5 Strategi Menjawab Pertanyaan Interview agar Keterima Bekerja

5 Strategi Menjawab Pertanyaan Interview agar Keterima Bekerja

5 Strategi Menjawab Pertanyaan Interview agar Keterima Bekerja - Tahapan wawancara merupakan satu tahapan yang paling krusial ketika Anda sedang melamar pekerjaan. Bukan soal mengenai cara membuat surat lamaran yang baik saja, namun tentang bagaimana strategi menjawab pertanyaan interview agar Anda dapat keterima bekerja di perusahaan yang Anda inginkan.

Pertanyaan Interview memang macam-macam tergantung dari HRD yang akan mempekerjakan Anda. Namun, jika Anda tahu strategi menjawab pertanyaan interview dengan baik dan tidak asal menjawab, saya yakin Anda akan bisa keterima bekerja, asalkan Anda tahu trik dan strategi dalam menjawab pertanyaan interview yang terkadang menjebak.

Banyak sekali pertanyaan interview yang menjebak dan membuat para jobseeker kebingungan bagaimana cara menjawab pertanyaan interview dengan baik. Apakah jika menjawab "A" akan di cap sebagai orang yang tidak tanggung jawab?

Apakah dengan menjawab "B" akan terlihat seperti orang yang sombong dan sebagainya. Karena ketika Anda menjawab pertanyaan interview, HRD juga akan menilai kepribadian Anda dalam menjawab pertanyaan.

Apakah Anda tukang menyalahkan orang lain dalam setiap tindakan, apakah Anda bermasalah dengan perusahaan sebelumnya, apakah Anda loyal pada perusahaan dan sebagainya akan terlihat dari bagaimana cara Anda menjawab pertanyaan interview.

Lantas, bagaimana strategi menjawab pertanyaan interview agar Anda sukses dan keterima bekerja di perusahaan yang Anda inginkan? Yuk simak strategi menjawab pertanyaan interview agar Anda sukses keterima bekerja beserta contoh pertanyaan yang sering keluar dan solusi menjawab pertanyaan interview dengan benar.

1. Mengapa Anda Melamar ke Perusahaan Ini?

Dari sekian banyak pertanyaan yang sering muncul pada sesi ini adalah HRD atau CEO akan menanyakan pertanyaan "Mengapa Anda melamar di perusahaan ini?"

Jawaban terbaik versi saya adalah "Saya melamar ke perusahaan ini karena saya merasa posisi ini sangat cocok untuk saya. Saya memiliki pengalaman sebagai Front Office selama 3 tahun dan terbiasa menangani nasabah atau customer dengan baik. Saya pun mampu membuat laporan keuangan dengan baik.

Saya dapat menguasai beberapa sistem Akutansi seperti Mayob dan Accurate. Dan saya saat ini melamar di bagian Head Front Office karena saya memiliki pengalaman yang sama dengan pekerjaan yang sebelumnya."

Strategi Menjawab Pertanyaan Interview :

Ketika Anda diberikan pertanyaan interview mengapa Anda melamar ke perusahaan ini, Anda bisa menjawab bahwa posisi yang Anda lamar sangat sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

Selain itu juga, tonjolkan beberapa kemampuan Anda yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Selain itu sebutkan juga tujuan Anda melamar. Contohnya Anda bisa menambahkan "Saya pun tahu bahwa perusahaan ini sangat berkembang, dan saya ingin segera bergabung untuk mengembangkan perusahaann ini bersama-sama" misalkan.

Dan silahkan Anda improvisasi sendiri dengan bahasa yang enak dan mudah dipahami. Dan ingat, ketika menjawab pertanyaan interview, Anda harus menjawab dengan percaya diri tanpa Anda kebohongan sedikitpun. Karena HRD tahu setiap apa yang Anda ucapkan, apakah benar dan tulus dari hati atau tidak.

2. Mengapa Anda Keluar dari Pekerjaan Sebelumnya?

Pertanyaan yang sering membuat Anda terjebak ketika menjawabnya adalah ketika diberikan pertanyaan interview "Mengapa Anda keluar dari pekerjaan sebelumnya?"

Alasan logis yang tidak menyudutkan Anda juga perusahaan sebelumnya merupakan ide terbaik agar Anda tidak terlihat menyalahkan siapa-siapa dalam hal ini.

Walaupun sebenarnya, di kenyataannya Anda bermasalah dengan satu teman lalu akhirnya keluar. Anda sangat tidak dianjurkan untuk berkata jujur ketika menjawab pertanyaan interview semacam ini. Jika Anda menjawab jujur, itu sama artinya dengan Anda tidak berjuang pada sesi wawancara ini.

Anda harus menonjolkan sisi positif dari diri Anda, sehingga jawaban yang cenderung menjelekan diri Anda sebaiknya Anda tahan dan berikan alasan yang logis lain.

Anda bisa menjawab "Saya keluar dari pekerjaan sebelumnya karena mengikuti suami bekerja di Jakarta", misalnya.

Atau Anda bisa jawab "Saya keluar dari pekerjaan sebelumnya karena saya mencoba membantu mengembangkan bisnis orangtua saya yang mulai meredup. Namun nyatanya setelah dipikir kembali, passion saya saat ini adalah bekerja". Itu adalah alasan logis yang tidak menjelekan pihak manapun.

Tips menjawab pertanyaan interview ini adalah, Anda wajib memberikan alasan keluar dengan cara baik-baik. Anda tidak diperkenankan untuk menjawab alasan yang seolah menjelekan perusahaan sebelumnya.

Karena HRD akan berpikir, Anda memiliki masalah di perusahaan sebelumnya, atau mereka akan mengambil kesimpulan bahwa Anda tukang menyalahkan orang lain dan tidak bercermin pada diri sendiri.

HRD akan berpikir, jika Anda saja saat ini bisa menjelekan perusahaan lain. Apalagi nanti ketika sudah bergabung di perusahaan ini. Bisa jadi Anda pun akan melakukan hal yang sama.

HRD sangat pemilih dalam memilih calon karyawannya, karena ia pun tidak mau menghamburkan uang hanya demi mencari jobseeker dengan kualitas standar.

Buatlah Anda semenarik dan seberkualitas mungkin, salah satunya adalah dengan menjawab pertanyaan interview yang benar dan tidak terjebak dalam pertanyaan jebakan betmen.

3. Apa Saja Tujuan Anda Ingin Bergabung Bersama Kami?

HRD ingin sekali mengetahui tujuan Anda ingin bergabung di perusahaannya. Anda bisa menjawab "Perusahaan X yang saya lamar saat ini perusahaan sukses di bidang jasa. Saya sangat ingin sesegera mungkin bergabung agar dapat mengembangkan perusahan ini dan sukses bersama perusahaan ini. Selain itu, saya pun ingin memiliki jenjang karier yang baik."

Begitu kira-kira salah satu jawaban mengenai pertanyaan interview yang diatas. Tips untuk menjawab pertanyaan interview ini adalah, Anda jangan sampai terlalu berlebihan dalam mengungkapkan kepribadian Anda.

Buatlah Anda smart di mata HRD, namun jangan sampai Anda terkesan sombong karena terlalu berlebihan menyampaikan sesuatu. Jangankan HRD, orang biasa pun tidak menyukai orang yang terlalu mengunggulkan dirinya sendiri.

Cukup jawab secukupnya dengan bahasa yang sopan. Jelaskan tujuan Anda ingin berkarier disana. Dengan demikian, pemikiran HRD akan positif pada Anda, bahwa Anda tidak hanya mencari uang semata, namun mencari karier yang baik di perusahaan tersebut.

Karena HRD tidak menyukai orang yang terlalu sering berpindah-pindah pekerjaan.

4. Apa Kekurangan Anda?

Ini adalah pertanyaan tersulit yang pernah saya temui ketika interview. Mungkin pertanyaan seperti "Apa Kelebihan Anda", atau Apa Keunggulan Anda". Anda bisa mengeksplorasinya dengan percaya diri dengan mengunggulkan kemampuan Anda yang satu bidang dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Namun, dengan menjawab kekurangan Anda, Anda mungkin akan terbesit apa jawaban ideal yang bisa Anda jawab tanpa terlalu mengurangi kualitas diri Anda.

Apakah Anda tukang ngorok, atau insomnia, atau pemalas dan sebagainya. Saya rasa ini salah satu jebakan betmen ketika Anda menjawab pertanyaan interview.

Jika Anda salah menjawab sedikit saja, Anda bisa kehilangan pekerjaan ini. Anda bisa menjawab apa kekurangan Anda dengan menonjolkan solusi dari kekurangan Anda.

Contoh jawaban yang baik adalah "Saya tipikal orang yang sulit tidur, sehingga cara yang saya lakukan untuk bisa tidur adalah membereskan seluruh pekerjaan sebelum tidur. Biasanya dengan rutin membereskan pekerjaan sebelum tidur. Saya lebih tenang dan saya pun akan tidur dengan pulas.

Karena saya terlalu memikirkan sesuatu yang ada dalam benak saya. Sehingga ketika pekerjaan tersebut belum selesai, saya akan terus memikirkannya. Sehingga saya pun harus segera mungkin menyelesaikannya. Setelah selesai, saya akan lebih rileks dan mudah untuk tidur".

Jadi strategi menjawab pertanyaan interview adalah tonjolkan kekurangan Anda, namun berikan solusi atas kekurangan Anda tersebut. Sehingga Anda dapat mengatasi kekurangan pada diri Anda.

Dengan demikian, HRD akan sangat suka dengan jawaban dari Anda. Dan mungkin beberapa hari kemudian Anda akan dikontak untuk negosiasi kontrak dan gaji.

5. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Ciri ciri orang sukses dalam menjawab pertanyaan interview adalah dengan terlebih dahulu googling ketika akan melamar pekerjaan dimanapun. Tidak hanya menyiapkan cv dalam bahasa Inggris yang baik saja.

Seseorang yang benar-benar ingin bekerja pastinya akan mencari tahu company profil dari setiap perusahaan yang sedang ia lamar. Apalagi jika sudah pada tahap interview, setidaknya Anda harus menguasai dan mengetahui perusahaan Anda bergerak di bidang apa, berdiri pada tahun berapa, berapa karyawan yang bekerja disana.

Lalu apa saja benefit yang akan didapatkan. Sehingga ketika HRD bertanya "Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan ini", Anda bisa menjawab  panjang lebar hingga membuat HRD menganga dan bilang bahwa Anda smart dan menguasai topik dan memiliki wawasan yang baik.

Sehingga HRD terkesan dengan Anda. Sebutkan saja apa yang Anda ketahui, namun ungkapkan saja hal-hal positif pada perusahaan. Buat HRD bangga akan apa yang Anda ucapkan. Dengan demikian, HRD akan terkesan pada jawaban-jawaban di tahap ini.

Sehingga besar kemungkinan Anda keterima bekerja sesuai dengan posisi yang Anda inginkan saat ini.

Penutup

Sebenarnya, masih banyak lagi pertanyaan interview yang keluar ketika Anda diundang dalam sesi atau tahap interview. Namun pada artikel ini saya hanya membahas strategi menjawab pertanyaan interview yang tersulit dan menjebak, sehingga Anda pun akan sukses dalam tahapan ini dan bisa keterima bekerja.

Memang, jodoh pekerjaan adalah rahasia Allah. Namun tidak ada salahnya jika Anda ikhtiar dan berusaha untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ikhtiar dapat dilakukan dengan mendekatkan diri, sering melakukan sholat duhabernadzar dan sering melakukan sholat tahajud.

Selain itu juga, ikhtiar yang Anda lakukan selain dengan mempedekat diri pada Allah, juga memperbaiki surat lamaran, seperti membiasakan membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, atau mengikuti perkembangan dalam membuat surat lamaran kerja di pabrik.

Semuanya disesuaikan dengan dimana perusahaan yang akan Anda lamar. Anda pun bisa mencari lowongan kerja di situs lowongan kerja terpercaya yang mampu mendatangkan banyak panggilan interview.

Jika Anda mendatangi situs yang tidak terpercaya, pastinya akan banyak panggilan interview yang mengharuskan Anda membayar admin ketika akan bekerja.

Intinya selain Anda usaha dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai, jangan lupa untuk terus berdoa dan ikhtiar. Nanti pun akan terbuka dengan sendirinya jalan rezeki Anda oleh Allah. Semangat selalu untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Dan semoga artikel mengenai 5 strategi menjawab pertanyaan interview ini dapat membantu Anda yang kesulitan mencari ide menjawab sesi interview ini. Semoga bermanfaat yaa jobseeker! 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "5 Strategi Menjawab Pertanyaan Interview agar Keterima Bekerja"

  1. sangat membantu bu secara banyak yang jatuh karena gagal di interview

    BalasHapus
  2. Kalau soal ditanya kekurangan, pastinya saya tidak akan menjawab. Karena soal kekurangan pribadi yang menilai ya orang lain.
    Kalau saya biasanya gagal saat nego gaji :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget gan, paling sulit memang jawab dan menjelaskan kekurangan pribadi dan kelebihan pribadi, jadi serba salah getu ya :D
      kalau soal gaji memang sudah umum sih, nego nya gimana :D

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat untuk semua orang yang saat ini sedang dalam tahap mencari kerja. Semoga banyak yang terbantuk dengan tips dari Ratu Tips ini ya.

    BalasHapus
  4. wah pertanyaan nya sulit sulit banget ya kak pada saat tes interview, harus dicoba nih tips nya agar bisa meyakinkan HRD yang nguji kita ya kak :)

    BalasHapus
  5. Kalau pengalaman saya, gagal karena masalah salary sis, semoga artikel ini dapat membantu bagi mereka yang mau melamar kerja.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel