Tips dan Cara Membuat Pizza Rumahan Anti Gagal ! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 22 Agustus 2017

Tips dan Cara Membuat Pizza Rumahan Anti Gagal !



Hallo good people, siapa sih pembaca disini yang tidak suka dengan pizza? Setahu saya, pizza adalah salah satu makanan kegemaran orang Indonesia yang sering dibeli di beberapa restoran dan tempat makan di Indonesia yang sudah terkenal, seperti Dominos Pizza, Pizza Hut, dan masih banyak lagi perusahaan yang membuat restoran dengan menu pizza.

Untuk harga pizza yang kecil, harganya di kisaran 40 ribu rupiah, dan untuk pizza yang medium hingga large, harganya bisa mencapai 100 ribu rupiah. Banyak teman-teman saya yang akhirnya searching di google dan mencari resep terbaik untuk membuat pizza rumahan sederhana, namun tetap enak untuk dimakan.

Dan akhirnya setelah beberapa kali eksperimen membuat roti untuk pizza, akhirnya saya dapat membuat pizza rumahan yang tidak gagal, alias hampir menyerupai. Dan kita cukup mengeluarkan 70 ribu rupiah saja sudah bisa mendapatkan 3 pan loyang pizza jika dibuat dengan cara yang benar.

Penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Mudah kok dan bahannya pun tidak sulit ditemukan di supermarket dan minimarket terdekat di rumah Anda. Dan inilah komposisinya..

Bahan untuk Roti

  • Tepung terigu kunci biru atau segitiga biru atau tepung terigu kualitas terbaik 400 gram
  • Air es sebanyak 250 ml
  • Gula pasir sebanyak 50 gram (jika kebanyakan roti akan terasa manis)
  • Garam secukupnya, 1/4 hingga 1/2 sendok
  • Ragi sebanyak 1 sendok makan
  • Minyak goreng atau minyak olive oil sebanyak 30 ml atau setara dengan 2 sendok makan

Bahan untuk Isian

  • 2 buah sosis sapi
  • 1 kaleng cornet sapi
  • bawang bombay secukupnya
  • bawang merah 2 siung
  • secukupnya merica, garam
  • Keju, Saos tomat dan olive oil secukupnya

Langkah-Langkah membuat Pizza Rumahan

1. Siapkan wadah yang cukup besar, masukan terigu yang sudah dicampur dengan ragi, gula pasir, dan garam. Setelah tercampur rata masukan air es dan uleni hingga kalis dengan menggunakan minyak goreng.

2.  Setelah adonan kalis biarkan 10-15 menit hingga bahan mengembang, setelah mengembang bagi adonan menjadi tiga atau dua bagian, tergantung tebal tipisnya roti yang akan Anda buat. Saran saya buat menjadi 3 pan pizza atau dibagi menjadi 3 adonan sama rata.

3. Adonan kemudian diuleni kembali dan diratakan menggunakan gelas (jika tidak mempunyai rolling pin), kemudian setelah rata, ambil salah satu piring atau mangkok besar untuk mencetak roti agar benar-benar bulat bentuknya.

4. Setelah itu, tusuk-tusuk bagian roti tersebut menggunakan garpu kemudian lapisi menggunakan olive oil. Tunggu olive oil meresap. Jika sudah meresap maka Anda langsung dapat aplikasikan saos tomat, bawang bombay, dan tumisan kornet sapi dan sosis. Kemudian finishing taburi keju yang sudah diparut.

5. Cara membuat tumisan isian pizza adalah siapkan bawang merah yang sudah dicincang halus kemudian masukan sosis yang sudah dipotong-potong beserta cornetnya. Dan setelah itu, baru masukan merica dan garam. Merica dapat diganti menggunakan lada hitam.

6. Panggang pizza di microwave dengan suhu 180-190 derajat tergantung microwave masing-masing selama 15-25 menit lamanya. Dan pizza sudah siap dihidangkan.



Penasaran ingin mencobanya? Silahkan mencoba di rumah ya.. Resep ini bisa menghasilkan 3 pan pizza. Jika ingin membuat sedikit dulu, tinggal dibagi 2 saja di tiap bagian resepnya. Semoga berhasil !


Artikel Terkait :

5 komentar:

  1. Asik kalau bisa bikin sendiri. Jadi gak sering jajan pizza :)

    BalasHapus
  2. boleh juga nih cara bikin pizza nya kebetulan sangat doyan anak-anakku dengan pizza, daripada beli mendingan tak suruh bikin lewat tutorial ini ajah ah....ngirit

    BalasHapus
  3. Topingnya full, yummyy,
    Tengkiu uh sharing resepnya ya mak, :)

    BalasHapus
  4. Kalau 70 ribu sudah bisa bikin 3 loyang piza, berati 1 pizza itu sekitar 25 ribu. Kalau gitu setiap hari bisa puas makan pizza. Pizza Bikinan sendiri lebih enak lagi bisa suka-suka isi bagian atasnya.

    BalasHapus
  5. Wah saya belum coba, murmer ya shay jadi lewat aja kalo liat promo pizza secara modal nya udah ketahuan wkwkw

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..