3 Situs Lowongan Kerja Terpercaya dan Sering Mendapat Panggilan Interview

3 Situs Lowongan Kerja Terpercaya dan Sering Mendapat Panggilan Interview

Situs lowongan kerja saat ini pastinya sangat banyak sekali digandrungi oleh kaum remaja maupun jobseeker yang sedang mencari pekerjaan. Namun, Anda pun harus mengetahui situs mana saja yang memberikan informasi mengenai lowongan kerja terpercaya dan sering mendapat panggilan interview.

Dengan mengetahui situs lowongan kerja yang sudah terpercaya, Anda tak perlu takut untuk mendapati penipuan lowongan kerja yang sering meminta sejumlah uang untuk dapat bekerja.

Oleh karena itu, ratutips akan merangkum 3 situs lowongan kerja terpercaya dan sering mendapatkan panggilan interview versi saya.

Sebenarnya, banyak sekali situs lowongan kerja yang ada, bahkan puluhan situs lowongan kerja di Indonesia. Namun, tidak semua situs lowongan kerja membuat Anda dapat dipanggil wawancara. Selain itu, banyak situs lowongan kerja lain yang rentan dimasuki lowongan kerja yang tidak masuk akal bahkan mendekati ke arah penipuan.

Lowongan Kerja

1. JobStreet

JobStreet merupakan salah satu situs lowongan kerja yang paling terpercaya saat ini. Saking terpercayanya, banyak informasi lowongan pekerjaan yang sudah ia filter sehingga jarang sekali ditemukan iklan lowongan pekerjaan yang aneh-aneh.

Kebanyakan iklan lowongan pekerjaan di jobstreet lebih terpercaya karena banyak perusahaan besar yang mengiklankan lowongan kerja disana.

Saya pun beberapa kali mendapati panggilan interview dari JobStreet. Dan yang paling banyak yang mendatangkan panggilan interview ya JobStreet. Untuk mendapatkan panggilan interview, pemilihan penyedia lowongan saja tidak cukup.

Anda pun harus mengupload surat lamaran kerja terbaik, dan juga contoh cv terbaik agar menunjang Anda untuk dapat keterima bekerja.

Saya sendiri biasanya menggunakan cv dalam bahasa Inggris, sehingga si pemberi kerja akan lebih tertarik karena kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris yang baik.

Untuk Anda, saya sediakan contoh cv bahasa Inggris agar Anda mempunyai gambaran untuk membuat cv bahasa inggris yang baik dan menarik perhatian si pemberi pekerjaan.

Apalagi jika Anda membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, tentunya si pemberi kerja akan memberikan nilai plus plus bagi Anda. Dan menjadikan Anda kandidat terbaik bagi perusahaanya.

Enaknya lowongan kerja di Jobstreet, selain mudah pengoperasiannya, juga sangat detail masalah gaji. Anda bisa login terlebih dahulu untuk mengetahui detail gaji dan apa saja yang akan Anda dapatkan ketika bekerja di suatu perusahaan.

Anda juga bisa mencantumkan berapa gaji yang Anda inginkan. Dengan demikian, si pemberi kerja akan mengetahui berapa gaji yang Anda inginkan.

Dengan begitu, Anda pun tidak akan wasting time, karena pemberi kerja yang memberikan kesempatan interview, telah mengetahui gaji Anda dan menyanggupi gaji yang Anda inginkan.

Jika Anda terpilih untuk menjadi kandidat pekerja, biasanya si pemberi kerja akan memberikan dua opsi notifikasi yang berbeda.

Pertama, si pemberi kerja akan memberikan informasi bahwa Anda akan melakukan sesi interview via JobStreet. Jadi Anda akan menerima email pemberitahuan atau email notifikasi dari Jobstreet untuk sesi wawancaranya.

Sehingga Anda tinggal pilih saja, apakah Anda akan hadir atau tidak. Anda pun bisa mengajukan reschedule jika dirasa perlu. Anda tinggal klik perubahan jadwal.

Jika si pemberi kerja mengerti akan kondisi Anda yang tidak dapat hadir di sesi interview yang ditentukan, akan ada pemberitahuan sesi interview di jadwal berikutnya.

Namun, jika si pemberi kerja tidak ada kabar berita setelah Anda reschedule sesi interview, itu artinya Anda bukan calon pekerja bagi si pemberi kerja.

Yang berarti Anda tidak lolos, dan silahkan cari kembali lowongan kerja yang ada di Jobstreet dengan memainkan filter yang ada di dashboard Jobstreet untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Karir.com

Karir.com adalah salah satu situs lowongan kerja terbaik kedua setelah lowongan kerja di Jobstreet. Mengapa demikian? Karena saya beberapa kali mendapatkan pengalaman panggilan interview yang banyak lewat situs ini.

Tidak berbeda jauh dengan JobStreet, Karir.com pun jika Anda terpilih untuk tahap wawancara, biasanya yang menghubungi Anda adalah pihak karir.com itu sendiri.

Pihak karir.com sendiri biasanya akan menghubungi Anda via telepon dari Jakarta, sehingga Anda pun harus selalu ON ketika ada telepon kantor dari Jakarta.

Sehingga menurut saya, karir.com selain penyedia lowongan kerja, juga menjadi pihak ketiga alias perantara dan penghubung antara Anda si pencari kerja dengan si pemberi kerja.

Dengan begitu Anda pun ketika mendapatkan panggilan interview, bisa menjadwalkan sesi interview di waktu dan tanggal yang Anda bisa. Sehingga besar kemungkinan Anda bisa diterima bekerja.

Semuanya kembali lagi pada jodoh pekerjaan dan usaha Anda. Karena ciri ciri orang sukses adalah tidak pantang menyerah dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda.

Memang, kekurangan dari Karir.com adalah lowongan kerja yang disediakan tidak terlalu banyak sehingga Anda pun agak kesulitan untuk mencari posisi pekerjaan yang Anda inginkan.

Berbeda dengan lowongan kerja di Jobstreet yang bejibun, Anda satu haripun bisa menemukan lebih dari lima lowongan dengan posisi yang Anda inginkan, contohnya saja menjadi Front Office di sebuah perusahaan.

Lewat Karir.com pun, jarang sekali saya temui perusahaan-perusahaan penipuan. Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut penipuan atau tidak, Anda bisa ketik saja nama perusahaanya di google.

Jika di google sudah tertera, Anda tidak perlu takut. Anda bisa langsung membuat surat lamaran kerja di pt yang Anda tuju. Sehingga besar kemungkinan Anda keterima bekerja disana.

Untuk cek perusahaan tersebut penipuan atau tidak, Anda bisa baca dan ketik di google dengan keyword "Review Perusahaan XXX Kaskus". Biasanya akan banyak keluar mengenai perusahaan tersebut.

Jika kredibilitasnya kurang baik, bahkan ada yang dimintai admin ketika akan bekerja, itu sudah jelas merupakan penipuan yang berkedok lowongan kerja. Anda harus smart dan hati-hati dalam membaca lowongan kerja yang realistis.

3. JobsID

Ini merupakan salah satu situs lowongan kerja yang sangat ringan dan mobile friendly. Anda tak perlu susah payah membuka lowongan kerja di JobsID menggunakan pc. Anda bisa melamar pekerjaan pun langsung via handphone dengan mudah.

JobsId selain memiliki tampilan design web yang sederhana dan fast loading, juga sangat banyak sekali lowongan kerja yang ada disana.

Namun jika saya lihat secara mendalam, lowongan kerja di JobsId sangat jarang yang memberikan gaji besar. Kebanyakan dibawah 2 digit untuk gajinya.

Sedangkan di situs JobStreet, sangat banyak saya dapati gaji yang diatas 20 juta bahkan 30 juta. Itu artinya situs lowongan kerja yang Anda pilih harus disesuaikan dengan minat gaji Anda.

Jika gaji yang Anda inginkan cukup besar, contohnya diatas 5 juta. Saya sarankan untuk Anda melamar via Jobstreet. Sedangkan jika minat gaji yang Anda inginkan dibawah 5 juta, mungkin sebaiknya Anda melamar via JobID.

Mengapa saya rekomendasikan JobsID sebagai lowongan kerja untuk pemula? Karena kebanyakan si pemberi kerja yang mengiklankan lowongan disana masih hanya membutuhkan posisi pekerjaan yang masih general atau umum. Dan tidak memerlukan keahlian spesifik seperti posisi IT, teknik mesin dan lain sebagainya.

Sehingga gajinya pun tidak terlalu besar. Namun, enaknya jika Anda mencari pekerjaan di JobsId tanpa pengalaman yang banyak dan menerima gaji yang diberikan si pemberi kerja, biasanya proses rekrutmennya pun tidak sesulit yang dibayangkan.

Jika Anda sudah pada tahap interview, 50% kemungkinan Anda bisa keterima. Tinggal kembali lagi pada seberapa besar jawaban dari interview yang Anda lalui.

Penutup

Setelah mengetahui 3 situs lowongan kerja terpercaya dan sering mendapat panggilan interview, semoga bisa memberikan referensi bagi Anda yang sedang mencari lowongan kerja.

Sebenarnya, banyak sekali situs lowongan kerja yang baik. Namun, saya pilih hanya 3 karena ketiga lowongan kerja ini sudah sangat terbukti terpercaya dan mendatangkan banyak panggilan interview bagi si pencari lowongan kerja.

Dengan memilih situs lowongan kerja terpercaya, besar kemungkinan usaha Anda dalam mencari lowongan kerja akan terbayarkan ketika Anda keterima bekerja di perusahaan yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda akan terhindar dari panggilan interview abal-abal yang mengatasnamakan perusahaan besar, kemudian Anda akan disuruh mendatangi tempat interview yang jauh, kemudian Anda akan dimintai sejumlah uang untuk pembayaran travelnya.

Jadi, hati-hati memilih situs lowongan kerja. Pastikan untuk menggunakan lowongan kerja yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Selamat mencari lowongan kerja jobseeker!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "3 Situs Lowongan Kerja Terpercaya dan Sering Mendapat Panggilan Interview"

  1. Pernah langganan karir.com sama jobsid. Bagus juga pada waktu itu perusahaannya, tapi sekarang krg tau perkembangannya

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah nyoba semua
    Sekarang ngelamar kerja susah biasanya membutuhkan s1 sederajat
    Tapi ulasan diatas sepertinya saya tertarik dengan jobs id
    Mau dicoba siapa tau ada rezekinya

    BalasHapus
  3. yuk, bagi yang butuh loker, silakan baca di website diatas, :)

    dan jangan lupa ucapkan tengkyu dengan admin blog ini, sebab sudah membantu kita memberikan informasi tentang website penyedia loker. :)

    bagi yang mau kirim kue ke admin ini juga boleh.....hehehhe.#bercanda

    BalasHapus
  4. Saya baru familier yg nomer 1 mb vika, sampe2 setiap hari ada newsfeed darinya hihi

    BalasHapus
  5. betul kak, situs tersebut memang sangat membantu sekali bagi para job seeker agar bisa cepat dapat pekerjaan sesuai impian :)

    BalasHapus
  6. sangat recomended buat yang lagi nganggur siapa tahu lowongan yang cocok

    BalasHapus
  7. Aku dulu sering ke jobstreet & jobsid mom, tapi baru tau nih ada karir.com, aku coba ah, sapa tau ada kerjaan dkt rumah hehehe

    BalasHapus
  8. Semoga banyak yang terbantu dengan artikel ini. Lowongan kerja di Indonesia nampaknya masih terbuka banyak, namun mungkin informasi yang kurang diketahui oleh teman-teman lain, serta mungkin fokus yang hanya pada ASN.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel