Ini Dia Beberapa Alasan dan Sebab Jodoh Terhalang dan Tak Kunjung Datang - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 08 Februari 2018

Ini Dia Beberapa Alasan dan Sebab Jodoh Terhalang dan Tak Kunjung Datang

Ini Dia Beberapa Alasan dan Sebab Jodoh Terhalang dan Tak Kunjung Datang

Dalam setiap hubungan antar manusia yang saling mencintai satu sama lain, pastinya akan menemukan dua keputusan yang ada di hadapannya, yakni hubungan itu dihalalkan dengan adanya pernikahan, atau hubungan tersebut berakhir dan menjadi kesedihan untuk orang yang ditinggalkan.

Ada beberapa wanita maupun pria yang bingung memilih pasangan hidup yang memiliki sifat yang baik dan juga setia. Namun, tak jarang dari sebagian orang yang merasa kesulitan menemukan pasangan hidup.

Terkadang, ketika Anda mencintai satu pria, ternyata pria tersebut sudah mempunyai pasangan atau bahkan, ada yang mencintai Anda, namun pria tersebut tidak sesuai dengan kriteria Anda dan hal lain sebagainya yang menyebabkan Anda akhirnya memilih untuk sendiri.

Menikah dapat dikatakan wajib apabila seseorang tersebut telah mampu untuk menikah, baik dari segi materi maupun kesiapan lahir batin. Namun, banyak juga orang orang yang sudah mapan, namun masih belum menemukan jodohnya.

Ada beberapa alasan dan sebab mengapa jodoh dapat terhalang dan tak kunjung datang. Mungkin karena orang tersebut belum siap, atau masih ingin mengejar cita-cita, atau bahkan memiliki kriteria pasangan yang terlalu sempurna. Padahal, manusia tidak ada yang sempurna, bukan?

Berikut ini ratutips.com akan memaparkan beberapa alasan dan hal-hal yang membuat jodoh terhalang secara tidak langsung dan tak kunjung datang. Mungkin Anda pernah melakukan hal ini, namun secara tidak sadar yang Anda lakukan adalah salah satu dosa besar yang menyebabkan terhalangnya jodoh Anda, yakni sebagai berikut :


1. Kurangnya Kesiapan Hati untuk Menikah

Saya mempunyai teman-teman yang bisa dibilang cukup mapan, seperti mempunyai pekerjaan yang tetap, karier yang bagus, gaji yang besar, sudah memiliki rumah bahkan sudah melaksanakan ibadah haji.

Namun yang belum ia dapatkan hanya 1, yakni jodoh. Ada sebagian orang yang berpikir bahwa, apa yang sudah ia capai saat ini masih kurang dan ia merasa belum siap untuk menikah. Padahal, banyak sekali wanita yang siap menunggunya.

Meski demikian, biasanya walaupun mereka akhirnya berpacaran setelah sekian tahun lamanya (misalkan 10 tahun pacaran) namun tidak ada kesiapan hati sama sekali dan tidak ada niat untuk menikah, maka sampai kapanpun tidak akan terjadi pernikahan hingga ia merasa sudah siap untuk menikah.

2. Harapan yang Terlalu Tinggi

Memiliki pasangan yang sempurna seperti pangeran William atau bahkan ingin memiliki istri seperti cinderella merupakan dambaan setiap manusia. Namun, Anda juga harus tahu bahwa, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Karena kesempurnaan hanya milik Allah.

Pilihlah pasangan yang tidak harus ganteng atau cakep atau cantik, yang penting memiliki karakter yang baik. Walaupun ada beberapa kekurangan yang ada pada diri pasangan, terimalah dengan ikhlas, asal kekurangan tersebut dapat Anda terima dan bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu.

Yuk Baca Juga : Keutamaan Sholat Tahajud Agar Doa Anda Cepat Terkabul

Contohnya saja kekurangannya adalah pasangan Anda jarang mandi, atau sering jemput telat. Hal tersebut dapat Anda ubah sedikit demi sedikit dengan bahasa yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Namun, jika kekurangan pasangan Anda adalah tukang selingkuh, apakah Anda berani untuk menikahinya?

Kembali lagi pada harapan Anda, berharap boleh, tapi sesuai dengan apa yang bisa Anda capai. Dan jangan pernah memasang harapan terlalu tinggi, dan semuanya disesuaikan dengan kemampuan Anda dan jangan lupa juga untuk intropeksi diri.

3. Secara Tidak Sadar Melakukan Dosa yang Menghalangi Jodoh Anda

Sesuai dengan hakikatnya, setiap manusia tidak pernah luput dari dosa, termasuk penulis artikel ini. Banyak sekali hal-hal yang diluar batas yang secara tidak langsung telah menghalangi jodoh Anda sendiri.

Ternyata, sesuai dengan ceramah yang hari ini penulis dengarkan bahwa, ada beberapa dosa yang secara tidak sadar Anda lakukan bahkan perilaku yang menghalangi jodoh dan akhirnya jodoh pun tak kunjung datang, dengan usia yang sudah tidak lagi muda.

Dan langsung saja, ini dia dosa dan perilaku yang dapat menghalangi jodoh Anda, yakni sebagai berikut :


a. Pernah Melakukan Dosa Syirik atau Menyekutukan Allah SWT

Syirik adalah salah satu perbuatan yang secara tidak langsung menyekutukan Allah, dan syirik merupakan salah satu dosa yang sangat besar yang tidak dapat diampuni oleh Allah kecuali dengan tobat nasuha.

Contohnya saja, ketika Anda merasa jodoh tak kunjung datang, atau Anda tidak mempunyai pekerjaan yang seharusnya Anda mendekatkan diri kepada Allah dengan solat dan berdoa, namun Anda malah ingin mencoba jalan pintas dan ikut-ikutan teman dengan mendatangi orang yang bisa (atau guru spiritual) untuk diberikan jalan mendapatkan pekerjaan atau jodoh yang rupawan.

Tentu hal ini dapat tergolong menyekutukan Allah secara tidak langsung. Mungkin Anda merasa bahwa hal tersebut sah-sah saja, melihat banyak juga teman-teman yang melakukan hal tersebut.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa, memiliki suatu keyakinan pada benda dengan meyakini bahwa benda tersebut mendatangkan keajaiban atau keberuntungan saja sudah termasuk dosa syirik, lho!

Dengan demikian, sebisa mungkin hindari yang berbau mistis dan tetaplah percaya kepada Allah satu satunya pelindung dan yang mengabulkan segala keinginan Anda.

b. Secara tidak Langsung Pernah Melakukan Dosa Mulut dan Dosa Kemaluan (Berzina)

Banyak sekali kaum muda mudi yang mungkin tidak memiliki banyak ilmu mengenai agama, yang berakhir dengan kehidupan yang serba bebas, tanpa aturan, bahkan melakukan dosa mulut dan kemaluan dengan pasangan yang bukan muhrimnya.

Melihat lingkungan yang sama kerasnya, dan sama bebasnya, ditambah lagi tidak adanya pengawasan orangtua, akhirnya banyak yang berpikir bahwa berzina merupakan hal yang wajar-wajar saja.

Pindah ke pasangan A, kemudian satu bulan kemudian pindah ke pasangan B, dan seterusnya tanpa henti-henti dan tanpa merasa puas menyakiti dan mengotori tubuh dengan melakukan dosa besar tanpa ada rasa takut sama sekali.

Padahal, jika Anda mengetahuinya, banyak sekali penyakit yang akan timbul jika Anda sering berganti-ganti pasangan, contohnya Anda bisa mengidap penyakit HIV/Aids, bahkan ada penyakit baru yang lebih parah dan dahsyat dibandingkan kedua penyakit diatas, yakni penyakit Sarkoma Kaposi yang biasanya diidap oleh kaum maaf LGBT.

Dan penyakit tersebut dapat menular dari satu orang ke yang lainnya dan dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatur Gaji Agar Cukup untuk Satu Bulan Kedepan?

Oleh karena itu, sebisa mungkin perdekatlah diri kepada Allah dan hindari perbuatan zina, karena selain menghalangi datangnya jodoh, berzina merupakan dosa besar dan juga mendatangkan penyakit yang dapat merusak Anda.

Yang harus Anda ingat adalah Surat An Nur ayat 26 yang berbunyi : 

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).

Yang bermakna, laki laki yang baik untuk wanita yang baik, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, sebaiknya, tetaplah menjadi orang baik, agar mendapatkan pasangan yang baik juga.

c. Dosa Kepada Orang Tua

Sudah sepantasnya seorang anak yang dibesarkan oleh kasih sayang kedua orang tua untuk membalas kebaikan orangtuanya dengan berperilaku baik dan membahagiakan orangtua ketika masih ada.

Namun, ada beberapa anak yang menyakiti orangtua bahkan durhaka kepada orangtua, menyakiti hatinya, padahal anak tersebut bisa sukses dikarenakan doa dan usaha orangtua membiayainya. 

Perlu Anda tahu juga bahwa kewajiban orangtua terhadap anak ialah sampai menikahkan anaknya. Bagaimana jika Anda melakukan dosa bahkan durhaka pada orangtua? Pastinya akan menyulitkan bagi diri Anda sendiri untuk mendapatkan jodoh yang baik.

Sebenarnya, masih banyak alasan dan beberapa dosa yang tidak pernah Anda sadari bahwa hal tersebut sejatinya sudah menghalangi datangnya jodoh Anda. Oleh sebab itu, berubahlah dari sekarang, dan jauhilah perilaku-perilaku yang menyebabkan sulitnya mendapatkan jodoh.

Jagalah selalu perilaku dan ucapan, baik terhadap orangtua maupun terhadap sesama, dan alangkah lebih baik, perbanyaklah sedekah agar menjadi penggugur dosa yang sudah pernah Anda lakukan.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan Anda pribadi yang lebih baik lagi dan mengingatkan dalam kebaikan.

Artikel Terkait :


16 komentar:

  1. Saya kan jutek sempet mikir nikah gak ya, Alhamdulillah nikah muda hehe semoga yang belum berjodoh dapat dipertemukan pasangan terbaik aamiin

    BalasHapus
  2. saya nomer 1. Kurangnya Kesiapan Hati untuk Menikah.
    g tau kenapa padahal dari segi umur saya sudah siap untuk nikah.. tapi saya masih pengen maen kesana kemari sama sahabat2.. :(
    gara2 dulu pernah jatuh sakit dan bertahun2 g keluar rumah. jadi waktu sembuh pengenx melampiaskanx dg main2 keluar kesana kemari..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Vika, saya izin komentar di sini ya?

      Ternyata oh ternyata...
      Serius kah itu Hujan Bulan Juni?
      Sakit apa? Bukan patah hati kan?

      Hapus
    2. hehe.. saya sakit hati juga :(
      gara2 jatuh sakit aq ditinggalin.. :(
      di tinggalin nikah, pas lagi sayang2x lg

      #ngenes g tuh :D

      Hapus
  3. Inspiratif banget mbaku satu ini

    BalasHapus
  4. Nauzubillah min zalik. . Moga2 dijauhkan dari perbuatan2 begitu :(. Jg aku slalu berdoa moga2 anak2ku bisa dapat jodoh yg baik dan seiman nantinya.. .

    BalasHapus
  5. Ya ampun kok aku jd inget dosa2ku byk bgt yaa :(

    BalasHapus
  6. Jadi merenung abis baca artikel ini hehehhe,
    makasih ya mbak buat sharingnya,
    mudah2an tahun ini aku bisa menikah amin

    BalasHapus
  7. Kalo saya apa ya :) hehe

    BalasHapus
  8. Jodoh oh jodoh, dimana engkau berada.. Semoga dapat bertemu dengan cepat sama jodoh.

    BalasHapus
  9. Serem.. Hiks
    Makasih mba vika sudah mengingatkan ;)
    Semoga kita menjadi manusia yg selalu memperbaiki diri. Aamiin

    BalasHapus
  10. Semoga dijauhkan dengan alasan2 yang bisa menyebabkan tertundanya menikah. Memang baiknya gitu, selain kesiapa dana, kita juga harus persiapin kesiapan juga. Dan ibaratnya koreksi diri dulu, kira-kira masih ada yang kurang nggak ya. Kurang disini seperti, belum nemuin ortu atau saudara kita. Tujuanya selain memberi tahu ya sekalian minta maaf jg bisa, karena kita juga nggak tahu kalau kita pernah berbuat salah yang mana itu nggak sengaja. Ya siapa tahu kan. Baiknya minta maaf dan meminta doanya juga teman atau saudara terdekat kita. Bukan begitu, Teh Vika? :)

    BalasHapus
  11. Mahhhh..... curhat....donggggg !!

    klu jodohnya terhalang krn ngejar S2 , bagaimana..... ?

    BalasHapus
  12. Mungkin Pola pikir karena tidak siap menerima kekurangan yang ada, mencintai karena kelebihannya saja

    BalasHapus
  13. wah ternyata ini sebabnya kebanyak dari orang sulit mendapatkan dan bertemu dengan jodohnya

    BalasHapus
  14. Bisa juga karena memang Allah belum memberikan jodoh mbak. Bisa juga karena sebagai manusia kurang berusaha untuk mencari pasangan. Bisa juga karena tidak tahu apa yang dia mau. Bisa juga karena dia takut untuk menikah..

    Yah banyak bisa juga yang lain..

    Menikah adalah bisa jadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang. Banyak hal yang tidak kita ketahui di masa depan, dan kerap hal itu menakutkan bagi sebagian orang. Mereka takut kalau-kalau gagal dalam pernikahan. Ketakutan seperti ini kerap menjadi penghalang bagi mereka untuk berani melangkan ke jenjang pernikahan.

    Bagaimanapun menikah sendiri butuh keberanian.

    Itu kata saya lo mbak... hehehehe

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..