Penampilan Saat Wawancara Kerja yang Terbukti Bikin HRD Nerima Kamu!

Wawancara kerja merupakan suatu tahapan dari proses seleksi penerimaan karyawan yang membuat banyak orang merasa menyerah, bahkan banyak yang sudah KO duluan menghadapi wawancara kerja.

Tidak hanya masalah membuat contoh surat lamaran kerja di pt yang baik, namun juga mengenai bagaimana Anda tampil memukau ketika wawancara kerja sudah tiba didepan mata.

Banyak jobseeker yang tidak memperhatikan masalah penampilan dan sering mengesampingkan hal ini. Padahal Anda pun ketika menyukai seseorang dan ingin merekrut tim tentunya lihat dari penampilan dulu. Ada istilah dari mata, turun ke hati.

Hal ini memang benar adanya. HRD pun tidak mungkin langsung menilai karakter Anda. Ia akan melihat first impression dari diri Anda. Ketika seleksi awal melihat Anda saja sudah malas karena Anda terlihat kucel, bagaimana mungkin HRD ingin mengulik Anda lebih dalam?

Penampilan Saat Wawancara Kerja yang Terbukti Bikin HRD Nerima Kamu!

Mungkin lamaran Anda pun akan dibuang dan tidak dilirik sama sekali. Oleh karena itu, penampilan saat wawancara kerja pun tidak bisa sembarangan Anda hiraukan begitu saja.

Lantas, bagaimana agar Anda bisa keterima bekerja? Ada beberapa strategi menjawab pertanyaan interview agar keterima bekerja. Namun, pada artikel ratutips ini, saya akan memberikan rincian mengenai penampilan yang harus Anda lakukan agar HRD langsung menerima Anda sebagai karyawan dan bagian dari perusahaanya.

1. Perhatikan Kemeja dan Celana yang Anda Pakai

Penampilan Saat Wawancara Kerja yang Terbukti Bikin HRD Nerima Kamu!

Hal ini merupakan salah satu penampilan yang bisa mengangkat Anda menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Seseorang yang memiliki wajah biasa saja, namun menggunakan kemeja yang bagus bahkan sangat rapi. Akan terlihat lebih profesional ketimbang wajah yang ganteng atau cantik, namun kemeja yang digunakan kucel bahkan terlihat berantakan.

Berantakan disini artinya kemeja Anda terlihat tidak seperti disetrika, bahkan terlihat kotor dan usang. Tentunya segala sesuatu perjuangan untuk mendapatkan pekerjaan membutuhkan proses dan modal yang harus Anda keluarkan.

Bila perlu, tidak ada salahnya Anda membeli kemeja baru yang sesuai dengan kemampuan budget Anda. Apalagi jika HRD meminta Anda menggunakan kemeja putih dan celana hitam.

Biasanya, kemeja putih rentan menguning. Oleh sebab itu, lebih baik Anda membeli baru ketimbang Anda tidak dilirik sama sekali.

Yang perlu Anda ingat adalah, penampilan merupakan salah satu indikator yang dinilai oleh HRD. HRD menyukai karyawan yang terlihat rapi, dan juga profesional.

Sehingga Anda pun harus menonjolkan kelebihan Anda dalam berpakaian sehingga Anda pun menjadi salah satu kandidat yang sangat pantas untuk dipilih oleh HRD.

2. Wajah yang Segar dan Berseri

Tidak hanya masalah kemeja saja yang harus Anda urus, namun wajah juga. Saya beberapa kali mendapati interview karena melamar ke 3 situs lowongan kerja terpercaya yang berhasil banyak mendatangkan panggilan bagi saya.

Namun, lagi dan lagi panggilan tersebut berasal dari Jakarta. Sedangkan domisili saya saat ini berada di Bogor. Sedangkan, untuk menempuh jarak dari Jakarta Bogor, saya harus berkendara setidaknya 55 km dan membutuhkan waktu hingga 75 menit alias 1 jam setengah. Anda bisa lihat mapsnya dibawah ini.

Penampilan Saat Wawancara Kerja yang Terbukti Bikin HRD Nerima Kamu!

Sehingga otak saya pun berputar, bagaimana agar wajah saya berseri-seri sedangkan saya harus menyetir selama hampir 2 jam lamanya dan harus tetap segar?

Apakah saya harus mandi lagi ketika sampai di Jakarta bahkan harus  touch up lagi? Akhirnya saya pun menyetir dari Bogor menuju Jakarta. Eh maaf, saat itu saya masih tinggal di BSD. Dan kira-kira jaraknya pun hampir sama jauhnya.

Sesampainya di Jakarta, wajah sudah makin kusam, make up sudah luntur, bahkan mata pun tidak bisa diboongi. Sangat lelah bahkan hampir mengantuk padahal jadwal interview pukul 1 siang.

Anda bayangkan posisi jam 1 siang waktu Jakarta tentunya panas sekali bahkan baju pun berkeringat banyak. Saya akhirnya memutuskan untuk mengganti baju, wudhu dan solat di mushola kantor. Lalu make up lagi dan menenangkan diri.

Butuh waktu 1 jam untuk memulihkan rasa lelah setelah perjalanan jauh. Nah, jika Anda tidak ingin kecapean sebelum wawancara kerja bahkan menjaga penampilan agar tidak break out ketika akan wawancara.

Ada baiknya Anda gunakan grab car atau gocar yang bisa Anda manfaatkan ketika Anda akan wawancara kerja.

Yah, walaupun harganya pasti mahal, saat ini banyak promo yang bisa Anda gunakan. Anda bisa baca artikel mengenai pengalaman saya menggunakan aplikasi ovo, naik grab bayar hanya 1 rupiah.

Walaupun menggunakan grab atau gojek terbukti cukup menguras keuangan Anda, Anda bisa menikmati perjalanan tanpa takut make up hancur bahkan wajah berminyak karena letih dalam perjalanan.

Anda malah bisa sambil menghapal materi yang mungkin akan dipertanyakan ketika Anda akan wawancara. Anda bisa duduk santai di perjalanan sambil mempersiapkan semuanya.

Dan Anda pun tidak perlu takut baju Anda basah oleh keringat karena perjalanan. Jika memang perlu dan merasa wajah Anda tidak segar, Anda bisa wudu atau cuci muka terlebih dahulu agar terlihat lebih bersih dan juga segar ketika wawancara tiba.

Dan jangan lupa juga beri sentuhan parfum refill paling wangi agar Anda tetap segar dan juga percaya diri dalam menghadapi wawancara kerja.

3. Perhatikan Sepatu dan Tas Anda

Tas dan sepatu menjadi salah satu indikator penting yang harus Anda perhatikan selain wajah, kemeja dan celana yang Anda gunakan. Sepatu harus Anda cuci bersih dan kalau bisa sepatu yang Anda gunakan pun harus senada dengan kemeja yang Anda gunakan.

Misalkan jika Anda menggunakan kemeja warna abu dan celana hitam, setidaknya sepatu Anda pun memiliki warna yang senada. Warna sepatu yang bisa masuk ke semua warna adalah warna hitam atau coklat.

Saya pun selalu memilih warna sepatu hitam agar netral kemana-mana jika menggunakan kemeja. Yang terpenting, jangan terlalu terlihat mencolok karena itu pun merupakan salah satu penilaian yang bisa membuat Anda goal atau tidak di mata HRD yang sedang akan mewawancarai Anda.

Selain itu, perhatikan tas yang Anda punya. Lebih baik, gunakan tas yang simple namun elegant. Bahkan jika perlu, ketika Anda disuruh membawa cv dan surat lamaran, Anda lebih baik membawa map agar lamaran Anda yang besar tidak menjadi kusut.

Karena, membawa lamaran dalam keadaan kusut bahkan terlipat-lipat membuat HRD ilfeel bahkan langsung memblack list Anda dari daftar calon karyawannya.

Hal seperti ini jangan pernah Anda sepelekan, karena satu saja faktor penampilan baik dari penampilan fisik maupun penampilan cv, akan menentukan Anda diterima atau tidak dalam bekerja.

Kesimpulan

Parameter diatas bisa dijadikan acuan bagi Anda untuk memperbaiki penampilan saat wawancara. Karena tulisan ini pun saya mengalami sendiri, bahkan dari sedikit obrolan teman yang juga saat ini berprofesi sebagai admin hrd.

Sehingga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda yang masih bingung, mengapa masih sulit mendapatkan pekerjaan. Bisa jadi, faktor penampilan pun berpengaruh besar pada keterima tidaknya Anda bekerja.

Selain penampilan, faktor utama yang harus tetap Anda fokuskan adalah dari segi cv dan surat lamaran kerja. Anda bisa lihat artikel mengenai contoh surat lamaran kerja yang insya Allah bisa berhasil membuat Anda keterima bekerja.

Walaupun demikian, semuanya kembali lagi pada rezeki dan jodoh. Anda pun bisa berusaha agar keterima bekerja dengan memperdekat diri kepada Allah. Malah, bila perlu seringlah melakukan sholat tahajud agar doa Anda diijabah.

Demikian artikel mengenai penampilan wawancara kerja yang terbukti bisa bikin HRD menerima Anda menjadi karyawannya. Dan yang terpenting adalah, pakailah kemeja dan celana yang paling Anda sukai. Karena dengan itulah, Anda bisa tampil percaya diri dan chemistry dalam diri pun akan semakin terpancar dengan sendirinya.

Anda akan lebih percaya diri saat wawancara, ditambah dengan penampilan yang semakin kece dan juga berseri akan sangat membantu Anda keterima bekerja. Semoga bermanfaat!




Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Penampilan Saat Wawancara Kerja yang Terbukti Bikin HRD Nerima Kamu!"

  1. Emang ya mba, first impression itu penting kalo mau wawancara kerja :D

    BalasHapus
  2. Mami, aku selalu memperhatikan penampilan secara detil kalau mau wawancara, dr ujung kaki sampe ujung rambut aku liatin, sampai warna juga aku perhatikan, jangan sampe aneh, tp tetep aja ya sering gagal ahhahaha, sedih,

    BalasHapus
  3. penampilan jadi poin penting juga ya mbaa..
    memang harus dipersiapkan benar-benar sebelum wawancara kerja.
    jangan lupa untuk dateng lebih awal juga ya mba vik, biar bisa touch up lagi.. hehehe

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel