Manakah Pilihan Terbaik untuk Merawat Bayi Anda? Day Care atau Baby Sitter? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Senin, 12 November 2018

Manakah Pilihan Terbaik untuk Merawat Bayi Anda? Day Care atau Baby Sitter?

Manakah Pilihan Terbaik untuk Merawat Bayi Anda? Day Care atau Baby Sitter?

Sebagai ibu bekerja, tentunya pemilihan terbaik untuk merawat bayi Anda merupakan hal tersulit dalam hidup Anda. Tak heran banyak sekali ibu muda yang akhirnya menitipkan anaknya pada orangtuanya, karena hal tersebut dirasa yang terbaik ketimbang menitipkan anak pada daycare maupun baby sitter.

Lantas, bagaimana jadinya jika Anda mempunyai tempat tinggal yang jauh dari orangtua? Sehingga menitipkan anak kepada orangtua ataupun saudara merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, dan Anda pun mau tidak mau harus memilih antara daycare atau baby sitter. Dan diantara keduanya, mana yang terbaik untuk bayi Anda?

1. Day Care

Day Care atau biasa dibilang tempat penitipan anak, bahkan biasanya disebut dengan pree school merupakan tempat penitipan anak yang berbasis pendidikan. Biasanya, daycare mempunyai lisensi dan ijin, sehingga pengasuh dan semua staff pun mengasuh anak dengan standarnya tersendiri.

Biasanya, setiap daycare mempunyai jadwal tersendiri kapan bayi atau anak bermain, kapan jadwal makan anak, jadwal anak tidur, minum susu dan sebagainya, sehingga anak terlatih lebih mandiri saat akan memasuki PAUD atau TK.

Biasanya, pengasuhnya pun kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi, sehingga Anda pun bisa lebih tenang menitipkan si kecil pada pengasuh di daycare. Selain itu juga, di daycare sendiri, selain staffnya yang sangat berkualitas, biasanya di setiap tempat selalu ada cctv, sehingga pengasuh tidak baik akan jarang ditemui, karena ada pengawas yang mengawasi setiap pengasuh yang ada di daycare.

Dari segi harga pun, kita cukup hanya menyiapkan pembayaran per bulannya. Tidak seperti baby sitter yang kita pun harus mengurusi makannya dan tempat tidurnya dan banyak hal lain yang harus dipertimbangkan.

Biasanya jika daycare kita harus menyiapkan uang pangkal pada saat bayi pertama dititipkan di daycare. Berbeda dengan baby sitter yang mana selain kita harus menyiapkan tempat tinggalnya, kita pun harus menyiapkan cctv agar kita dapat mengawasi anak via handphone yang terhubung dengan cctv di rumah. Bahkan, Anda pun harus menyiapkan thr untuk baby sitter ketika lebaran akan tiba.

Setiap daycare biasanya memiliki peraturan tersendiri, ada yang bisa menitipkan bayinya dari usia 3 bulan, ada pula yang bisa menitipkan bayi dari usia 1 tahun keatas, semuanya tergantung dari kebutuhan Anda. Dan jelilah memilih daycare terbaik dan pilih pengasuh yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

2. Baby Sitter

Menggunakan jasa baby sitter berarti Anda mempunyai anggota baru di rumah Anda. Baik baby sitter tersebut hanya pulang dan pergi saja, atau baby sitter tersebut menginap di rumah Anda. Selain Anda harus menyiapkan pembayaran bulanan untuk baby sitter, Anda pun harus menyiapkan untuk makannya, minumnya, bahkan tempat tidurnya jika Anda mempunyai baby sitter yang menginap di rumah.

Namun kelebihannya menggunakan baby sitter, ketika Anda kelelahan di malam hari, Anda bisa minta bantuan untuk mengurus bayi Anda di malam ataupun di tengah hari.

Akan tetapi, kekurangannya Anda tidak tahu didikan baby sitter seperti apa pada anak Anda, apakah sesuai dengan apa yang Anda inginkan, apakah baby sitter selalu bersih saat merawat bayi Anda, apakah memperlakukan dengan baik bayi Anda.

Terkadang, menggunakan cctv di rumah belum tentu Anda bisa mengawasi selama 12 jam lamanya ketika bayi ditinggal sendirian hanya dengan baby sitter. Terkecuali, masih ada saudara atau orangtua di rumah yang mengawasi baby sitter ketika mengurus bayi Anda.

Ada segi positif yang Anda dapatkan ketika mempunyai baby sitter. Yakni ketika malam hari bayi menangis, ada baby sitter yang bisa membantu Anda. Dan enaknya Anda tidak perlu mengantarkan bayi ke daycare. Anda bisa langsung pergi bekerja tanpa harus mengurusi pakaian bayi, makanannya dsb sehingga pekerjaan orangtua lebih ringan.

Bahkan, ada juga baby sitter yang merangkap menjadi ART yang bisa membantu pekerjaan rumah Anda juga. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan budget pembantu untuk mengurus rumah Anda.

Berbeda dengan daycare yang mana sebelum Anda pergi bekerja, Anda harus mengantarkan anak Anda ke daycare. Jika memang hal tersebut dirasa berat, Anda bisa menggunakan jasa jemput anak atau bayi dari daycare, namun Anda akan dikenakan biaya antar jemput anak lagi yang pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Kesimpulannya adalah semua pilihan untuk merawat bayi pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kembali lagi pada tujuan Anda untuk menitipkan bayi Anda, dan apa yang Anda butuhkan dan sesuai dengan budget Anda.

Jika dengan bekerja, penghasilan Anda masih ada setelah dipotong adanya baby sitter dan daycare. Mungkin bekerja akan sangat membantu finansial Anda. Namun, jika bekerja penghasilan Anda sebanding dengan pengeluaran Anda, lebih baik kembali lagi pikirkan ulang mana yang terbaik untuk Anda dan juga anak Anda. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Terkait :

10 komentar:

  1. Kalau perkerjaan sibuk menurut saya sich harus ada baby sister, biar bisa tetap kerja.

    # WARNING Baby Sisternya jangan Cantik2, ntr Ada Yang betah dirumah, heheheh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahahhaa jgn2 kang Nata suka nglirik baby sitter cantik nih hahaha

      Hapus
  2. Ada plus minusnya ya mba Vika dan bener banget yang penting jangan sampe gaji kita malah habis, harus dipikir masak2 ya dan so far aku tetap pilih urus sendiri dan belum ada pikiran kerja lagi di luar rumah karena beberapa alasan🙃

    BalasHapus
  3. Saudara ku prefer pake baby sitter yang nenek-nenek
    Jadi lebih kayak Nanny gitu kesannya wkwkwkw

    Telaten bangeeet, lembut, penyayang, rajin, ulet, dan udah pasti ngedidik dan memelihara bayi nya kayak anak sendiri (karena naluri nenek-nenek emang gitu semua kayaknya ya)

    BalasHapus
  4. Day care dah kayaknya nanti kalo sudah punya baby, punya bini saja belum 🤣😂

    BalasHapus
  5. Waaa aku masih ngasuh anak sendirian. Mungkin lbh prefer daycare. Karena kalo babysitter akan lumayan ngusik privasi di rumah dan aq & paksu ga nyaman aza klo ada orng asing stay d rumah hehe.

    BalasHapus
  6. Smua pasti ada plus minusnya ya mami, aku juga kepikiran loh bsk punya anak mau pake baby sitter, day care atau dirawat sendiri yaa

    BalasHapus
  7. Anak saya si kembar udh gede jadi nggak perlu lagi hehehe,.. tapi informasi ini penting. Siapa tau buat cucu dimasa depan yg masih sangat lama..

    BalasHapus
  8. enaknya sih jaga anak sendiri…. bisa ikut bermain dengan anak...asiik...hehehe
    bermanfaat…. thank you for sharing

    BalasHapus
  9. Kalau untuk kedekatan emosional lebih perawatan daycare, tapi kalau sibuk rutinitas kerja apa boleh buat untuk memakai jasa babysitter.

    Kalau kak Vika pilih yang mana ?

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..