Contoh Surat Lamaran Pekerjaan, Panduan Lengkap 100% Berhasil

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan - Beberapa perusahaan atau instansi mensyaratkan kepada para calon pelamar untuk menyertakan surat lamaran pekerjaan. Apalagi jika mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion Anda. Sebenarnya, untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang satu ini bukanlah menjadi sebuah hal yang sulit. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan secara detail.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan, Panduan Lengkap 100% Berhasil

Akan tetapi, bagi Anda yang baru pertama kali membuat surat lamaran pekerjaan, sebenarnya ada banyak sekali contoh yang bisa Anda temukan. Beberapa contoh surat lamaran pekerjaan tersebut bisa Anda jadikan acuan untuk bisa membuat sebuah surat lamaran yang baik.

Namun, tetap saja Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yang akan dijelaskan berikut ini. Apa sajakah itu? Dibawah ini ratutips akan memberikan penjelasannya secara detail untuk Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

1. Menulis Sendiri Surat Lamaran Pekerjaan 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Anda harus menulis sendiri surat lamaran tersebut. Mengapa demikian? Karena surat lamaran yang dibuat oleh Anda sendiri akan memberikan gambaran karakter dari si pembuatnya.

Jika Anda menulis sebuah surat pekerjaan yang ditulis oleh orang lain, maka kemungkinan Anda dipanggil untuk melakukan interview sangatlah kecil.

Agar sukses dan mendapatkan kesempatan interview, Anda harus melakukan 5 strategi menjawab pertanyaan interview agar dapat keterima bekerja.

Dengan menulis sendiri surat yang akan Anda ajukan tersebut, Anda bisa menuliskan beberapa bagian penting dan menandainya agar bisa dibaca secara jelas oleh HRD. Tak hanya itu, bahkan dengan menulis surat lamaran pekerjaan sendiri akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

2. Jujur dalam Menulis Surat Lamaran Pekerjaan 

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan dengan baik dan seksama adalah dengan bersikap jujur pada saat menulis surat lamaran pekerjaan.

Nah, sikap yang satu ini bisa Anda tuliskan pada bagian kelebihan serta kekurangan yang Anda miliki. Jangan sampai Anda menuliskan kelebihan yang terlalu berlebihan dan terkesan mengarang bebas. Namun, Anda juga tidak boleh menutupi kekurangan yang Anda miliki.

Jika Anda ingin melamar pekerjaan pada salah satu PT, Anda bisa membaca artikel mengenai contoh surat lamaran kerja di PT agar Anda keterima bekerja secepatnya. Atau Anda juga bisa membaca artikel mengenai panduan lengkap membuat contoh surat lamaran kerja di pabrik jika Anda memang sedang mencari lowongan kerja di pabrik besar.

Selain dalam hal kelebihan dan kekurangan, Anda juga harus jujur dengan skill atau kemampuan yang dimiliki. Hal ini karena akan sangat berkaitan dengan pekerjaan Anda nantinya.

3. Cantumkanlah Posisi Pekerjaan yang Akan Dilamar

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah dengan mencantumkan posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar. Akan tetapi hal ini sering dilupakan oleh sebagian orang saat melamar pekerjaan.

Padahal, jika Anda tidak mencantumkan posisi pekerjaan yang ingin Anda masuki, hal tersebut bisa membuat surat lamaran yang dikirim tersebut tidak akan dibaca oleh HRD atau bahkan Anda ditempatkan di posisi yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, membuat surat lamaran atau cv pun lebih bagus menggunakan bahasa Inggris. Semua conditional tergantung dari perusahaan yang akan Anda lamar. Anda pun bisa membaca 3 situs lowongan kerja terpercaya versi saya yang mampu mendatangan banyak panggilan interview. Dengan demikian, kesempatan untuk bekerja semakin besar.

Hal tersebut karena pihak perusahaan akan bingung tentang tujuan sebenarnya dari surat lamaran yang Anda kirim. Jadi, jangan lupa untuk mencantumkan jenis pekerjaan apa yang ingin Anda lamar ya!

4. Gunakan Bahasa Formal yang Ditulis dengan Baik dan Benar

Dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan, pastikan pula bahwa Anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta formal. Hal ini wajib dilakukan karena surat lamaran tersebut ditujukan untuk kepala pimpinan perusahaan. Tak hanya itu saja, bahkan Anda juga harus menuliskannya dengan baik dan benar. Jadi, tulislah surat lamaran secara detail dan jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan atau typo.

5. Menulis Berbagai Informasi yang Dibutuhkan 

Di dalam menulis sebuah surat lamaran pekerjaan, penting juga bagi Anda untuk menulis berbagai informasi yang dibutuhkan. Pastikan pula bahwa beberapa informasi tersebut merupakan informasi yang dibutuhkan dalam pekerjaan yang sedang Anda lamar. Hal ini bertujuan agar HRD bisa langsung mengetahui informasi apa saja yang Anda miliki.

Nah, kelima hal yang telah disebutkan diatas tentu saja harus Anda perhatikan dengan baik dan benar. Dengan demikian, surat lamaran pekerjaan yang dibuat bisa menjadi pertimbangan bagi HRD untuk memanggil Anda dalam interview atau wawancara.

