa tipe manusia yang terbiasa berperilaku manis di depan dan busuk di belakang. Hal itulah yang biasanya akan membuat kita mengalami hal yang tidak menyenangkan.

Apa saja sih ciri-ciri teman yang baik dan yang pura-pura baik? Berikut akan saya paparkan ciri-cirinya di bawah ini :

  • Teman yang baik akan terlihat dari gaya bicaranya, nada ketika ia berkata dan dari pembawaan dan bahasa tubuhnya. Teman yang tulus dan benar-benar baik akan terpancar aura tulus dan iklas, tidak terkesan dibuat-buat.
  • Teman yang baik dan tulus, akan membawa Anda menuju jalan yang lebih baik. Bukan pada jalan yang tidak baik. Contohnya jika Anda ingin mencoba mengambil sesuatu yang bukan milik Anda, kemudian teman Anda mengingatkan bahwa hal tersebut adalah kejahatan dan bukan milik Anda.
  • Teman yang baik dan tulus akan selalu memberikan pendapat yang cenderung sesuai dengan isi hati nurani kita, bukan sebaliknya.
  • Teman baik akan memberikan masukan yang baik, bukan masukan yang negatif.
  • Teman yang baik tidak mungkin pernah sekalipun mencemooh. Sekalipun hal itu terjadi hanya karena ingin bercanda, bukan bermaksud untuk merendahkan Anda atau mengejek Anda.
  • Teman yang baik akan mempengaruhi semua aktivitas Anda pada jalan yang benar, bukan jalan yang salah.
  • Teman yang baik dan tulus selalu ada ketika Anda membutuhkan sesuatu yang Anda pikir mungkin teman Anda tidak akan melakukannya untuk Anda.  Contohnya saja ketika kendaraan Anda mogok di jalan, beberapa dari teman Anda sudah Anda hubungi. Dari sekian banyak yang Anda hubungi namun hanya 1 teman Anda yang bersedia menolong dan datang untuk membantu Anda.
  • Teman yang baik adalah sesulit apapun keadaanya, ia tidak ingin meminjam ataupun menyusahkan temannya sendiri. Dan dia merasa malu jika meminta tolong pada teman baiknya.
  • Teman yang baik mempunyai rasa iba dan rasa tolong-menolong dengan temannya. Dan selalu berkata jujur.
  • Berbeda dengan yang pura-pura baik, walaupun dia menutupinya, tetap akan terlihat bahwa ia iri pada Anda.
  • Teman yang pura2 baik akan terlihat dari perilakunya karena ia berpikir Anda adalah saingannya, dan tidak ingin saling bahu membahu dalam kebaikan.
  • Teman yang pura-pura baik cenderung memberikan opsi pendapat yang tidak baik untuk Anda. Contohnya si A masih bimbang apakah mau melanjutkan kuliah atau tidak. Namun temannya malah memberikan opsi negatif, yakni bahwa si A tidak perlu kuliah karena akan pusing menghadapi pelajaran lagi dan berbagai alasan yang logis yang membuat si A tidak mau melanjutkan kuliahnya.
  • Teman yang pura-pura baik terlihat dari gaya bahasanya yang terkadang secara tidak sadar menyinggung Anda atau merendahkan Anda.
  • Teman yang pura-pura baik akan senang jika kita mendapatkan kesusahan dalam berbagai hal.
  • Teman yang pura-pura baik cenderung menyindir dengan bahasa yang halus, menghasut agar teman-teman Anda menjauhi Anda.
  • Teman yang tidak baik akan selalu merendahkan dan menjelekan kita pada oranglain, karena ia pikir Anda adalah saingan yang harus dikalahkan.
  • Teman yang tidak baik akan datang dan pergi sesuka hati hanya ketika butuh Anda saja. Contohnya jika dia sedang butuh uang, dia tidak sungkan meminjam uang pada Anda dalam jumlah besar. Karena teman yang baik akan merasa malu melakukan hal tersebut pada sahabatnya sendiri.
  • Teman yang baik akan membalas kebaikan Anda dengan kebaikan lagi, bukan dengan perkataan yang menyakiti hati Anda.
  • Teman yang baik akan menghargai dan saling menutupi kekurangan, bukan saling menjatuhkan di hadapan teman-temanmu agar Anda terlihat bodoh dihadapan mereka.

Kesimpulan

Dengan banyaknya ciri-ciri yang sudah saya paparkan diatas, setidaknya Anda cukup dapat belajar untuk memahami dan membedakan mana teman yang baik dan mana teman yang pura-pura baik.

Sebenarnya, Tuhan menciptakan manusia dengan feeling yang kuat untuk dapat membedakan mana teman yang sreg di hati dan yang tidak.

Tapi jangan salah yaaa good people. Dont judge people by the cover. Kembali lagi pelajarilah temanmu sebisa mungkin dan jangan sampai Anda salah menilainya.

Bisa saja yang berniat baik menjadi teman Anda, malah Anda acuhkan dan Anda malah mengejar teman yang hanya memanfaatkan Anda.

Jadilah pribadi yang cerdas untuk dapat bersosialisasi dengan teman yang baik. Karena segala tindakan Anda akan sedikit dipengaruhi oleh pendapat rekan Anda.

Jadi pilihlah teman yang benar-benar baik agar Anda tidak jatuh pada lubang yang sama. Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu untuk Anda. Salam hangat dan semoga bahagia.


Artikel Terkait :
Cara Mendidik Anak Agar Tumbuh Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Pekerja Keras
Apakah Anda Jiwa Pekerja ataukah Jiwa Pengusaha ?
Tips Mempush dan Menekan Budget Pernikahan
Tips Agar Brand Kita Dikenal Banyak Orang




Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Komentar untuk "Waspadalah ! Ciri-ciri Teman yang Baik dan Teman yang Pura-Pura Baik"

  1. Tfs sist semoga kita bisa menjadi sahabat duni akhirat yang saling mengingatkan dalam kebaikan, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya robbal alamin.. Insyaalh bisa saling mengingatkan satu dengan yang lainnya..

      Terimakasih mbak sandra

      Hapus
  2. Saya bersyukur selalu dberikan teman yang baik mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah.. Teman baik adalah salah satu rezeki dr Tuhan ya mbak..

      Hapus
  3. Bagaimana kalau waspada dengan teman-teman yang berpura-pura memberi komentar. Padahal gak ada koemntarnya. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe itu membuat bingung mas heheheee..
      Thanks sudah mampir :0

      Hapus
  4. banyak juga ciri cirinya,,, kudu baik-baik milih-milih temen,,, jangan baik didepan doang jelekin dibelakang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas irwin benar sekali harus milih-milih yang benar-benar baik ya mas..

      Semoga bermanfaat dan kita selalu didekatkan dengan orang-orang yang baik :)

      Hapus
  5. yg pasti teman baik tdk akan meninggalkan meski keadaan terpuruk sekalipun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul skali mbak. Dia akan selalu ada disamping kita dalam suka dan duka

      Hapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel