Tips dan Resep Membuat Perkedel Kentang yang Enak dan Sederhana - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 22 November 2018

Tips dan Resep Membuat Perkedel Kentang yang Enak dan Sederhana

Tips dan Resep Membuat Perkedel Kentang Sederhana yang Enak

Membuat salah satu makanan khas Indonesia, yakni perkedel kentang merupakan salah satu tantangan sendiri bagi saya. Karena, sebelumnya saya sering mendapati perkedel kentang saya selalu rusak tak berbentuk dan warnanya tidak bagus.

Dan ternyata kesalahan saya selama ini adalah, kurangnya menambahkan telor pada resep tersebut dan minyak yang digunakan bukan minyak baru, sehingga warnanya pun gelap dan tidak berwarna emas atau gold.

Terkadang, takaran garam, penyedap, merica, dan bumbu lain pun sangat berpengaruh sekali pada cita rasa perkedel itu sendiri. Oleh karena itu, saya akan memberikan resep sederhana membuat perkedel kentang dengan budget yang minim, Anda bisa mendapatkan hingga 10 potong perkedel kentang tersebut dengan rasa yang enak dan gurih. Ingin tahu resepnya? Silahkan baca artikel ini sampai selesai ya!

Bahan-Bahan

1/2 kg kentang
2 butir telur
irisan bawang daun secukupnya
merica secukupnya
1 siung bawang putih
garam dan penyedap rasa

Cara Membuat

1. Cuci kentang hingga bersih, lalu potong kentang menjadi dua bagian. Siapkan panci yang sudah diberi air sampai kentang terendam. Kemudian didihkan hingga kentang empuk. Cara test kentang sudah empuk atau tidak dengan menancapkan pisau atau garpu, jika sudah empuk matikan api, kemudian panci tersebut ditambahkan air dingin agar kentang tidak panas, lalu kupas kulit kentang.

2. Siapkan bumbu-bumbu pendukung diatas, lalu siapkan cobek dan tambahkan garam, merica, dan bawang putih dalam cobek, lalu gerus hingga halus. Masukan satu per satu kentang yang sudah dikupas kulitnya satu persatu hingga semuanya menjadi lembut teksturnya.

3. Pindahkan ke wadah lain, lalu masukan adonan beserta irisan bawang daun dan juga 2 butir telur beserta penyedap rasa. Aduk hingga rata, kemudian test rasa, jika dirasa sudah cukup pas rasanya, Anda bisa langsung panaskan minyak baru kedalam wajan bersih.

4. Panaskan wajan bersih yang sudah diberi minyak baru. Mengapa minyak baru? Karena jika Anda menggunakan minyak bekas, maka warna perkedel kentang akan gelap dan tidak berwarna keemasan. Setelah minyak panas, lalu masukan 1 sendok besar perkedel satu persatu hingga habis.

5. Catatan saja, untuk komposisi telornya, jangan pernah mengurangi atau dilebihkan, karena akan berpengaruh pada tekstur perkedel. Jika telornya hanya 1, biasanya perkedelnya akan hancur ketika digoreng. Dan jika kebanyakan telor, maka teksturnya akan terlalu encer dan sulit untuk dimasak.

6. Balikan perkedel jika sudah cukup matang. Membalikan perkedel dalam posisi belum terlalu matang tentunya akan membuat perkedel menjadi hancur. Tunggu sampai salah satu bagian cukup matang sempurna, lalu baru bisa Anda balikkan ke sisi perkedel yang masih mentah.

Bagaimana setelah melihat resep diatas, cukup mudah bukan? Jadi rahasia membuat perkedel yang warnanya indah dan juga tidak hancur adalah dari komposisi telor dan juga minyak yang digunakan.

Untuk mendapatkan cita rasa yang enak, pastinya Anda pun harus bisa menyesuaikan komposisi antara bahan dan bumbu pelengkap sehingga menghasilkan cita rasa yang sempurna. Selamat mencoba!

Artikel Terkait :


5 komentar:

  1. Aku suka tambahin wortel, tahu, brokoli juga beb heheh

    BalasHapus
  2. wih...lapeeer...hehehe
    thank you for sharing

    BalasHapus
  3. Wah kalo perkedel kentang aku nggak pernah bosan Teh, apalagi buat nemani makan soto,..mmm nikmatnya

    BalasHapus
  4. Perkedel kentang ibu dirumah selalu bikin kangen, nanti coba bikin ah pake resep ini

    BalasHapus
  5. Duh janten kabita perkedel bondon St. Hall theaaa uyyy

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..