Namun, jika Anda masih bingung dalam membuat surat lamaran pekerjaan, berikut ada beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda jadikan referensi, yakni sebagai berikut.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 1 (Posisi sebagai Tim Accounting) 

Jakarta, 17 Juli 2016 

Hal : Lamaran Pekerjaan 
Kepada Yth, 
Manajer HRD 
PT. Mujur Perkasa 
Jl. M. Husni. Thamrin No. 18 
Jakarta Selatan 

Dengan hormat, 
Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT. Mujur Perkasa, Pada harian Republika tanggal 14 Juli 2016. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Accounting di PT. Sejahtera Perkasa. Adapun data diri saya sebagai berikut: 

Nama                                     : Aisyah Muthiah, SE 

Tempat, Tanggal Lahir       : Kendari, 25 Desember 1986 

Umur                                     : 22 tahun 

Pendidikan Terakhir           : Universitas Brawijaya (S1) 

Alamat                                   : Jl. RA. Kartini, No. 13 Jakarta Timur 

Telepon                                 : 082344819912 

E-mail                                    : aisyahmuthi76@gmail.com 

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancar berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Predikat lulusan di disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan serta memiliki kemampuan akuntansi yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris. 

Saat ini saya bekerja sebagai staff accounting di PT. Multi Finance. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai

3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan

4. Pas foto terbaru. 

Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki. 
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. 

Hormat saya, 


Aisyah Muthiah, SE 

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 2 (Posisi untuk Mengisi Kekosongan atau Formasi) 

Karawang, 22 September 2016 
Kepada Yth: 
Direktur PT. Tiara Jaya, 
Jl. H. Agus Salim No. 12 Karawang 

Perihal      : Lamaran Kerja 
Lampiran : Enam (6) berkas 

Dengan hormat, 

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama                                 : MUH. GIBRAN AL GHIFARY, SE 

Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta, 22 Desember 1989 

Alamat                               : Jl. R. Suprapto No. 13 Karawang 

No. Telp/HP                     : 081212345276 

Pendidikan Terakhir       : S1 Akuntansi 

Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi kekosongan formasi di perusahaan Bapak/Ibu. 

Saya memiliki kemampuan desain web dan grafis serta kemampuan office seperti Excel. Ms. Word, Powerpoint, Outlock, Acces, dan kemampuan komputer di bidang pemrograman. Selain itu saya juga memiliki kemampuan bahasa inggris baik lisan maupun tertulis. Saya memiliki integritas dan loyalitas serta semangat kerja yang tinggi. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula beberapa berkas berikut ini: 

1. Pas Photo Berwarna 3 x 4 sebanyak 1 lembar 

2. Foto Copy Ijazah Terakhir sebanyak 1 lembar 

3. Foto Copy KTP 

4. Daftar Riwayat Hidup 

5. Foto Copy Sertifikat Kursus Komputer 

6. Foto Copy Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL.

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya bapak/ibu pimpinan dapat mempertimbangkan permohonan saya untuk diterima di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Atas perhatiannya saya haturkan terima kasih. 

Hormat Saya, 


MUH. GIBRAN AL GHIFARY, SE

Nah, itulah kedua contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda tiru atau jadikan sebagai referensi. Dengan adanya referensi surat, pastinya akan sangat membantu untuk membuat sebuah surat lamaran yang baik dan benar.

Anda pun bisa membaca artikel mengenai contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Biasanya, dengan menggunakan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, Anda akan terlihat profesional dan berkelas.

Namun, semuanya tergantung kondisi dan perusahaan yang akan Anda lamar. Jadi Anda pun harus dapat menyesuaikan dengan perusahaan yang akan Anda lamar.

Jika Anda sudah dapat membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, ada baiknya Anda pun membuat cv dalam bahasa Inggris agar semuanya seragam. Anda bisa melihat contoh cv bahasa Inggris saya secara lengkap.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan gambaran dalam membuat surat lamaran pekerjaan dan cv yang baik. Dengan demikian, Anda pun bisa sukses sedini mungkin dengan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Dalam setiap melamar pekerjaan pun, Anda harus berhati-hati melamar pekerjaan jika dimintai admin atau uang ketika akan bekerja. Saat ini, sangat banyak sekali iklan lowongan kerja yang menipu. Jadi Anda pun harus hati-hati dan pastikan membuka situs lowongan kerja terpercaya yang mampu mendatangkan panggilan interview bagi Anda.

Jadi, Anda pun tidak akan banyak membuang waktu dalam melamar pekerjaan, karena Anda sudah tahu mana situs yang terpercaya dan yang tidak. Jangan lupa untuk menerapkan hal-hal diatas, agar surat lamaran pekerjaan Anda berbuah manis dan bisa keterima kerja secepatnya dan 100% berhasil. Selamat melamar pekerjaan dan semoga berhasil!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Pekerjaan, Panduan Lengkap 100% Berhasil"

  1. Penting sekali menulis surat lamaran pekerjaan dan CV yg baik agar bisa mendapat panggilan interview, namun juga harus hati2 terhadap penipuan ya Teh, jangan mau kalau dimintai uang

    BalasHapus
  2. Wah informasi yang sangat bermanfaat kak :D

    BalasHapus
  3. Mantap vs nya teh,..saya coba nih nanti, lumayan untuk melamar jodoh,..loh kok melamar jodoh,..jodoh kerja malsudnya 😀😀

    BalasHapus
  4. Cucok nih buat fresh graduate beb heheh

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel